Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Astronomi merupakan salah satu ilmu tertua. Astronomi adalah cabang ilmu yang mempelajari semua benda dan fenomena luar bumi. Kamu penasaran dan ingin tahu lebih lanjut terkait jurusan Astronomi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

Inilah 7 Jalur Prestasi untuk Seleksi Masuk Kuliah

oleh | Feb 8, 2022 | Blog, Jalur Masuk PTN | 0 Komentar

Masuk Kuliah dengan Jalur Prestasi – Setiap perguruan tinggi memberikan kesempatan bagi siswa dengan prestasi atau nilai akademik terbaik melalui jalur prestasi. Sebagai siswa yang memiliki prestasi saat masih di SMA/sederajat, tentu ada peluang besar untuk diterima di perguruan tinggi favorit.

Pendaftaran tersebut dapat diambil melalui jalur prestasi yang sudah disediakan oleh masing-masing PTN. Proses seleksi jalur prestasi akan fokus pada prestasi yang diraih para siswa. Prestasi yang diraih saat di bangku SMA/sederajat tidak hanya akademis tetapi juga non akademis.

Ingin tahu apa saja jalur prestasi yang bisa diikuti? Berikut beberapa jalur prestasi untuk seleksi masuk perguruan tinggi. Simak ulasannya berikut ini.

SNMPTN

SNMPTN merupakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN merupakan jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang ditunjukkan bagi siswa SMA, MA atau SMK yang memiliki prestasi unggul. SNMPTN diselenggarakan di seluruh PTN Indonesia secara serentak.

Jalur SNMPTN hanya berlaku bagi siswa yang sedang berada di kelas 12 atau akan lulus pada tahun diadakannya SNMPTN. Seleksi SNMPTN dilakukan tanpa adanya tes tetapi menggunakan nilai rapor, nilai ujian nasional, dan prestasi akademik para siswa. Seleksi SNMPTN tidak dikenakan biaya pendaftaran.

Baca juga 5 Jalur Masuk PTN yang Perlu Kamu Ketahui

Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) UGM

UGM mengadakan seleksi masuk dengan jalur PBUTM atau jalur prestasi. Persyaratannya antara lain siswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi dan berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Peserta jalur ini diusulkan oleh sekolah dan termasuk 25% terbaik di kelasnya.

Bagi siswa yang lolos seleksi administratif selanjutnya akan mengikuti ujian tertulis. Materi yang diujikan adalan Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU). Apabila diterima melalui jalur ini kamu akan mendapatkan beasiswa biaya pendidikan di UGM selama 8 semester.

Jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB) UNDIP

UNDIP mengadakan seleksi masuk dengan jalur prestasi melalui Jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi. Beberapa kategori prestasi atau kejuaran yang bisa diikutkan antara lain jalur saintek, soshum, keagamaan, seni, dan olahraga. Berikut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk jalur SBUB UNDIP.

  • Lulusan 3 tahun terakhir dari SMA/MA/SMK/MAK
  • Memiliki nilai rata-rata rapor per semester 7 (skala 10)
  • Lulus ujian sekolah
  • Tidak pernah tinggal kelas
  • Pilihan program studi sesuai persyaratan asal SMA/MA/SMK/MAK

Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN) IPB

IPB menyediakan kuota sekitar 15 kursi untuk jalur PIN. Beberapa prestasi yang menjadi kriteria PIN antara lain siswa yang meraih juara dalam lomba di tingkat internasional, nasional, atau lomba yang diadakan IPB. Lomba tersebut antara lain Olimpiade Sains, hafidz Al-Qur’an minimal 15 juz, lomba karya ilmiah, olahraga, serta pramuka.

Penelusuran Prestasi Olahraga, Seni, dan Keilmuwan (POSK) UNHAS

Jalur prestasi berikutnya adalah jalur POSK oleh Universitas Hasanuddin. POSK merupakan jalur seleksi mandiri UNHAS untuk para calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik/olahraga/seni/keilmuwan. Seleksi dilakukan dengan tahapan wawancara dan tes keterampilan.

Jalur Prestasi UNJ

Universitas Negeri Jakarta juga menerima mahasiswa baru melalui jalur prestasi. Jenis prestasi antara lain bidang saintek, soshum, seni dan sastra, olahraga, dan musabaqah. Lingkup prestasinya mencakup prestasi nasional dan internasional.

Jika kamu ingin masuk jalur ini perlu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp400.000. Informasi lebih lengkap bisa mengunjungi laman https://penmaba.unj.ac.id/mandiri-prestasi/.

Jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) UI

Jalur PPKB merupakan salah satu jalur mandiri untuk masuk Universitas Indonesia. Jalur ini hanya diusulkan oleh sekolah tertentu yang sebelumnya telah mengajukan permohonan. Pihak UI yang akan mengirim undangan kepada siswa SMA/SMK (vokasi) yang mempunyai prestasi untuk masuk UI. Proses seleksi dilakukan berdasarkan pencapaian prestasi akademik siswa di sekolah.

Inilah 7 Jalur Prestasi untuk Seleksi Masuk Kuliah. Semoga artikel ini membantu kamu yang ingin ingin mendaftar perguruan tinggi favoritmu dengan jalur prestasi. Jangan lupa juga untuk persiapkan berbagai persyaratan mulai dari sekarang.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!