Kuliah Kedokteran, 10 Universitas Swasta Ini Bisa Jadi Pilihan

oleh | Jan 29, 2021 | Blog, Kedokteran, PTS | 0 Komentar

Menjadi dokter merupakan impian banyak orang di Indonesia. Hal ini menjadikan Jurusan Pendidikan Dokter selalu menjadi salah satu program studi favorit. Tak hanya di universitas negeri, di Perguruan Tinggi Swasta pun Jurusan Pendidikan Dokter tidak pernah surut peminat.

Seiring dengan naiknya jumlah penduduk di Indonesia, kebutuhan akan tenaga kesehatan pun ikut meningkat. Mengingat hal ini, dokter, sebagai salah satu tenaga kesehatan, memiliki prospek kerja yang sangat menjanjikan. Selian itu, banyak juga orang yang memilih profesi ini karena melakukan pekerjaan mulia menolong para pasien.

Saat ini, sudah banyak universitas di Indonesia yang menawarkan program Pendidikan Dokter. Bagi kalian yang berminat menjadi dokter, ini dia 10 universitas swasta yang layak dijadikan pertimbangan. Yuk, cek!

Universitas Islam Indonesia (UII)

Program Studi Pendidikan Dokter merupakan bagian dar Fakultas Kedokteran UII. Pada program ini, mahasiswa belajar dengan menggunakan sistem PBl (Problem Based Learning) yang artinya belajar berdasar masalah. Dengan menggunakan sistem pembelajaran ini, mahasiswa akan dapat memahami materi secara lebih mendalam.

Selain itu, guna menunjang perkembangan mahasiswanya, FK UII tidak hanya melangsungkan pembelajaran di kampus. Fakultas Kedokteran UII memiliki mitra pendidikan berupa rumah sakit dan puskesmas yang tersebar di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Universitas Tarumanegara (UNTAR)

Program Pendidikan Sarjana Kedokteran (PPSK) UNTAR merupakan salah satu program Pendidikan Dokter di Indonesia yang terakreditasi A. Pada pembelajarannya sendiri, PPSK berlangsung selama 7 semester dan dibagi menjadi kedokteran dasar dan ilmu pengetahuan klinik.

PPSK merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran UNTAR. Jika berkuliah di sini, terdapat beberapa fasilitas yang didapatkan seperti laboratorium, skills lab, wahana pendidikan, dan lain-lain.

Universitas Pelita Harapan (UPH)

Jika menjadi mahasiswa kedokteran UPH, kamu akan belajar mengenai ilmu kodokteran dan kesehatan masyarakat. Kampus ini juga memfasilitasi mahasiswanya untuk berkolaborasi di berbagai institusi baik swasta maupun pemerintah. Lebih lagi, UPH memiliki satu rumah sakit terkenal yaitu Rumah Sakit Umum Siloam.

Jika kamu penasaran dengan mata kuliah yang ditawarkan program studi ini di UPH, kamu bisa cek di sini.

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Prodi S1 Sarjana Kedokteran di universitas ini dibangun guna mengembangkan pendidikan dan penelitian di bidang kedokteran serta kesehatan. Program ini menjunjung sikap Kristiani, Unggul, Profesional, dan Peduli (KUPP). Selain itu, dalam rencana ke depannya, akan didirikan Atma Jaya Center for Health Development di salah satu kampus utamanya.

Universitas Yarsi

Sesuai dengan SK LAM-PTKES No. 0434/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2018, Program Studi S1 Pendidikan Dokter, Universitas Yarsi berhasil mendapatkan akreditasi A. Hal ini membuktikan bahwa program studi ini layak untuk dijadikan pilihan bagi kamu yang tertarik menjadi dokter.

Universitas Yarsi sendiri membangun lulusan kedokterannya dengan beberapa kriteria. Diantaranya, kampus ini ingin memiliki dokter yang bertanggung jawab sosial serta berkomitmen untuk menyehatkan kehidupan masyarakat, memiliki literasi yang baik, dan mampu mengelola kesehatan di fasilitas tingkat primer.

Universitas Trisakti (Usakti)

Di Universitas Trisakti, kurikulum pendidikan tinggi dijalankan menggunakan strategi pembelajaran SPICES (Student centered, Problem based learning, Integrated, Community based learning, Elective or Early clinically exposure, dan Systematic learning). Kurikulum didesain dengan mahasiswa sebagai pusatnya.

Proses pembelajarannya sendiri cukup beragam yang terdiri dari tatap muka, diskusi kelompok tutorial dan pleno, pleno atau seminat, praktikum, pelatihan ketrampilan klinik dasar, dan tugas akhir.

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)

Prodi Kedokteran UKDW merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran. Program ini beroperasi pertama kali pada Oktober 2009 dengan akreditasi B.

Program studi ini didirikan untuk mendidik serta mempersiapkan mahasiswanya untuk melangsungkan studi selama 4 tahun, sebelum akhirnya menerima gelar Sarjana Kedokteran atau S.Ked. Aktivitas pembelajaran yang dilakukan di sini yaitu meliputi kuliah pakar, tutorial, skills lab, dan praktikum.

Universitas Katolik Widya Mandala (UKWMS)

Tujuan dibangunnya Fakultas Kedokteran UKWMS yaitu untuk menghasilkan tenaga dokter yang bertakwa kepada Tuhan YME, berbudi luhur, handal, dan profesional. Selain itu, diharapkan juga lulusannya untuk memiliki empati dedikatif yang tinggi dalam pengabdian berdasarkan kasih.

Fakultas Kedokteran UKWMS memiliki kerja sama dengan berbagai rumah sakit seperti RS Panti Nirmala Malang, RSJ Lawang, dan RS Bhayangkara. Tidak hanya itu, FK UKWMS juga bermitra dengan fakultas kedokteran universitas lainnya seperti FK Unair dan FK Udayana.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Program Pendidikan Dokter di UMY terdiri dari Program Sarjana Kedokteran dan Program Profesi Dokter. Jika ingin mendapatkan gelar ‘dokter’, mahasiswa harus menyelesaikan kedua program tersebut.

Jika berkuliah di sini, mahasiswa akan mendapatkan berbagai fasilitas guna menunjang perkuliahan serta perkembangan keilmuan. Fasilitas yang dimaksud yaitu perpustakaan, ruang kuliah, laboratorium, dan ruang CBT.

Universitas Kristen Indonesia (UKI)

Pendidikan Dokter di UKI memiliki visi untuk menjadi program studi yang unggul dan kompetitif di era global dengab berlandaskan nilai-nilai kristiani. Sedangkan misi dari program ini salah satunya yaitu dokter yang unggul dalam bidang traumatologi dan penyakit tropis. Jika kamu tertarik untuk mendalami kedua hal tersebut, UKI bisa menjadi pilihan yang tepat.

Program studi ini menggunakan kurikulum berbasis kompetensi sejak tahun 2006. Waktu kuliahnya sendiri yaitu 5,5 tahun dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

Istilah Dunia Perkuliahan – Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan saat kamu masih berstatus siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada banyak hal yang berubah mulai dari materi yang dipelajari sampai lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa baru, saat memasuki dunia...

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS – Saat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan ini sangat penting karena akan berpengaruh tidak hanya saat menjalankan kuliah, namun juga prospek kehidupan ke...

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

CPNS BPIP – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP ikut berpartisipasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021. Badan ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai untuk berbagai jabatan. Berikut ini informasi...

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

CPNS Kejaksaan Agung SMA – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan perguruan tinggi. Beberapa lembaga pemerintah juga membuka pendaftaran untuk beberapa jabatan dengan syarat pendidikan minimal SMA/sederajat. Salah satu...

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Formasi CPNS – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan segera dilaksanakan. Berdasarkan siaran pers yang telah dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar bisa melakukan pendaftaran mulai dari tanggal 30 Juni 2021. Pelaksanaan seleksi CASN...