Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Kedokteran UPN Veteran Jakarta: Sejarah, Akreditasi, Jalur Masuk, Daya Tampung dan Biaya Kuliah

oleh | Mei 30, 2022 | Blog, Kedokteran, PTN | 0 Komentar

Kedokteran UPN Veteran Jakarta – Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPN Veteran Jakarta) dapat dijadikan pilihan untuk menempuh studi kedokteran di wilayah Ibukota DKI Jakarta. Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta berlokasi di Jl. RS Fatmawati, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Terdiri dari 3 gedung utama dengan fasilitas yang lengkap, pembelajaran di universitas ini memfasilitasi kebutuhan calon dokter dengan sangat baik.

Tidak hanya menyediakan pendidikan untuk Sarjana Kedokteran, FK UPN Veteran Jakarta juga membuka pendidikan lanjutan untuk Profesi Dokter dan Sarjana Farmasi. Sejak didirikan pada tahun 1993, FK UPN Veteran Jakarta telah berhasil meluluskan lebih dari 10.000 dokter. Tertarik menjadi dokter di UPN Veteran Jakarta? Berikut kami rangkum informasi yang wajib kamu tahu. Simak, yuk!

Sejarah Singkat

Pendirian Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta dilatarbelakangi oleh kebutuhan sumber daya manusia kesehatan termasuk tenaga dokter untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Fakultas Kedokteran sebagai institusi yang menghasilkan tenaga dokter dituntut untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter sebanyak 70.000 dokter. Hal tersebut guna mencapai standar pelayanan dengan rasio 1 dokter untuk 3.000 penduduk.

Selain masyarakat umum, Departemen Pertahanan Keamanan serta ABRI dalam mengemban tugas pokoknya juga memerlukan tenaga dokter di rumah sakit dan atau satuan kesehatan lapangan. Tingginya kebutuhan dan peluang tersebut akhirnya dimanfaatkan oleh UPN Veteran Jakarta untuk membuka Fakultas Kedokteran baru. 

Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta berhasil diresmikan pada Tahun 1993. Saat itu, UPN Veteran Jakarta masih berada di bawah naungan Departemen Pertahanan RI dan berpindah naungan di bawah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan pada tahun 2014.  

Visi

Menjadi Program Studi Kedokteran Program Sarjana yang unggul, inovatif dan kolaboratif dengan identitas Bela Negara melalui optimalisasi Kedokteran Pencegahan berkualitas Internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan menitikberatkan pada Kedokteran Pencegahan berkualitas Internasional yang bermanfaat untuk Bela Negara.
  2. Menghasilkan lulusan Sarjana Kedokteran yang memiliki keunggulan dalam pengetahuan keterampilan dan profesionalitas ilmu kesehatan matra dalam mendukung kedokteran pencegahan berkualitas internasional.
  3. Melaksanakan tata kelola PSKPS yang akuntabel, transparan dan berbasis teknologi
  4. Mengembangkan jejaring dan kemitraan dalam dan luar negeri dalam bidang Kedokteran Pencegahan berkualitas Internasional
  5. Mengembangkan Ilmu Kesehatan Matra untuk menopang Kedokteran Pencegahan berkualitas Internasional (Preventive Medicine and Community Health Oriented Program).

Akreditasi

Program Studi Sarjana Pendidikan Dokter UPN Veteran Jakarta telah erakreditasi Unggul atau setara A oleh LAM-PTKes melalui SK nomor 0380/LAM/PTKes/Akr/Sar/IX/2021.

Kurikulum

Pembelajaran di Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta menggunakan model Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dalam sistem blok dengan rincian:

  • Semester 1: blok Fundamental Biomedical Sciences (FBS) 1 dan 2
  • Semester 2: blok Dermato-Musculo-Skeletal System (DMS dan Special Sensoric System (SSS)
  • Semester 3: blok Hemato-Immunology System (HIS) dan Cardio-Vascular System (CVS) 
  • Semester 4: blok Respiratory System (RS) dan Gastri-Intestinal System (GIS)
  • Semester 5: blok Genito-Urinary System (GUS) dan Neuro-Behavior System (NBS)
  • Semester 6: blok Endocrine Metabolic System (EMS) dan Reproductive System (RPS)
  • Semester 7: blok Tropical Medicine (TM), Field Medicine dan Forensic.

Baca juga: Apa Syarat yang Perlu Dipenuhi untuk Menjadi Mahasiswa Kedokteran?

Fasilitas

Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta memiliki 3 gedung utama untuk mendukung pembelajaran yaitu:

  • Gedung Dr. Wahidin Sudiro Husodo
  • Gedung Dr. Cipto Mangun Kusumo
  • Gedung Abdul Rahman Saleh

Gedung-gedung tersebut menyediakan fasilitas ruang kuliah, ruang tutorial, OSCE Center, berbagai Medical Unit, pusat CBT, auditorium, ruang diskusi hingga laboratorium yang lengkap. Berikut fasilitas laboratorium yang dimiliki oleh FK UPN Veteran Jakarta:

  • Lab. Anatomi, Histologi & Neurosains
  • Lab. Stem Cell
  • Lab. Biologi dan Biokimia
  • Lab. Kedokteran Laboratorium & Patologi
  • Lab. Mikrobiologi dan Parasitologi
  • Lab. Fisiologi & Farmakologi
  • Lab. CSP
  • Lab. Kesehatan Matra
  • Lab. Kesehatan Masyarakat

Jalur Masuk dan Daya Tampung

Program Studi Pendidikan Dokter UPN Veteran Jakarta membuka penerimaan mahasiswa baru melalui 3 jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri melalui SEMA-UPNVJ. Daya tampung untuk Program Studi Pendidikan Dokter sebanyak 220 mahasiswa dengan rincian:

  • SNMPTN (20%): 44 mahasiswa
  • SBMPTN (50%): 110 mahasiswa
  • SEMA-UPNVJ (30%): 66 mahasiswa

Informasi lebih lengkap mengenai penerimaan mahasiswa baru di UPN Veteran Jakarta dapat mengunjungi laman Penmaru UPNVJ.

Biaya Kuliah

Biaya pendidikan di UPN Veteran Jakarta menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibagi menjadi 8 kelompok. Masing-masing mahasiswa mendapatkan kelompok UKT berdasarkan kemampuan ekonomi dan penghasilan orang tuanya. Berikut adalah rincian UKT untuk Program Studi Pendidikan Dokter di UPN Veteran Jakarta: 

UKT Program Studi Pendidikan Dokter UPN Veteran Jakarta

Mahasiswa yang diterima melalui jalur mandiri (SEMA UPNVJ) mendapatkan UKT pada kelompok 8 dan dikenakan Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI) dengan rincian sebagai berikut:

Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI)

Itulah informasi mengenai Kedokteran UPN Veteran Jakarta: Sejarah, Akreditasi, Jalur Masuk,  Daya Tampung dan Biaya Kuliah. Semoga membantu, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!