Biaya Kuliah ITB Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri Tahun 2022

by | Jul 1, 2022 | Biaya Kuliah, Blog, PTN | 0 comments

Biaya kuliah ITB – Setelah dinyatakan lulus seleksi masuk, penentuan biaya kuliah untuk kedepannya juga menjadi pertimbangan dan membutuhkan persiapan sebelum resmi memulai perkuliahan. Biaya kuliah di PTN umumnya dibebankan kepada mahasiswa dalam bentuk Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang penentuannya berdasarkan jalur masuk, program studi dan kemampuan ekonomi tiap calon mahasiswa

ITB membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN hingga jalur mandiri untuk seluruh program studi yang ada di ITB. Mahasiswa yang diterima di ITB dapat memiliki biaya kuliah atau UKT yang berbeda-beda bergantung jalur masuk diterimanya mahasiswa. Berikut kami rangkum biaya kuliah di ITB bagi mahasiswa jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Jalur SNMPTN

Biaya pendidikan untuk tiap semester bagi mahasiswa baru yang diterima di ITB melalui jalur SNMPTN ditetapkan dalam 5 kelompok Uang Kuliah Tungga  (UKT) dengan rincian sebagai berikut: 

Baca juga: Pendaftaran Kelas Internasional ITB 2022: Program Studi, Persyaratan, Tata Cara hingga Jadwal Pendaftaran

Jalur SBMPTN

Biaya pendidikan untuk tiap semester bagi mahasiswa baru yang diterima di ITB melalui jalur SBMPTN ditetapkan dalam 5 kelompok Uang Kuliah Tungga  (UKT) dengan rincian sebagai berikut: 

Jalur Mandiri

Biaya pendidikan untuk tiap semester bagi mahasiswa baru yang diterima di ITB melalui jalur SBMPTN ditetapkan dengan Uang Kuliah Tunggal  (UKT) kelompok 5 dan Iurang Pengembanagan Institusi dengan rincian sebagai berikut:

Calon mahasiswa seleksi yang diterima melalui seleksi mandiri (SM-ITB) pemilik Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) akan dibebaskan dari biaya kuliah atau menerima UKT1 (Rp0,-) serta tidak dibebani Iuran Pengembangan Institusi. 

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Unsoed Semua Jurusan Tahun Ajaran 2022

Calon mahasiswa Seleksi Mandiri ITB yang telah dinyatakan diterima dapat mengajukan UKT yang lebih rendah dari UKT5 (termasuk calon mahasiswa pemegang KIP-K) melalui formulis yang akan tersedia di laman https://admission.itb.ac.id. Opsi pembayaran UKT yang lebih rendah dari UKT5, yaitu:

  • UKT2 : Rp1.000.000,-/semester
  • UKT3 : Rp12.500.000,-/semester
  • UKT4 : Rp20.000.000,-/semester

Dalam pengajuan UKT di bawah UKT5 tersebut, calon mahasiswa wajib menyertakan data pendukung, yaitu data-data yang menyatakan kemampuan ekonomi keluarga. Pengumuman persetujuan pengajuan UKT di bawah UKT5 akan disampaikan sebelum masa pendaftaran ulang, sehingga calon mahasiswa sudah mengetahui sebelum melakukan pendaftaran ulang. 

Itulah rangkuman mengenai biaya kuliah di ITB jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri Tahun 2022. Semoga membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Yang Lainnya…

Raih Impian Masuk Kampus Pilihanmu Bersama Indonesia College. Tersedia Bimbingan Khusus PTN dan Sekolah Kedinasan