Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

7 Prospek Kerja yang Menjanjikan untuk Lulusan Biologi

oleh | Jan 12, 2022 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Biologi – Kesempatan kerja merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhitungkan ketika akan masuk ke dunia perkuliahan. Prospek ini perlu diketahui karena akan berpengaruh terhadap mudah atau sulitnya seseorang untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

Meskipun berbeda-beda, lulusan sebuah jurusan tentunya memiliki peluang kerja. Kesempatan ini akan sejalan dengan ilmu dan keahlian yang telah didapatkan selama berada di dunia kuliah. Hal ini dikarenakan setiap jurusan memiliki standar kompetensi yang berbeda-beda untuk lulusannya.

Salah satu jurusan yang ada di dunia perkuliahan yaitu Biologi. Jurusan yang berada di rumpun Saintek ini tentunya memiliki peluang kerja tersendiri. Apa saja prospek kerja yang ada bagi lulusan Biologi?

Apa Itu Jurusan Biologi?

Biologi merupakan salah satu jurusan yang berada di dalam rumpun ilmu alam. Jurusan ini memiliki fokus pada makhluk hidup, manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroba. Pembelajaran dilakukan pada beberapa topik detail seperti genetika, ekologi, sel molekul, struktur dan anatomi organisme, perilaku, dan lain sebagainya.

Biasanya, perkuliahan di jurusan ini dilakukan selama 4 tahun atau 8 semester. Selama mengikuti pendidikan, mahasiswa akan mempelajari banyak hal. Pembelajaran tidak hanya dilakukan di kelas karena mahasiswa biologi akan banyak melakukan studi di luar seperti laboratorium atau konservasi.

Baca juga Yuk, Intip Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Teknologi Pangan!

Prospek Kerja Lulusan Biologi

prospek kerja biologi

Lulusan biologi akan memiliki ilmu dan kemampuan yang banyak dibutuhkan di dunia kerja. Berikut ini beberapa prospek kerja yang dimiliki oleh lulusan jurusan biologi.

Food Scientist

Peluang kerja pertama yang bisa dipilih oleh lulusan jurusan Biologi yaitu menjadi food scientist atau ilmuwan di bidang pangan. Pekerjaan ini cocok jika kamu suka dengan ilmu dan proses pembuatan makanan. Kamu akan mempelajari pembuatan makanan, nutrisi, pengolahan, mengawetkan, mengemas, bahkan mendistribusikannya.

Environmental Scientist

Jika kamu tertarik dengan isu lingkungan, menjadi environmental scientist bisa menjadi pilihan tepat. Pekerjaan ini memungkinkan kamu untuk mempelajari, mengembangkan, mengelola, bahkan merancang kebijakan terkait lingkungan. Kamu dapat bekerja di bidang penelitian, sektor swasta, dan juga pemerintah.

Peneliti

Selama mengikuti perkuliahan di jurusan Biologi, kamu akan sering melakukan penelitian. Kemampuan yang telah didapatkan dan diasah ini tentunya bisa berguna di dunia kerja, terutama jika kamu memilih untuk menjadi peneliti. Peneliti di bidang biologi dapat bekerja di berbagai bidang seperti pabrik, kesehatan, pemerintah, dan lain sebagainya.

Ahli Botani

Menjadi ahli botani juga merupakan prospek kerja menjanjikan bagi lulusan biologi. Seorang ahli botani akan banyak bekerja dengan tumbuhan. Kamu akan melakukan penelitian untuk berbagai hal seperti meningkatkan produksi atau pengembangan obat. Selain itu, kamu juga akan mempelajari berbagai faktor yang bisa mempengaruhi tanaman seperti lingkungan.

Konselor Genetik

Salah satu bidang yang dipelajari oleh mahasiswa biologi yaitu genetika. Ilmu yang telah didapatkan ini dapat kamu gunakan jika memilih bekerja sebagai konselor genetik. Kamu akan memberikan konseling kepada klien terkait kesehatan genetik. Tentunya, untuk bisa menjadi konselor genetik, kamu perlu mengikuti pelatihan lanjutan di bidang genetika.

Ahli Konservasi

Prospek kerja berikutnya yang bisa dipilih oleh lulusan biologi yaitu menjadi ahli konservasi. Seorang ahli konservasi akan berperan unutk mengelola habitat alami seperti taman, padang rumput, dan hutan. Pemeliharaan oleh ahli konservasi diperlukan untuk menjaga lingkungan. Keahlian ini pun diperlukan oleh banyak pihak seperti petani, perusahaan, dan pemerintah.

Asisten Laboratorium

Asisten laboratorium memiliki peran penting dalam membantu peneliti serta ilmuwan dalam melakukan uji lab dan eksperimen. Selain itu, kamu juga berperan untuk menjaga lab serta segala peralatan yang ada di dalamnya. Pekerjaan ini dibutuhkan di berbagai tempat seperti rumah sakit, perguruan tinggi, klinik, dan lain sebagainya.

Ada 7 prospek kerja yang menjanjikan untuk lulusan biologi. Sebenarnya, masih banyak pekerjaan lain yang bisa digeluti jika kamu lulus dari jurusan ini. Kamu bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!