Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

8 Prospek Kerja Menjanjikan Bagi Lulusan Sastra Indonesia

oleh | Feb 11, 2022 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Sastra Indonesia – Tidak bisa disangkal bahwa Sastra Indonesia merupakan salah satu jurusan yang sering dianggap remeh. Terlebih, Sastra Indonesia termasuk jurusan yang kurang peminatnya. Padahal banyak orang Indonesia yang seringkali salah menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik.

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui peluang kerja lulusan Sastra Indonesia. Ternyata prospek kerjanya cukup luas terutama di bidang kepenulisan dan industri media. Padahal prospek kerja Sastra Indonesia tidak kalah menjanjikan dari jurusan-jurusan lain.

Bagi kamu yang tertarik dengan sastra khususnya Sastra Indonesia, yuk, simak peluang kerjanya berikut ini.

Mengenal Jurusan Sastra Indonesia

Sastra Indonesia merupakan bidang ilmu yang mempelajari karya sastra dalam bahasa Indonesia seperti puisi, novel, film, naskah, prosa, dan drama. Di jurusan Sastra Indonesia kamu akan mempelajari sastra, bahasa, dan budaya Indonesia. Di  jurusan ini kamu juga dapat menganalisis bahasa dan sastra Indonesia dengan baik.

Sebagai mahasiswa Sastra Indonesia kamu akan mempunyai wawasan yang luas karena rajin membaca dan menganalisis juga. Adapun skill kebahasaan yang dipelajari yaitu menulis, membaca, berbicara, dan menyimak. Mata kuliah yang diajarkan antara lain sintaksis, morfologi, fonologi, struktur tata bahasa, dan masih banyak lagi.

Baca juga Yuk, Intip Berbagai Prospek Kerja Bagi Lulusan Jurusan DKV!

Keahlian dan Kemampuan

Sebagai mahasiswa jurusan Sastra Indonesia kamu dituntut untuk memiliki keahlian dan kemampuan sebagai berikut.

  • Kemampuan teliti dan detail
  • Kemampuan interpersonal
  • Kemampuan problem solving
  • Kemampuan berpikir kritis
  • Kemampuan komunikasi
  • Observan
  • Berwawasan luas

Prospek Kerja Sastra Indonesia

Jurusan Sastra Indonesia termasuk jurusan yang memiliki jenjang karir yang sangat beragam. Terlebih jurusan ini sangat dibutuhkan di bidang kepenulisan dan industri media. Berikut beberapa tempat kerja/prospek kerja untuk lulusan Sastra Indonesia.

Editor

Sekarang ini siapapun bisa menjadi penulis buku dan menerbitkannnya di penerbit. Sehingga, penerbit sangat membutuhkan peran lulusan Sastra Indonesia untuk jadi editor bahasa. Banyak editor yang merupakan lulusan Sastra Indonesia.

Menjadi editor kamu dituntut untuk teliti, kritis, dan berwawasan luas. Terlebih lagi, kamu harus menguasai mata kuliah kajian linguistik seperti ejaan, tata bahasa, sintaksis, dan lainnya. Kamu harus teliti dalam memeriksa dan merevisi tulisan.

Jurnalis

Jurnalis bertugas untuk menulis, menganalisis, serta melaporkan berita kepada publik lewat media massa. Jurnalis bisa menuliskan berita di koran, televisi, majalah, maupun internet. Jurnalis juga harus menuliskan berita secara objektif untuk diinformasikan kepada masyarakat.

Copywriter

Peluang kerja untuk lulusan Sastra Indonesia berikutnya yaitu copywriter. Profesi ini bertugas menulis teks atau konten yang bertujuan untuk memasarkan produk dan jasa dari klien atau agensi periklanan. Copywriter dapat bekerja di perusahaan periklanan (advertising).

Content Writer

Pada era sekarang, content writer sangat dibutuhkan. Sebagai lulusan Sastra Indonesia kamu bisa menjadi content writer. Tugas content writer yaitu menulis artikel dan konten yang menarik dan diterbitkan di website.

Lembaga Penelitian

Peneliti sangat dibutuhkan perannya di dunia pendidikan. Khususnya penelitian di bidang sastra masih sangat kurang. Sebagai lulusan Sastra Indonesia kamu dapat menjadi peneliti di lembaga penelitian, lembaga survei, dan perusahaan Research and Development.

Penulis

Ada berbagai macam jenis penulis seperti penulis novel, penulis cerpen, dan naskah film. Kamu juga bisa menulis buku sendiri dan mengajukan buku ke penerbit untuk bisa diterbitkan. Berbagai tulisan juga bisa kamu terbitkan di blog, perlombaan, dan situs freelance.

Pengajar

Bagi kamu yang senang mengajar maka profesi ini cocok untuk kamu. Selain itu, sebagai lulusan Sastra Indonesia kamu bisa bekerja sebagai dosen. Agar bisa menjadi dosen, kamu wajib minimal lulusan S2 dan memiliki gelar Master.

Translator (Penerjemah)

Profesi ini menerjemahkan berbagai macam buku karya sastra, materi akademik, bahkan naskah film. Translator bertugas menerjemah dari bahasa asing ke bahasa Indonesia. Jika kamu tertarik untuk menjadi penerjemah pastikan juga harus bisa menguasai bahasa lain, ya.

Itulah 8 Prospek Kerja Menjanjikan Bagi Lulusan Sastra Indonesia. Bagi kamu yang tertarik dengan dunia sastra khususnya Sastra Indonesia bisa masuk jurusan ini.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Kenalan dengan Jurusan Sastra Indonesia, Yuk! | LKBB Indonesia college - […] Baca juga 8 Prospek Kerja Menjanjikan Bagi Lulusan Sastra Indonesia […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!