Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Ilmu kelautan adalah disiplin ilmu yang menggabungkan studi dari berbagai mata pelajaran untuk memahami lingkungan laut, kehidupan laut, dan interaksinya. Yuk, simak mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Kelautan di sini!

8 Pilihan Prospek Kerja untuk Lulusan Jurusan Akuntansi

oleh | Okt 18, 2021 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Akuntansi – Mengetahui prospek kerja ketika memilih jurusan kuliah sangatlah penting. Peluang kerja yang luas akan membuat seseorang lebih mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Hal inilah yang menyebabkan berbagai jurusan menjadi favorit seperti misalnya Akuntansi.

Akuntansi merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati di Indonesia. Jurusan yang berada dalam rumpun ilmu ekonomi ini selalu ramai peminat setiap kali pendaftaran mahasiswa baru dibuka. Seperti apa sebenarnya jurusan ini? Apa prospek kerja lulusan Akuntansi? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Tentang Jurusan Akuntansi

Akuntansi merupakan jurusan yang akrab dengan angka dan perhitungan terutama di bidang keuangan. Mahasiswa jurusan ini akan belajar tentang finansial perusahaan baik itu perencanaan, anggaran, pengeluaran, pajak, dan lain-lain. Selain itu, mahasiswa juga akan belajar hukum keuangan dan ilmu ekonomi.

Jurusan Akuntansi keberadaannya sangat penting terutama untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang ini. Lulusan Akuntansi sangat dibutuhkan kemampuannya supaya operasional perusahaan bisa berjalan lancar. Hal ini dikarenakan lulusan Akuntansi akan mengelola keuangan perusahaan yang sifatnya sangatlah krusial.

Baca juga Tak Perlu Bingung, Ikuti 7 Tips Ini untuk Memilih Jurusan Kuliah.

Prospek Kerja Lulusan Akuntansi

prospek kerja akuntansi

Semua perusahaan tentunya membutuhkan ahli di bidang keuangan. Tanpa adanya ahli finansial ini, perusahaan tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Hal ini membuat lulusan Akuntansi memiliki peluang kerja yang sangat besar. Berikut ini beberapa prospek kerja untuk lulusan Akuntansi.

Accounting Manager

Lulusan Akuntansi dapat bekerja sebagai Accounting Manager atau Manajer Akuntansi. Seorang Manajer Akuntansi akan bertanggung jawab atas tim akuntansi sebuah perusahaan. Pekerjaan yang dilakukan yaitu terkait laporan keuangan, berkas akun, perencanaan anggaran, pembayaran pajak, dan lain-lain.

Credit Analyst

Pilihan pekerjaan yang berikutnya yaitu sebagai Credit Analyst atau Analis Kredit. Seseorang yang bekerja di bidang ini akan bertanggung jawab untuk memeriksa kredit skor orang lain. Profesi ini sangat dibutuhkan terutama di perusahaan yang menyediakan pinjaman uang seperti bank.

Financial Advisor

Lulusan jurusan ini juga bisa bekerja sebagai Financial Advisor atau Penasihat Keuangan. Ilmu yang didapat ketika berkuliah akan sangat berguna di pekerjaan ini. Tanggung jawab dari pekerjaan ini yaitu seperti menganalisa keuangan klien, memberikan rekomendasi perencanaan keuangan, dan lain-lain.

Forensic Accountant

Seseorang yang ahli di bidang keuangan seperti lulusan Akuntansi, juga bisa bekerja sebagai investigator atau Forensic Accountant. Seorang Forensic Accountant akan melakukan berbagai analisa terkait suatu bisnis. Biasanya, kasus yang dikerjakan terkait dengan penipuan atau penggelapan keuangan.

Auditor

Menjadi Auditor juga merupakan salah satu prospek kerja untuk lulusan Akuntansi. Seorang Auditor akan bertugas untuk mengawasi keuangan perusahaan. Pekerjaannya yaitu seperti meninjau catatan keuangan, melaporkan bisnis, memastikan akurasi penggunaan anggaran, dan lain sebagainya.

Budget Analyst

Saat menjalankan bisnis, sebuah perusahaan tentunya perlu untuk membuat sebuah anggaran. Lulusan Akuntansi bisa bekerja dalam pembuatan anggaran ini sebagai Budget Analyst. Adanya seorang Budget Analyst akan membantu perusahaan untuk memaksimalkan penggunaan anggaran sekaligus menekan angkanya.

Tax Accountant

Lulusan Akuntansi akan dibekali ilmu dan kemampuan di bidang perpajakan sehingga bisa bekerja sebagai Tax Accountant. Pekerjaan ini sangatlah penting bagi sebuah perusahaan karena pembayaran pajak sifatnya mengikat dan memaksa. Tanpa adanya seorang ahli pajak, perusahaan bisa tersandung pelanggaran hukum.

Akuntan Publik

Prospek kerja berikutnya untuk lulusan Akuntansi yaitu menjadi Akuntan Publik. Seorang Akuntan Publik dapat bekerja di dalam sebuah perusahaan atau secara mandiri. Beberapa tugas yang akan dilakukan yaitu seperti menyiapkan laporan keuangan, menganalisa laporan keuangan, memahami peraturan perpajakan, dan lain sebagainya.

Kamu bisa menggunakan 8 pilihan prospek kerja untuk lulusan jurusan Akuntansi di atas sebagai referensi jika ingin masuk ke jurusan ini saat kuliah. Perlu diketahui bahwa peluang kerja jurusan Akuntansi tidak terbatas seperti di atas karena lulusannya memiliki kemampuan yang dibutuhkan di mana pun.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Geodesi merupakan salah satu cabang keilmuan dengan basis ilmu matematika terapan. Kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan Geodesi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

Dilansir dari laman resmi Webometrics, ada beberapa PTKIN yang masuk dalam kriteria pemeringkatan per Juli 2022. Melalui pemeringkatan Webometrics, kamu bisa mengecek daftar PTKIN terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih sebagai pilihan kampus. Berikut daftarnya!

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

LPDP 2022 menawarkan 3 kategori beasiswa yaitu Beasiswa Umum, Beasiswa Targeted, dan Beasiswa Afirmasi. Di kategori Beasiswa Umum terbagi menjadi 3 beasiswa, apa saja? Yuk, simak di sini info lebih lengkapnya!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!