Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Astronomi merupakan salah satu ilmu tertua. Astronomi adalah cabang ilmu yang mempelajari semua benda dan fenomena luar bumi. Kamu penasaran dan ingin tahu lebih lanjut terkait jurusan Astronomi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

7 Prospek Kerja untuk Lulusan Peternakan

oleh | Feb 4, 2022 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Peternakan – Indonesia merupakan negara yang melimpah akan keanekaragaman ternak. Namun, potensi yang ada belum dimanfaatkan secara maksimal. Oleh karena itu, jika kamu lulusan Peternakan kamu bisa mengaplikasikan ilmu kamu selama kuliah dan bisa bermanfaat untuk orang banyak.

Sebagai mahasiswa Peternakan, apa yang kamu pikirkan setelah lulus akan kerja jadi apa? Peluang dan prospek kerjanya luas tidak, ya? Kamu tidak perlu bingung, setelah lulus akan kerja di mana. Ada berbagai peluang pekerjaan yang beragam untuk lulusan Peternakan.

Mari, simak penjelasan prospek kerja Peternakan berikut ini.

Mengenal Jurusan Peternakan

Jurusan Peternakan merupakan cabang dari ilmu pertanian. Mahasiswa Peternakan akan mempelajari seluk beluk peternakan dan fokus terhadap hewan ternak dan pemanfaatannya. Di jurusan ini kamu tidak melulu belajar seputar hewan ternak saja, tetapi juga mempelajari tata cara pengolahan, teknologi, perkembangbiakan hewan-hewan ternak, serta cara memasarkan hasil ternak.

Selama kuliah, kamu juga akan mempelajari berbagai bidang ilmu lain, seperti matematika, biologi, kimia, fisika, ekonomi, gizi, sosiologi, dan kesehatan hewan ternak. Sebagai mahasiswa Peternakan, kamu diharapkan memiliki kemampuan pemasaran, negosiasi, teknik pengembangbiakan hewan, pengetahuan akan nutrisi dan pakan ternak, perawatan hewan, bahkan komunikasi yang baik. Hal ini tentu akan menjadi bermanfaat untuk lulusan Peternakan di dunia kerja.

Baca juga 7 Prospek Kerja yang Menjanjikan untuk Lulusan Biologi

Prospek Kerja Peternakan

Setelah lulus dari kuliah Peternakan, kamu bisa mengaplikasikan ilmu yang selama ini diajarkan di perkuliahan. Prospek kerja untuk lulusan ini ternyata cukup luas dan menjanjikan. Berikut beberapa pilihan profesi untuk lulusan Peternakan.

Bekerja di Kementerian Pertanian

Di Kementerian Pertanian baik di daerah Provinsi maupun Kota/Kabupaten terbuka banyak peluang untuk lulusan Peternakan. Kamu masih bingung dengan formasi jabatannya apa saja? Berikut beberapa formasi jabatan untuk lulusan Peternakan yang bekerja di Kementerian antara lain.

  • Analisis Penjamin Mutu
  • Analisis Riset Kemasan
  • Analis Perdagangan
  • Pengawas Bibit Ternak
  • Pengawas Penyakit dan Pengendali Penyakit Hewan
  • Analis Pakan Ternak

Pengusaha

Berbekal ilmu peternakan yang dipelajari selama kuliah, kamu bisa menjadi pengusaha ternak dengan membuka usaha peternakan. Terlebih kamu sudah mempunyai bekal kemampuan manajemen dan kewirausahaan selama berkuliah. Selain itu, kamu bisa membuka kesempatan dan lapangan pekerjaan baru untuk orang lain.

Bekerja di Industri Pengolahan Makanan

Industri pengolahan makanan merupakan sektor yang sangat penting dan besar. Bekerja di industri ini kamu bertanggung jawab untuk mengurus quality control, quality assurance, sertadivisi research and development. Selain itu, kamu juga akan bertugas memperhatikan kualitas makanan yang berasal dari pengolahan hewan ternak.

Ahli Bioteknologi

Ahli bioteknologi merupakan ahli di bidang pemanfaatan makhluk hidup. Profesi ini mempunyai tugas untuk mengembangkan penerapan ilmu bioteknologi, contohnya proses pengembangan vaksin, hasil per fermentasi pangan, dan hasil pengolahan hewan ternak. Hasil ilmu ini sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Terlebih lagi, berkarir di posisi ini juga sangat menjanjikan untuk masa depan.

Bekerja di Industri Pengolahan Limbah

Ilmu yang didapatkan selama kuliah, kamu bisa bekerja di industri pengolahan limbah. Sebagai lulusan Peternakan kamu bisa berkarir di industri pengolahan limbah hewan ternak. Pengolahan hasil limbah hewan ternak sangat penting untuk dikelola, karena limbah ini menghasilkan dampak yang buruk untuk lingkungan sekitar.

Bekerja di Instansi Pendidikan

Instansi pendidikan juga membutuhkan lulusan Peternakan untuk pengajaran dan penelitian di bidang ini. Kamu bisa bekerja sebagai tenaga pendidik, dosen, peneliti, dan sebagainya. Sebagai lulusan Peternakan yang menyukai dunia pendidikan, profesi ini akan cocok untuk kamu.

Peneliti

Jika kamu berkompeten melakukan riset yang baik, kamu bisa memilih menjadi peneliti dan membuat jurnal di bidang Peternakan. Selain bertugas melakukan penelitian, kamu juga akan mengembangkan ilmu dan menciptakan inovasi baru yang hasilnya bisa bermanfaat untuk orang lain. Kamu bisa bekerja menjadi peneliti di lembaga penelitian atau balai peternakan.

Itulah 7 Prospek Kerja untuk Lulusan Peternakan. Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu tertarik untuk masuk jurusan Peternakan? Semoga artikel ini dapat membantu jika kamu masih bingung, setelah lulus akan kerja di mana.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!