Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

UNS Buka Kesempatan Bagi Kamu yang Ingin Kuliah Kelas Internasional

oleh | Des 8, 2021 | Blog, Kelas Internasional, PTN | 0 Komentar

Kelas Internasional UNS – Banyak program yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa di perguruan tinggi. Tersedia beberapa program mulai dari program reguler, program ekstensi, dan juga program internasional.

Di antara berbagai program tersebut, kelas internasional merupakan program yang cukup banyak diminati oleh calon mahasiswa. Program ini menawarkan perkuliahan dengan taraf internasional. Mahasiswa pun akan mendapatkan berbagai pengalaman perkuliahan internasional.

Salah satu kampus di Indonesia yang membuka kelas internasional yaitu Universitas Sebelas Maret atau UNS. Apa sebenarnya program internasional di UNS itu? Apa saja jurusan yang dibuka? Yuk, cek informasinya di bawah ini!

Pembukaan Kelas Internasional UNS

kelas internasional uns

Universitas Sebelas Maret membuka kelas internasional pada penerimaan mahasiswa baru di tahun 2021. Program ini dibuka atas kolaborasi dengan Curtin University, Australia. Perkuliahan di program ini dilaksanakan secara terpisah dari kelas reguler. Hal ini dikarenakan perkuliahan dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris.

Kelas internasional di UNS dibuka untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi era globalisasi. Mahasiswa akan memiliki pengetahuan sesuai program studi yang diambil, memiliki bahasa Inggris yang mumpuni, dan juga memiliki bekal pengalaman di dunia internasional.

Program yang Dibuka

kelas internasional uns

Sebagai program yang masih baru, kelas internasional di Universitas Sebelas Maret dibuka untuk dua program studi saja. Kelas internasional ini ada dalam naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk dua program studi yaitu:

  • S1 Akuntansi
  • S1 Ekonomi Pembangunan

Mahasiswa yang tergabung dalam program studi internasional tersebut akan mengikuti perkuliahan sesuai kurikulum yang telah ditetapkan oleh UNS. Tidak hanya itu, mahasiswa juga bisa mengikuti program internasional seperti:

  • Pertukaran pelajar
  • Summer course
  • Double degree
  • Visiting professor
  • dan lain sebagainya

Baca juga Berbagai Program di Kelas Internasional BINUS University.

Persyaratan Pendaftaran

Jika ingin menjadi mahasiswa program internasional UNS, kamu perlu mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi sesuai ketentuan. Calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan yang telah diajukan oleh UNS yaitu:

  • Lulusan SMA/sederajat 3 tahun terakhir.
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang memadai dan dibuktikan dengan nilai TOEFL atau IELTS.
  • Memiliki catatan akademik yang baik.
  • Mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi mandiri di UNS.
  • Mengikuti UTBK yang diselenggarakan oleh LTMPT dan memiliki skor UTBK.

Seleksi Kelas Internasional UNS

Calon mahasiswa yang telah mendaftarkan diri di kelas internasional UNS tentunya akan mengikuti seleksi terlebih dahulu. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh pendaftar kelas internasional ini seperti:

  • Seleksi administrasi
  • Seleksi nilai UTBK dan akademis
  • Seleksi wawancara

Jika lolos seleksi yang telah dilakukan, barulah pendaftar bisa dinyatakan diterima menjadi mahasiswa UNS. Di penerimaan tahun 2021 sendiri, kuota mahasiswa kelas internasional yang diterima yaitu sebanyak 25 orang untuk masing-masing program.

Biaya Perkuliahan

Biaya kuliah yang perlu disiapkan oleh mahasiswa baru kelas internasional UNS dibagi menjadi dua. Biaya yang pertama yaitu Sumbangan Pembangunan Institusi atau SPI yang dibayarkan satu kali saat diterima menjadi mahasiswa. Biaya yang lainnya yaitu biaya UKT yang harus dibayar pada setiap semester. Besaran kedua biaya ini berbeda yaitu:

  • SPI: Rp80 juta
  • UKT per semester: Rp17,5 jutta

UNS buka kesempatan bagi kamu yang ingi kuliah kelas internasional. Jika tertarik mengikuti perkuliahan internasional, kamu bisa mendaftarkan diri di program ini.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!