Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

ITS merupakan salah satu PTN favorit yang ada di kota Surabaya. Program sarjana ITS menyediakan 32 pilihan program studi dari 6 bidang fakultas. Yuk, simak apa saja jurusan favorit ITS di sini!

PMB Politeknik Kelautan dan Perikanan di Lingkungan KKP Tahun 2022

oleh | Jul 14, 2022 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

PMB Politeknik Kelautan dan Perikanan – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan kesempatan kepada putra/putri WNI untuk mengikuti pendidikan vokasi pada satuan pendidikan di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Satuan pendidikan tinggi di lingkungan KKP terdiri dari 10 Politeknik dan 1 Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan yang menyelenggarakan Program Diploma IV, III, dan I.

Program D4 diselenggarakan oleh Politeknik Ahli Usaha Perikanan (Politeknik AUP). Program D3 diselenggarakan oleh Politeknik Kelautan dan Perikanan (Politeknik KP) Sidoarjo, Bitung, Sorong, Karawang, Bone, Kupang, Dumai, Pangandaran, dan Jembrana. Sedangkan, program D1 diselenggarakan oleh Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan (AK-KP) Wakatobi.

Pada tahun akademik 2022/2023, KKP memberikan kesempatan kepada anak pelaku utama untuk mengikuti pendidikan pada satuan pendidikan tinggi di lingkungan KKP sebanyak 55% dari total jumlah yang diterima. Bagi kamu yang ingin mengikuti seleksi ini, simak informasi dan ketentuannya di bawah ini.

Penerimaan peserta didik dilaksanakan melalui jalur umum dan jalur khusus. Jalur umum adalah sistem seleksi penerimaan peserta didik pada satuan pendidikan lingkup KKP bagi pendaftar yang berasal dari masyarakat umum. Sedangkan jalur khusus adalah sistem penerimaan peserta didik pada satuan pendidikan lingkup KKP bagi pendaftar yang berasal dari anak pelaku utama sektor kelautan dan perikanan (nelayan, pembudidaya ikan, pengolah ikan, petambak garam, dan pemasar perikanan).

Persyaratan Pendaftaran

Jalur Umum

  1. Putra/putri WNI.
  2. Memiliki ijazah SLTA/sederajat dengan kualifikasi kompetensi keahlian.
  3. Memiliki Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.
  4. Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 September 2022, kecuali pada AK-KP Wakatobi tidak lebih dari 25 tahun pada 1 September 2022.
  5. Belum pernah menikah, sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan dan tidak dalam keadaan hamil.
  6. Berbadan sehat jasmani dan rohani, tidak cacat fisik dan mental, tidak memiliki tato/bekas tato, tidak juling, dan tidak bertindik/bekas tindik (kecuali putri boleh bertindik bagian telinga).
  7. Berkelakuan baik dan bebas dari penyalahgunaan narkoba dengan menandatangani surat pernyataan.
  8. Tinggi badan untuk putra minimal 160 cm dan untuk putri minimal 150 cm dengan berat badan yang proporsional.
  9. Tidak berkacamata/lensa kontak pada Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan, Permesinan Perikanan, Teknik Penangkapan Ikan, Teknik Kelautan, Mekanisasi Perikanan, Perikanan Tangkap, Permesinan Kapal. Program studi lain diperbolehkan berkacamata dengan ukuran maksimal minus/plus/silinder 1,00.
  10. Tidak buta warna parsial maupun total.
  11. Bersedia mengikuti tahapan seleksi penerimaan.
  12. Bersedia tinggal di asrama sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  13. Bagi Pegawai Negeri Sipil Kementerian Kelautan dan Perikanan, persyaratan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mengikuti seluruh tahapan seleksi.

Jalur Khusus

  1. Memenuhi persyaratan sebagaimana Jalur Umum.
  2. Anak pelaku utama bidang kelautan dan perikanan yang dibuktikan dengan dokumen relevan, diantaranya yaitu: Kartu Kusuka/kartu nelayan/kartu asuransi nelayan/kartu pembudidaya/kartu anggota kelompok milik orang tua/surat keterangan dari dinas kabupaten atau kota yang membidangi kelautan dan perikanan.

Baca juga Seleksi Mandiri Polban Ketentuan, Persyaratan, dan Jadwal Pelaksanaan

Tahapan Penerimaan

Berikut tahapan penerimaan peserta didik secara online sesuai jadwal yang telah ditetapkan:

  • Pembuatan Akun
  • Pendaftaran
  • Seleksi Administrasi
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi
  • Seleksi Akademik
  • Seleksi Fisik
  • Seleksi Kesehatan
  • Seleksi Wawancara
  • Verifikasi Keabsahan Data
  • Pengumuman Hasil Seleksi Akhir

Berikut ini rincian tahapan penerimaan peserta didik pada satuan pendidikan tinggi di lingkungan KKP:

Pembuatan Akun

  1. Pendaftar wajib memahami seluruh persyaratan, ketentuan, dan tahapan penerimaan peserta didik.
  2. Pembuatan akun dilakukan melalui laman www.pentaru.kkp.go.id. Pendaftar membuat akun dengan cara mengisi formulir data diri dan akan mendapatkan pilihan untuk melanjutkan ke tahap pendaftaran. Bila bersedia melanjutkan pendaftaran maka akan memperoleh username, password, dan kode pembayaran biaya pendaftaran yang dapat dilihat di dashboard/beranda pendaftar. Kode pembayaran berupa 16 digit virtual account, untuk itu pendaftar wajib mengisi email aktif dan nomor telepon yang dapat menerima pesan melalui whatsapp.

Pendaftaran

  1. Pendaftar yang akan melanjutkan proses pendaftaran wajib membayar biaya pendaftaran.
  • Program Diploma 3 dan 4 (Politeknik) sebesar Rp25.000.
  • Program Diploma 1 (Akademik Komunitas KP) sebesar Rp20.000.

2. Panduan pembayaran biaya pendaftaran dapat diunduh pada laman www.pentaru.kkp.go.id/2022/panduan, selanjutnya pendaftar wajib menyimpan bukti transaksi.

3. Pendaftar yang telah membayar biaya pendaftaran dapat login pada website untuk mengunggah bukti pembayaran dan melengkapi isian formulir pendaftaran dengan data diri yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan.

4. Isian data akan diverifikasi secara otomatis berdasarkan kesesuaian usia pendaftar, kondisi mata, pemilihan program studi berdasarkan jenis kelamin, dan pemilihan program studi berdasarkan kualifikasi kompetensi keahlian (asal SMA/SMK).

5. Pendaftar yang berhasil lolos verifikasi akan mendapatkan pilihan untuk melanjutkan ke tahap seleksi. Pendaftar yang bersedia melanjutkan ke tahapan seleksi akan mendapatkan kode pembayaran biaya seleksi berupa 16 digit virtual account, selanjutnya pendaftar melakukan pembayaran biaya seleksi dan menyimpan bukti transaksi. Biaya seleksi sebesar Rp65.000.

Seleksi Administrasi

  1. Peserta yang telah membayar biaya seleksi wajib mengunggah bukti pembayaran biaya seleksi beserta dokumen seleksi administrasi.
  2. Dokumen seleksi administrasi yang telah diunggah akan diverifikasi oleh panitia. Hasil verifikasi dokumen seleksi administrasi akan diinformasikan melalui whatsapp dan email yang digunakan pada saat pendaftaran dengan ketentuan:
  • Jika dokumen memenuhi persyaratan, maka peserta akan memperoleh nomor seleksi dan pemberitahuan bahwa peserta lulus seleksi administrasi pada dashboard peserta dan atau melalui whatsapp, serta dapat mencetak kartu peserta seleksi.
  • Jika dokumen belum memenuhi persyaratan, peserta akan memperoleh pemberitahuan bahwa peserta belum lulus seleksi administrasi. Peserta diberikan 1 kali kesempatan untuk memperbaiki/melengkapi dokumen persyaratan. Selanjutnya, panitia seleksi penerimaan akan memverifikasi kembali dokumen perbaikan, hasil verifikasi akan diinformasikan kembali kepada peserta bahwa peserta lulus atau tidak lulus seleksi administrasi.
  • Hasil seleksi administrasi dapat dilihat juga pada dashboard peserta dengan cara mengakses www.pentaru.kkp.go.id/2022/login.

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi

  1. Penilaian hasil seleksi administrasi ditentukan berdasarkan kesesuaian persyaratan pendaftaran, isian data, dan dokumen yang diunggah peserta.
  2. Panitia akan mengumumkan hasil seleksi administrasi melalui website.
  3. Hasil seleksi administrasi bersifat gugur, sehingga peserta yang tidak lulus seleksi administrasi tidak dapat melanjutkan tahap berikutnya, adapun peserta yang lulus seleksi administrasi dapat mengakses website untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
  4. Pada saat pengumuman hasil seleksi administrasi akan diinformasikan tempat, ketentuan, dan teknis pelaksanaan seleksi akademik untuk jalur umum, seleksi fisik, seleksi kesehatan, dan seleksi wawancara.

Seleksi Akademik

  1. Seleksi akademik meliputi pengisian data nilai rapor secara mandiri pada website www.pentaru.kkp.go.id dan tes akademik (tulis atau CBT).
  2. Seleksi Akademik Jalur Khusus dilaksanakan dengan cara pengisian data akademik secara mandiri meliputi pengisian nilai rapor mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris dari semester 1 s.d 5.
  3. Seleksi Akademik Jalur Umum dilaksanakan dengan:
  • Pengisian data akademik secara mandiri meliputi pengisian nilai rapor mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris dari semester 1 s.d 5.
  • Tes akademik (tulis atau CBT), prosedur teknis akan diinformasikan lebih lanjut pada saat pengumuman hasil seleksi administrasi.
  • Peserta tidak dikenakan biaya seleksi akademik.

Seleksi Fisik, Kesehatan, dan Wawancara

  1. Peserta seleksi wajib mengikuti Seleksi Fisik, Kesehatan, dan Wawancara.
  2. Tempat, ketentuan, dan panduan pelaksanaan seleksi akan disampaikan bersamaan dengan pengumuman hasil seleksi administrasi.
  3. Peserta seleksi tidak dikenakan biaya seleksi fisik dan wawancara, adapun biaya pemeriksaan kesehatan ditanggung oleh peserta seleksi yang akan diinformasikan pada saat pengumuman hasil seleksi administrasi.
  4. Hasil seleksi akan dikompilasi dengan hasil seluruh tahapan seleksi.

Pengumuman Hasil Akhir Seleksi

  1. Panitia akan melakukan kompilasi nilai hasil seluruh seleksi peserta, selanjutnya hasil seleksi akhir akan diumumkan pada website www.pentaru.kkp.go.id.
  2. Peserta yang dinyatakan lulus wajib melakukan daftar ulang.
  3. Tempat dan metode daftar ulang akan diinformasikan pada saat pengumuman hasil akhir seleksi.

Satuan Pendidikan Tinggi di Lingkungan KKP

  1. Politeknik AUP/STP Jakarta (Program Diploma IV)
  • Program Studi Permesinan Perikanan (MP)
  • Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH)
  • Program Studi Teknologi Akuakultur (TAK)
  • Program Studi Teknologi Pengelolaan Sumber Daya Perairan (TPS)
  • Program Studi Penyuluhan Perikanan (PP)
  • Program Studi Teknologi Akuakultur (TAK) di Lampung
  • Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan (TPI) di Pariaman
  • Program Studi Permesinan Perikanan (MP) di Pariaman

2. Politeknik KP Bitung (Program Diploma III)

  • Program Studi Teknik Penangkapan Ikan (TPI)
  • Program Studi Mekanisasi Perikanan (MP)
  • Program Studi Teknik Pengolahan Produk Perikanan (TPPP)

3. Politeknik KP Sorong (Program Diploma III)

  • Program Studi Teknik Penangkapan Ikan (TPI)
  • Program Studi Mekanisasi Perikanan (MP)
  • Program Studi Teknik Budidaya Perikanan (TBP)
  • Program Studi Teknik Penangkapan Ikan (TPI) Di Maluku
  • Program Studi Mekanisasi Perikanan (MP) Di Maluku
  • Program Studi Teknik Budidaya Perikanan (TBP) Di Maluku

4. Politeknik KP Karawang (Program Diploma III)

  • Program Studi Teknik Penangkapan Ikan (TPI)
  • Program Studi Teknik Pengolahan Produk Perikanan (TPPP)
  • Program Studi Teknik Kelautan (TKL)
  • Program Studi Budidaya Ikan (BDI)
  • Program Studi Teknik Penangkapan Ikan (TPI) di Aceh
  • Program Studi Budidaya Ikan (BDI) di Aceh

5. Politeknik KP Bone (Program Diploma III)

  • Program Studi Teknik Penangkapan Ikan (TPI)
  • Program Studi Teknik Budidaya Perikanan (TBP)
  • Program Studi Teknik Kelautan (TKL)

6. Politeknik KP Kupang (Program Diploma III)

  • Program Studi Teknik Penangkapan Ikan (TPI)
  • Program Studi Mekanisasi Perikanan (MP)
  • Program Studi Teknik Budidaya Perikanan (TBP)

7. Politeknik KP Dumai (Program Diploma III)

  • Program Studi Perikanan Tangkap (PTK)
  • Program Studi Permesinan Kapal (PMK)
  • Program Studi Pengolahan Hasil Laut (PHL)

8. Politeknik KP Pangandaran (Program Diploma III)

  • Program Studi Teknik Kelautan (TKL)
  • Program Studi Budidaya Ikan (BDI)
  • Program Studi Pengolahan Hasil Laut (PHL)
  • Program Studi Budidaya Ikan (BDI) di Tegal
  • Program Studi Pengolahan Hasil Laut (PHL) di Tegal

9. Politeknik KP Jembrana (Program Diploma III)

  • Program Studi Perikanan Tangkap (PTK)
  • Program Studi Budidaya Ikan (BDI)
  • Program Studi Pengolahan Hasil Laut (PHL)

10. Akademi Komunitas KP Wakatobi (Program Diploma I)

  • Program Studi Konservasi (KSV)
  • Program Studi Ekowisata Bahari (EWB)

Jadwal Pelaksanaan

  • Pendaftaran secara online, seleksi administrasi (unggah dokumen seleksi administrasi): 9 Mei-28 Juli 2022
  • Verifikasi dokumen seleksi administrasi oleh Panitia: 10 Mei-28 Juli 2022
  • Pengumuman hasil seleksi administrasi: 1 Agustus 2022
  • Seleksi akademik untuk jalur umum dan khusus (unggah rapor pada website): 1-12 Agustus 2022
  • Seleksi akademik (jalur umum), fisik, kesehatan, dan wawancara: 8-12 Agustus 2022
  • Rekapitulasi dan verifikasi keabsahan data: 15-19 Agustus 2022
  • Pengumuman hasil seleksi: 25 Agustus 2022
  • Daftar ulang: 26 Agustus-5 September 2022

Semoga artikel PMB Politeknik Kelautan dan Perikanan di Lingkungan KKP Tahun 2022 di atas bisa kamu jadikan referensi bagi yang ingin mendaftar dan mengikuti seleksi jalur ini.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Jurusan Akuntansi menjadi salah satu program studi yang populer di rumpun ilmu ekonomi. Hampir semua perguruan tinggi ternama membuka jurusan ini. Yuk, simak di sini daftar kampus yang membuka jurusan ini!

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

ITS merupakan salah satu kampus yang favorit dan ternama di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di ITS, ada 4 jalur masuk yang dibuka. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan pilihan jurusan Soshum yang banyak diambil mahasiswa. Kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Manajemen? Yuk, simak beberapa PTN yang membuka jurusan Manajemen di sini!