35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

oleh | Jul 14, 2021 | Blog | 0 Komentar

Istilah Dunia Perkuliahan – Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan saat kamu masih berstatus siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada banyak hal yang berubah mulai dari materi yang dipelajari sampai lingkungan sekitar.

Bagi mahasiswa baru, saat memasuki dunia perkuliahan mungkin akan sering menemukan istilah yang asing. Terdapat berbagai kata atau frasa yang sebelumnya tidak pernah didengar ketika masih menjadi siswa SMA.

Yuk, cari tahu berbagai istilah dunia perkuliahan supaya kamu tidak bingung saat nanti sudah menjadi mahasiswa!

Istilah di Dunia Perkuliahan

1.Universitas

Universitas merupakan institusi tempat kamu kuliah. Tidak semua perguruan tinggi memiliki nama universitas, ada yang disebut Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Akademi.

2. Fakultas

Fakultas adalah bagian dari perguruan tinggi yang fokus pada rumpun ilmu tertentu misalnya Fakultas Ekonomi, Fakultas Bahasa, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, dan lain-lain.

3. Jurusan

Jurusan adalah fokus ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa. Jurusan berada dalam naungan sebuah fakultas.

4. Program Studi

Program studi merupakan bagian dari jurusan. Program studi lebih fokus lagi dibandingkan jurusan. Misalnya Jurusan Sejarah, memiliki dua program studi (prodi) yaitu Ilmu Sejarah dan Pendidikan Sejarah.

5. UKT

UKT adalah singkatan dari Uang Kuliah Tunggal. UKT merupakan biaya kuliah yang harus dibayar oleh mahasiswa setiap semesternya dan jumlahnya tetap. Pembiayaan jenis ini berlaku untuk mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

6. KTM

KTM merupakan kependekan dari Kartu Tanda Mahasiswa. KTM berguna sebagai identitas yang dimiliki oleh setiap mahasiswa. Ada beberapa informasi yang terdapat dalam KTM seperti nama, fakultas, jurusan, dan lain-lain.

7. NIM

NIM merupakan singkatan dari Nomor Induk Mahasiswa. Nomor ini juga merupakan identitas yang unik untuk setiap mahasiswa. Nomor ini akan digunakan untuk segala keperluan terkait perkuliahan.

8. KRS

KRS atau Kartu Rencana Studi merupakan perencanaan mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa dalam satu semester. Pengisian KRS dilakukan pada masa registrasi ulang atau sebelum mulai semester baru.

9. SKS

SKS atau Satuan Kredit Semester adalah beban studi yang harus ditempuh mahasiswa. Mata kuliah wajib biasanya memiliki beban yang lebih banyak antara 3 sampai 4 SKS. Sedangkan beban terbanyak yaitu pada skripsi sebesar 6 SKS.

10. Dosen PA

Dosen PA adalah dosen pembimbing akademik. Kamu bisa berkonsultasi terkait perkuliahan kepada dosen PA. Selain itu, saat mengisi KRS, kamu juga harus meminta tanda tangan dosen ini.

11. Mata Kuliah

Mata kuliah bisa disamakan dengan mata pelajaran yang didapat saat masih sekolah. Setiap program studi memiliki mata kuliah berbeda, misalnya, mahasiswa Ilmu Komunikasi akan mendapat mata kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi.

12. Rektorat

Rektorat merupakan bagian administratif di sebuah perguruan tinggi. Rektorat dipimpin oleh seorang Rektor yang merupakan jabatan tertinggi di sebuah universitas. Rektor akan dibantu oleh Wakil Rektor (Warek/WR) dan Kepala Bagian lainnya.

13. Dekanat

Dekanat merupakan bagian administratif untuk tingkat fakultas. Pelaksanaannya dipimpin oleh seorang Dekan yang dibantu Wakil Dekan (WD) dan bagian lain.

14. Kajur dan Kaprodi

Kajur merupakan singkatan untuk Kepala Jurusan. Sedangkan Kaprodi adalah singkatan dari Kepala Program Studi. Keduanya merupakan pimpinan dari sebuah jurusan atau prodi.

15. Dosen

Dosen merupakan pengajar di sebuah perguruan tinggi. Setiap dosen akan mengampu mata kuliah yang berbeda-beda, seperti ketika sekolah ada guru khusus untuk mata pelajaran tertentu.

Baca juga Mahasiswa Baru Harus Tahu! Beda KRS dan SKS.

16. Asisten Dosen (Asdos)

Asdos atau asisten dosen merupakan seseorang yang ditunjuk untuk membantu pekerjaan dosen. Asisten ini memiliki tugas yang bermacam seperti membantu mengajar, memeriksa tugas, dan lain-lain.

17. SIAKAD

SIAKAD adalah singkatan dari Sistem Informasi Akademik. Setiap kampus mungkin memiliki istilah berbeda seperti SIA. Di dalamnya, mahasiswa bisa mengakses informasi akademik seperti nilai.

18. IP

IP atau Indeks Prestasi adalah nilai yang diperoleh oleh mahasiswa pada setiap semester. Misalnya, pada semester 3, kamu mendapat IP 3,4. Lalu, di semester berikutnya mendapat IP sebesar 3,6.

19. IPK

IPK adalah Indeks Prestasi Kumulatif. IPK merupakan rerata nilai yang diperoleh dari semua mata kuliah pada tiap semester. Misalnya, pada semester 5, IP yang didapat yaitu 3,7, namun IPK-nya hanya 3,5, karena di semester sebelumnya IP lebih rendah.

20. KHS

KHS adalah singkatan dari Kartu Hasil Studi. Setiap mahasiswa bisa mencetak KHS melalui SIAKAD. Biasanya, KHS berisi nilai untuk mata kuliah di satu semester, IP, dan IPK.

21. DHS

DHS merupakan singkatan Data Hasil Studi. DHS adalah data nilai, mata kuliah, IP, dan IPK milik mahasiswa. Data ini bisa diakses melalui SIAKAD masing-masing mahasiswa.

22. Cum Laude

Cum laude bisa diartikan sebagai ‘dengan pujian’. Istilah ini diberikan kepada mahasiswa yang IPK-nya tinggi yaitu sekitar 3,51 sampai 4,00.

23. Cuti Akademik

Cuti akademik adalah masa yang bisa diambil oleh mahasiswa karena keperluan tertentu. Cuti diambil dalam hitungan semester atau 6 bulan.

24. Semester Pendek (SP)

Semester Pendek merupakan waktu perkuliahan yang dilangsungkan pada masa liburan (2-3 bulan). Pada masa ini, mahasiswa bisa mengulang mata kuliah atau mengambil mata kuliah lain supaya bisa lulus lebih cepat.

25. HIMA/HMJ

HIMA merupakan singkatan dari Himpunan Mahasiswa, sedangkan HMJ adalah kependekan dari Himpunan Mahasiswa Jurusan. Himpunan ini merupakan organisasi mahasiswa milik masing-masing jurusan.

26. BEM

BEM adalah singkatan dari Badan Eksekutif Mahasiswa. BEM juga merupakan sebuah organisasi mahasiswa hanya saja tingkatannya berada pada fakultas atau universitas, tidak terbatas satu jurusan saja.

27. KKN

KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan pengabdian yang dilakukan mahasiswa kepada masyarakat. Tidak semua kampus mengadakan KKN. Selain itu, waktunya juga berbeda-beda ada yang 2 bulan, 3 bulan, bahkan lebih tergantung kebijakan kampus.

28. PKL

PKL merupakan kependekan dari Praktik Kerja Lapangan. PKL bisa juga disebut magang. Masa ini digunakan oleh mahasiswa untuk mendapat pengalaman kerja sebelum lulus. Bagi mahasiswa pendidikan, PKL dilakukan dengan mengajar di sekolah sedangkan mahasiswa umum yaitu bekerja di sebuah perusahaan.

29. Skripsi

Skripsi adalah tugas final yang dibuat oleh mahasiswa sebagai persyaratan kelulusan. Skripsi berisi penelitian yang telah dilakukan oleh mahasiswa Sarjana.

30. Tesis

Tesis juga tugas final yang dibuat untuk syarat lulus. Hanya saja, tesis dibuat oleh mahasiswa jenjang S2 atau Magister.

31. Disertasi

Disertasi adalah penelitian akhir yang juga menjadi syarat kelulusan. Disertasi dibuat oleh mahasiswa S3 atau Doktor.

32. Dosen Pembimbing

Dosen pembimbing adalah dosen yang memiliki tanggung jawab untuk membimbing mahasiswa menyelesaikan tugas akhir seperti skripsi.

33. Sempro

Sempro bisa juga disebut sebagai semprop merupakan singkatan dari seminar proposal. Sempro dilakukan saat seorang mahasiswa menyusun skripsi. Sempro dilakukan sebelum mahasiswa memulai penelitian.

34. Sidang

Sidang adalah ujian akhir dari penelitian yang telah dilakukan. Saat sidang, mahasiswa akan memaparkan hasil penelitiannya sekaligus mempertahankannya di hadapan penguji.

35. Wisuda

Wisuda adalah seremonial kelulusan untuk mahasiswa yang telah selesai menempuh pendidikan. Biasanya, wisuda dilakukan beberapa kali dalam setahun.

Itu tadi 35 istilah dalam dunia perkuliahan yang harus kamu tahu! Istilah-istilah tersebut akan banyak digunakan saat berkuliah.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Jurusan PGSD!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Jurusan PGSD!

Jurusan PGSD – Ada banyak jurusan kuliah yang tersedia di Indonesia dengan fokus pendidikan yang berbeda-beda. Fokus yang bermacam-macam ini disesuaikan dengan kebutuhan lulusannya sebagai tenaga ahli. Salah satu fokus ilmu yang ada di dunia perkuliahan yaitu...

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...