Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Freshgraduate Perlu Tahu 9 Tips Ini Agar Cepat Dapat Pekerjaan

oleh | Feb 18, 2022 | Blog, Tips | 0 Komentar

Tips Dapat Kerja Untuk FreshgraduatePada era sekarang terlebih saat pandemi seperti ini memang sulit untuk mencari kerja. Di tengah persaingan kerja yang sangat ketat, banyak freshgraduate yang ingin mendapat pekerjaan secepatnya. Mendapatkan pekerjaan pertama bagi freshgraduate memang cukup sulit terutama saat pandemi ini.

Terlebih bagi freshgraduate yang belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Setiap mahasiswa tentunya memiliki keinginan untuk langsung dapat pekerjaan setelah lulus. Bagaimana caranya agar freshgraduate cepat mendapat pekerjaan? Baiknya ikuti beberapa tips berikut ini, yuk! Semoga membantu!

Perbanyak Mencari Peluang Pekerjaan

Luangkan cukup waktu untuk mencari peluang kerja sesuai dengan bidang atau kemampuanmu. Informasi seputar lowongan pekerjaan bisa kamu lihat di situs penyedia pencarian kerja, media sosial, atau juga meminta referensi orang terdekat. Semakin banyak mencari, semakin besar juga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang cocok untukmu.

Baca juga 9 Tips Jitu Agar Cepat Lulus Kuliah

Mengikuti Magang

Pengalaman magang selama kuliah akan memberi manfaat untuk kamu. Kamu bisa mencantumkan pengalaman magang, tempat magang, posisi, dan job desc kerjaanmu di CV. Ketika kamu mempunyai pengalaman magang, secara tidak langsung akan menunjukkan potensi dan kemampuanmu. Beruntungnya, jika perusahaan magang menyukai kinerjamu, kamu bisa ditawari bekerja menjadi karyawan tetap, lho.

Biasanya perguruan tinggi mewajibkan para mahasiswanya pada semester akhir untuk mengikuti magang. Ini merupakan kesempatan untukmu menunjukkan kinerja dan kemampuanmu pada perusahaan magang. Bisa jadi kamu mendapatkan pekerjaan di perusahaan magang sebelum lulus.

Mendatangi Job Fair­

Di job fair kamu bisa mengetahu dan mengenal banyak perusahaan. Kamu juga bisa berkomunikasi langsung dengan tim rekrutmen internal perusahaan dan menanyakan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Jangan lupa untuk menyiapkan surat lamaran dan CV supaya jika ada lowongan yang menarik kamu bisa langsung daftar.

Biasanya kampus juga membuka job fair atau career expo. Hal ini merupakan kesempatan bagus untuk kamu bisa mendapat pekerjaan. Selain itu, kamu juga bisa memperluas networking dengan perusahaan atau sesama jobseeker.

Memperluas Relasi

Perbanyaklah relasi dan koneksi selama kamu berkuliah. Karena ada banyak peluang tentang lowongan pekerjaan yang kamu dapatkan dari relasi tersebut. Kamu juga bisa menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, atau LinkedIn.

Lebih bagus lagi jika kamu punya jaringan alumni dan menjalin relasi dengan mereka. Kamu bisa ikut perkumpulan dengan kakak alumni dan mendapat banyak informasi dan pengalaman. Selain itu, kamu juga bisa bertanya kepada temanmu yang sudah pernah punya pengalaman kerja.

Membuat CV yang Bagus dan Sesuai

CV (curriculum vitae) merupakan hal yang penting saat kamu ingin melamar pekerjaan. Perusahaan lebih mempertimbangkan CV kandidat yang memiliki pengalaman dan keahlian yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Di CV kamu perlu mencamtumkan kontak, profil, pendidikan, pengalaman, prestasi, lampiran, dan skill.

Lebih baik juga jika kamu tidak menggunakan CV yang formatnya terlalu umum. Kamu juga perlu membuat CV yang sesuai dengan persyaratan posisi yang dilamar ya, agar kamu dapat berkesempatan besar untuk diterima kerja.

Mencari Lowongan di Berbagai Situs Penyedia Lowongan Kerja

Informasi seputar lowongan kerja dapat kamu cari lebih mudah di berbagai situs penyedia lowongan kerja online. Aplikasi atau portal online pencari kerja sudah banyak sekali di era sekarang. Terlebih saat pandemi seperti ini banyak perusahaan yang mencari kandidat dengan tidak tatap muka.

Jangan hanya terpaku pada satu portal saja tapi kamu bisa mencari di banyak portal. Hal ini bisa memberikan kamu banyak kesempatan untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Rajinlah mencari informasi peluang kerja dan update berita lowongan pekerjaan, ya.

Kamu juga bisa memanfaatkan career center (pusat karir) di kampusmu dalam mencari pekerjaan. Banyak informasi tentang lowongan pekerjaan yang dibuka di berbagai perusahaan. Hal ini bisa membantu mahasiswa atau alumni kampus untuk bisa mencari kerja.

Kembangkan Skill Sesuai dengan Bidang atau Pekerjaan Impianmu

Kamu harus mencari tahu skill apa saja yang dibutuhkan untuk pekerjaan impianmu. Kamu juga perlu mengembangkan skill baik itu softskill dan juga hardskill. Hadiri juga seminar dan workshop yang bisa membantumu untuk meningkatkan skill terlebih kamu juga bisa mendapat sertifikat.

Menambah Pengalaman

Kamu juga bisa memanfaatkan waktu luang/libur kuliahmu untuk part time atau freelance untuk bisa menambah pengalaman di CV. Bisa dengan ikut berbagai seminar dan pelatihan gratis. Tentunya ini akan menambah pengalaman dan ilmu meskipun bukan di bidangmu.

Manfaatkan Media Sosial

Manfaatkan dan gunakanlah media sosial dengan baik. Kamu bisa terhubung di media sosial dengan pihak yang bisa melihat skill serta pengalamanmu. Kamu bisa dinilai oleh tim rekrutmen dari media sosialmu. Jadi, unggahlah konten yang memberi citra positif, ya, karena ada beberapa perusahaan yang mencari tahu tentang kandidat melalui media sosial.

Kamu juga bisa membuat akun di LinkedIn dan mencamtumkan segala pengalaman dan kemampuan yang kamu miliki. Tim rekrutmen akan mudah menemukan dan melihat kamu di platform ini. Selain situs penyedia loker, media sosial juga bisa memberikan informasi terkait lowongan kerja seperti LinkedIn, Instagram, dan Twitter.

Freshgraduate Perlu Tahu 9 Tips Ini Agar Cepat Dapat Pekerjaan. Supaya kamu sebagai freshgraduate bisa mendapatkan pekerjaan secepatnya, jangan lupa catat dan praktikan tips-tips di atas, ya. Semoga artikel ini membantu kamu dalam mempermudah mencari pekerjaan.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!