Apa Itu Akreditasi Perguruan Tinggi?

oleh | Jun 12, 2021 | Blog | 0 Komentar

Akreditasi Perguruan Tinggi – Saat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, seseorang tentu ingin mendapatkan yang terbaik. Mulai dari pendidikannya, kurikulum, lingkungan kampus, sampai kualitas lulusannya. Semua hal tersebut sebenarnya sudah dinilai oleh sebuah lembaga dan berdasar evaluasinya, akan dikeluarkan nilai tertentu.

Di Indonesia sendiri, salah satu indikator kualitas pendidikan di perguruan tinggi bisa dilihat dari akreditasi yang diperoleh. Nilai tersebut sebenarnya bisa diberikan oleh beberapa lembaga, namun yang paling dipercaya dan diperhitungkan yaitu akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT, sebuah lembaga milik pemerintah.

Yuk, lebih mengerti tentang akreditasi dan juga pentingnya memilih kampus dan jurusan dengan nilai yang baik!

Pengertian Akreditasi

Akreditasi Perguruan Tinggi

Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI mengartikan akreditasi sebagai pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu.

Melihat pengertian tersebut, akreditasi perguruan tinggi bisa diartikan sebagai sebuah penilaian terhadap berbagai kriteria dari perguruan tinggi. Kriteria-kriteria tersebut mencerminkan kualitas dan juga kelayakan dari institusi terkait.

Dulunya, BAN-PT memberikan akreditasi dengan nilai A, B, dan C, dengan niali A merupakan akreditasi terbaik. Namun, saat ini, penilaian tersebut berubah mengikuti Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020. Akreditasi perguruan tinggi kini berubah menjadi Unggul, Baik Sekali, dan Tidak Terakreditasi.

Penilaian tersebut tidak hanya dilakukan kepada perguruan tinggi melainkan juga masing-masing program studi. Misalnya yaitu Universitas Q memiliki akreditasi A, namun program studi 1 di kampus tersebut masih terakreditasi B. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki indikator penilaian yang berbeda. Namun, tidak menutup kemungkinan akreditasi tersebut berubah karena penilaian tersebut dilakukan berulang setiap 5 tahun sekali.

Elemen Penilaian dalam Akreditasi Perguruan Tinggi

BAN-PT menggunakan beberapa kriteria ketika melakukan akreditasi terhadap sebuah institusi. Perguruan tinggi yang memenuhi segala kriteria penilaian akan mendapatkan poin akreditasi. Jika poin yang diperoleh tinggi, maka akreditasinya akan lebih baik. Kriteria yang dinilai yaitu sebagai berikut.

  • Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi
  • Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerja Sama
  • Mahasiswa
  • Sumber Daya Manusia
  • Keuangan, Sarana, dan Prasarana
  • Pendidikan
  • Penelitian
  • Pengabdian kepada Masyarakat
  • Luaran dan Capaian Tridharma

Berdasarkan kriteria tersebut, BAN-PT kemudian mengelompokkan akreditasi berdasarkan nilai yang diperoleh. Pengelompokkannya sendiri yaitu sebagai berikut.

Baca juga Apa Bedanya Fakultas, Jurusan Kuliah, dan Program Studi?

Kegunaan Penilaian Ini

Pentingnya Akreditasi Perguruan Tinggi

Akreditasi yang baik tentu merupakan hal yang penting baik bagi perguruan tinggi maupun calon peserta didiknya. Berikut ini beberapa fungsi dari penilaian BAN-PT tersebut.

Jaminan Kualitas Pendidikan

Perguruan tinggi yang sudah terakreditasi berarti telah berhasil memenuhi syarat-syarat dan kriteria penilaian dari BAN-PT. Terlebih lagi, institusi yang mendapat predikat Unggul atau Baik Sekali berarti memperoleh nilai yang tinggi untuk semua kriteria penilaian.

Kriteria yang digunakan untuk melakukan penilaian dipilih untuk melihat kualitas dari perguruan tinggi tersebut. Artinya, kampus terakreditasi memiliki pendidikan yang sudah terjamin dari berbagai aspek.

Mengendalikan Mutu Pendidikan

Akreditasi menjadi salah satu pertimbangan ketika seseorang memilih perguruan tinggi dan juga program studi. Melihat hal ini, akreditasi juga bisa dijadikan sebuah motivasi bagi penyelenggara pendidikan untuk meningkatkan kualitasnya.

Nilai akreditasi yang tinggi berarti akan menarik lebih banyak pendaftar. Hal tersebut tentunya berguna untuk perguruan tinggi karena bisa mendapatkan peserta didik berkualitas dan sekaligus meningkatkan mutu pendidikannya.

Menjadi Syarat Mendaftar Kerja

Lulusan dari kampus dan jurusan yang terakreditasi akan lebih mudah saat melamar kerja. Hal ini dikarenakan perusahaan atau lembaga yang didaftarkan akan lebih memperhitungkan alumni perguruan tinggi berkualitas. Hal ini berlaku tidak hanya untuk perusahaan swasta melainkan juga pemerintah. Misalnya saja PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang mensyaratkan akreditasi institusi A dan program studi A untuk semua pelamarnya.

Meningkatkan Daya Saing Lulusan

Perguruan Tinggi yang memiliki nilai akreditasi tinggi, tentunya sangat memperhatikan kualitas pendidikannya. Hal ini kemudian juga berpengaruh terhadap potensi yang dimiliki oleh lulusannya. Berbekal ilmu dan pendidikan yang telah diperoleh di kampus, lulusan perguruan tinggi tersebut akan lebih siap menghadapi dunia kerja baik nasional maupun global.

Sudah paham, kan, mengenai apa itu akreditasi perguruan tinggi? Saat memilih kampus dan program studi jangan lupa untuk memperhatikan akreditasinya, ya! Kamu bisa dengan mudah mengeceknya melalui laman resmi BAN-PT.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

Istilah Dunia Perkuliahan – Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan saat kamu masih berstatus siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada banyak hal yang berubah mulai dari materi yang dipelajari sampai lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa baru, saat memasuki dunia...

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS – Saat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan ini sangat penting karena akan berpengaruh tidak hanya saat menjalankan kuliah, namun juga prospek kehidupan ke...

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

CPNS BPIP – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP ikut berpartisipasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021. Badan ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai untuk berbagai jabatan. Berikut ini informasi...

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

CPNS Kejaksaan Agung SMA – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan perguruan tinggi. Beberapa lembaga pemerintah juga membuka pendaftaran untuk beberapa jabatan dengan syarat pendidikan minimal SMA/sederajat. Salah satu...

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Formasi CPNS – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan segera dilaksanakan. Berdasarkan siaran pers yang telah dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar bisa melakukan pendaftaran mulai dari tanggal 30 Juni 2021. Pelaksanaan seleksi CASN...