Berapa Jumlah Soal SKD Kedinasan di Seleksi Tahun 2021?

oleh | Jun 4, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Soal SKD Kedinasan – Pemerintah kembali membuka penerimaan calon Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui jalur pendidikan sekolah kedinasan di tahun 2021 ini. Setelah penerimaan tahun lalu sempat tertunda karena Covid-19, berbagai lembaga/kementrian kembali memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi peserta didik di sekolah asuhannya.

Melalui penerimaan tersebut, mahasiswa/taruna/praja yang lolos akan mendapatkan kesempatan untuk diangkat menjadi ASN setelah menyelesaikan pendidikan. Hal ini kemudian menjadi salah satu alasan kuat terkait dengan banyaknya masyarakat yang mengincar sekolah-sekolah tersebut.

Alumni dari sekolah kedinasan akan menjadi pekerja sektor publik dan vital sehingga pemilihan peserta didik di perguruan tinggi tersebut tidak dapat dilakukan secara asal-asalan. Terdapat berbagai jenis tes yang harus dihadapi oleh calon peserta didik, salah satunya yaitu Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD yang menjadi tahapan ujian pertama.

Sekolah Kedinasan di Penerimaan Tahun 2021

Sekolah kedinasan yang membuka penerimaan di tahun ini berada di bawah naungan 8 lembaga/kementrian. Masing-masing lembaga/kementrian menaungi sekolah-sekolah yang berkaitan dengan fokus kerjanya. Lebih lengkapnya yaitu sebagai berikut.

Lembaga/Kementrian Sekolah Kedinasan
Badan Intelijen Negara (BIN) Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)
Badan Pusat Statistik (BPS) Politeknik Statistika (Polstat STIS)
Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)
Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Politeknik Imigrasi (Poltekim)
Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)
Kementrian Keuangan (Kemenkeu) Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)
Kementrian Perhubungan (Kemenhub) 5 Sekolah Pendidikan Transportasi Darat
10 Sekolah Pendidikan Transportasi Laut
6 Sekolah Pendidikan Transportasi Udara

Tahapan Seleksi Sekolah Kedinasan

Seleksi penerimaan peserta didik di Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) dilakukan dalam tahapan yang berlapis dan menerapkan sistem gugur. Setiap sekolah kedinasan memiliki jenis seleksi yang berbeda tergantung pasa kebijakan masing-masing PTK. Secara umum, tahapan ujian yang harus dilalui oleh peserta yaitu:

  • Seleksi Administrasi
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • Seleksi Lanjutan dari PTK
  • Pengumuman Hasil Akhir Seleksi

Baca juga Rincian Tahapan Seleksi Lanjutan Calon Taruna STMKG.

Jenis-jenis Soal yang Diujikan

Soal SKD Kedinasan

Peserta yang lolos Seleksi Administrasi akan melanjutkan ke tes yang pertama yaitu Seleksi Kompetensi Dasar. Ujian ini dilaksanakan bersama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan dilaksanakan di berbagai titik di Indonesia.

Soal SKD Kedinasan yang akan diujian terdiri dari 3 jenis yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelijensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Peserta harus mengerjakan semua jenis soal untuk bisa lolos seleksi tahap ini.

Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK merupakan tes untuk menilai pengetahuan peserta terkait dengan nilai-nilai nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Tes Intelijensi Umum (TIU) adalah tes untuk menilai kemampuan peserta dalam hal verbal, numerik, dan kemampuan figural. Kemampuan verbal dalam hal ini meliputi analogi, silogisme, serta analitis. Lalu, kemampuan numerik yang dimaksud berupa berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita. Sedangkan untuk kemampuan figural, kemampuan yang diuji yaitu analogi, ketidaksamaan, dan serial.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yaitu tes untuk menilai sikap peserta yang terkait dengan hal pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, serta profesionalisme.

Jumlah Soal SKD Kedinasan dan Nilai Minimal

Soal SKD Kedinasan

Secara keseluruhan, jumlah soal SKD kedinasan mencapai 110 butir. Berikut ini ringkasan mengenai jumlah, penilaian, serta passing grade untuk masing-masing jenis soal.

Jenis Soal Jumlah Soal Penilaian Nilai Minimal
TWK 30 Benar = 5
Salah = 0
65
TIU 35 Benar = 5
Salah = 0
80
TKP 45 Nilai = 1 – 5
Tidak Diisi = 0
156

Peserta seleksi harus mendapatkan sedikitnya nilai minimal untuk bisa lolos tahapan SKD sekolah kedinasan. Namun, jika peserta berasal dari daerah tertentu yang mendapat afirmasi, maka nilai minimalnya berbeda. Bagi peserta afirmasi, nilai untuk lolos yaitu 281 (total) dan 55 (TIU).

Itu tadi jawaban atas pertanyaan Berapa Jumlah Soal SKD Kedinasan di Seleksi Tahun 2021? Supaya bisa mengerjakan soal SKD kedinasan dengan lancar, kamu harus melakukan persiapan yang matang. Pelajari contoh-contoh soal yang bisa didapat atau bisa juga mengikuti bimbingan khusus sekolah kedinasan. Jangan lupa juga untuk mengikuti peraturan yang berlaku ketika mengikuti seleksi.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…