5 Tips Sukses Mengerjakan Tes Potensi Akademik (TPA)

oleh | Jul 22, 2021 | Blog | 0 Komentar

Tips Tes Potensi Akademik – Tes Potensi Akademik atau TPA merupakan salah satu ujian yang banyak digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang. Tes ini tidak hanya dipakai untuk seleksi calon peserta didik baru namun juga seleksi masuk kerja baik swasta maupun pemerintah.

Mengutip laman resmi Psikologi Unair, Tes Potensi Akademik merupakan tes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan berpikir yang meliputi kemampuan pemahaman dan penalarannya. Sedangkan Psikologi UGM mengartikan TPA sebagai tes untuk mengetahui tingkat kemampuan mentarl dasar seseorang.

Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan atau ingin mendaftar kuliah, tentu sudah tidak asing lagi dengan tes ini. Supaya pengerjaan tes semakin lancar, yuk, cari tahu tips-tips pengerjaannya di bawah ini!

Mengenali Jenis Tes yang Diujikan

Di dalam TPA, kemampuan seseorang diukur melalui beberapa hal. Secara umum, ada tiga aspek yang digunakan yaitu tes verbal, tes numerik, dan tes figural atau gambar. Selain itu, ada juga tes yang menambahkan tes logika dalam seleksinya.

Mengetahui jenis soal yang akan diujikan akan membantumu untuk bisa mempersiapkan tes dengan lebih baik. Kamu akan lebih fokus untuk berlatih soal-soal terkait sehingga persiapan menghadapi TPA akan lebih matang.

Update Contoh Soal Terbaru

Tips Tes Potensi Akademik

Saat ini, kamu sudah bisa menemukan contoh soal TPA dengan mudah di internet. Tentunya, kamu bisa menggunakan soal-soal tersebut untuk latihan. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa soal tersebut bisa berubah-ubah setiap waktu.

Bagi kamu yang sedang mempersiapkan Tes Potensi Akademik, tips yang bisa dilakukan yaitu mencari contoh soal terbaru. Setiap lembaga kemungkinan akan selalu memperbaharui alat tes yang digunakan. Supaya pengerjaanmu esok lebih lancar, mengetahui update soal tersebut akan memudahkan saat menghadapi ujian.

Baca juga Apa Itu Tes SKD dan SKB dalam Seleksi CPNS?

Rajin Melakukan Simulasi Pengerjaan

Tips mengerjakan Tes Potensi Akademik berikutnya yaitu rajin berlatih. Kamu akan lebih terbiasa dengan soal-soal TPA karena sudah sering berlatih. Pada saat waktu tes datang, kamu akan lebih cepat mengerjakan ujian karena sudah terbiasa dengan jenis-jenis soal.

Selain itu, saat mengerjakan simulasi, kamu juga akan tahu kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Misalnya, melihat tes yang telah dikerjakan, ternyata kamu lemah di bagian verbal. Kamu pun memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan di bagian tersebut sebelum menghadapi tes yang sesungguhnya.

Sering Membaca untuk Menambah Kosakata

Tips Tes Potensi Akademik

Salah satu kemampuan yang akan diukur dalam TPA yaitu kemampuan verbal. Biasanya, soal akan berkaitan dengan peribahasa, antonim, sinonim, kelompok kata, dan lain-lain. Supaya bisa mengerjakan soal tersebut dengan lebih mudah, tentunya seseorang harus memiliki kosakata yang luas.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbanyak kosakata adalah dengan banyak membaca. Kamu akan menemukan banyak kata baru yang mungkin tidak diketahui sebelumnya. Melalui cara ini, kamu akan mendapat banyak kosakata baru serta mengetahui arti dari kata-kata tersebut.

Istirahat yang Cukup

Tips terakhir supaya lancar mengerjakan Tes Potensi Akademik atau TPA adalah untuk istirahat dengan cukup. Kamu akan lebih segar dan bisa mengerjakan soal dengan baik apabila sudah beristirahat dengan cukup di hari sebelumnya.

Pengerjaan soal akan lebih mudah apabila kamu datang dengan kondisi yang prima. Selain istirahat dengan cukup, kamu juga perlu untuk sarapan dahulu sebelum mengerjakan TPA. Kedua cara ini dilakukan supaya kamu tidak terganggu karena kelelahan atau kelaparan. Apabila hal tersebut terjadi, kamu tidak bisa fokus dan akhirnya tidak bisa mengerjakan soal dengan maksimal.

Tes Potensi Akademika atau TPA adalah salah satu tes yang akan sering ditemui ketika mendaftar kuliah atau kerja. Kamu bisa menggunakan 5 tips sukses mengerjakan Tes Potensi Akademik (TPA) di atas supaya lebih lancar ketika menghadapi ujian ini.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS – Saat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan ini sangat penting karena akan berpengaruh tidak hanya saat menjalankan kuliah, namun juga prospek kehidupan ke...

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

CPNS BPIP – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP ikut berpartisipasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021. Badan ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai untuk berbagai jabatan. Berikut ini informasi...

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

CPNS Kejaksaan Agung SMA – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan perguruan tinggi. Beberapa lembaga pemerintah juga membuka pendaftaran untuk beberapa jabatan dengan syarat pendidikan minimal SMA/sederajat. Salah satu...

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Formasi CPNS – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan segera dilaksanakan. Berdasarkan siaran pers yang telah dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar bisa melakukan pendaftaran mulai dari tanggal 30 Juni 2021. Pelaksanaan seleksi CASN...

Kemenkumham Buka Pendaftaran CPNS untuk Lulusan SMA

Kemenkumham Buka Pendaftaran CPNS untuk Lulusan SMA

CPNS Kemenkumham SMA – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau Kemenkumham memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai negara. Salah satu formasi yang dibuka yaitu untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenkumham bagi lulusan...