Sipencatar Poltekpel Sumatera Barat Jalur Mandiri Gelombang II Tahun 2022

oleh | Jun 25, 2022 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Poltekpel Sumatera Barat Jalur Mandiri – Sekolah kedinasan dalam naungan Kemenhub kembali membuka penerimaan taruna baru melalui jalur Mandiri. Salah satu sekolah kedinasan yang ikut dalam penerimaan ini yaitu Poltekpel Sumatera Barat. Sekolah kedinasan ini membuka penerimaan taruna baru melalui jalur Mandiri gelombang 2 dengan tiga program studi.

Sekolah kedinasan ini mengundang para lulusan SMA/SMK/MA/sederajat untuk dididik menjadi perwira transportasi laut. Pendaftaran jalur ini dibuka tanggal 10 Juni sampai 10 Juli 2022. Perlu diingat, calon taruna/i hanya berhak memilih satu prodi yang ditawarkan. Calon taruna/i dapat memilih prodi yang ditawarkan tanpa dibatasi domisili asal.

Simak ketentuan dan informasi lengkapnya berikut ini.

Program Studi dan Persyaratan Ijazah Kelulusan/Jurusan

Persyaratan Pendaftaran

1. WNI.

2. Usia maksimal 23 tahun dan minimal 16 tahun pada 1 September 2022.

3. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) Calon Taruna/Taruni Non Reguler Mandiri:

a. Untuk lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 7,0 (skala penilaian 1-10) /70.00 (skala penilaian 10-100) /2,8 (skala penilaian 1-4).

b. Untuk lulusan tahun 2022 memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 2 semester (semester genap kelas XI serta semester gasal kelas XII) 70.00 (skala penilaian 10-100) dengan ketetntuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan dinyatakan lulus dengan menunjukan Ijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas/Sederajat.

c. Untuk lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, jika nilai rata-rata ijazah menggunakan skala penilaian 1-10 atau skala penilaian 1-4 diwajibkan untuk mengkonversi nilai tersebut menjadi skala penilaian 10-100 dengan melampirkan surat keterangan dari Sekolah Asal yang ditandatangani Kepala Sekolah.

d. Bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing melampirkan surat penyertaan / persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

4. Tinggi badan minimal pria 160 cm dan wanita 155 cm.

5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS serta bebas narkoba.

6. Calon taruna tidak bertato/bekas tato dan tidak di tindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat (dibuktikan dengan surat keterangan dari pemuka agama/adat).

7. Calon taruni tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/ bekas tindik anggota badan lainnya selain telingga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 pasang (telinga kiri dan kanan), kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat (dibuktikan dengan surat keterangan dari pemuka agama/adat).

8. Ketajaman penglihatan normal dan tidak ada kelainan buta warna baik parsial maupun total dengan melampirkan surat pernyataan tidak buta warna pada saat pendaftaran.

9. Tidak sedang menjalani dan terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan.

10. Belum pernah diberhentikan dengan tidak hormat dan/atau mengundurkan diri sebagai taruna/taruni perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan.

11. Bersedia diberhentikan dengan tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal antara lain mengkonsumsi dan atau memperjual belikan narkoba, melakukan tindak kekerasan (perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, perundungan, dll), melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual.

12. Dinyatakan gugur apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen.

13. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sesuai perguruan tinggi yang dituju.

14. Bersedia menandatangani formular pernyataan calon Taruna/Taruni SIPENCATAR Kementerian Perhubungan Tahun 2022 (Bermeterai 10.000 rupiah).

15. Membawa surat keterangan belum menikah yang di tanda tangani oleh lurah (kepala desa) pada saat pelakasanaan Tes Potensi Akademik.

16. Memliki e-mail dan nomor telepon yang masih aktif dan valid untuk sarana penyampaian perkembangan informasi proses seleksi (disarankan menggunakan gmail).

Baca juga Seleksi Sipencatar Poltekpel Surabaya Jalur Non Reguler (Mandiri) Gelombang 2

Tata Cara Pendaftaran

1. Calon taruna/i wajib melakukan registrasi (login) Pendaftaran melalui http://sipencatar.poltekpelsumbar.ac.id dibuka pada tanggal 10 Juni 2022 pukul 09.00 WIB.

2. Calon Taruna/i wajib melengkapi data diri pada formular yang telah disediakan.

3. Calon Taruna/i melakukan pembayaran setelah mendapatkan notifikasi melalui e-mail yang telah didaftarkan sebelumnya dan mengunggah bukti pembayaran.

4. Calon Taruna/i mengisi data pada formulir yang tersedia dan mengunggah dokumen pendukung dalam bentuk softcopy, terdiri atas:

  • Pas Foto terbaru dengan berlatar belakang merah, menghadap kedepan ukuran 4 x 6 cm (ukuran 400 x 600 pixel dengan besaran min 100 kB dan maks 500 kB, format jpg).
  • KTP dan KK Calon Taruna/i yang berusia di atas 17 tahun, bagi yang belum memiliki KTP menggunakan Surat Keterangan Kependudukkan/resi permintaan KTP. Khusus Calon Taruna/i yang berusia di bawah 17 tahun menggunakan KK (format file JPG 100 – 500 kB).
  • Ijazah SMA/sederajat (format file JPEG/JPG/PNG maks 2000 kB) bagi calon peserta yang sudah dinyatakan lulus atau rapor SMA sederajat dari semester 4-5.
  • Tanda bukti pembayaran pendaftaran online dengan menyertakan nama dan NIK pada kolom berita/keterangan format JPG maksimal 500 KB.
  • Surat Pernyataan taruna/i bermaterai 10.000, Surat Pernyataan Mutlak Menyetujui Hasil SIPENCATAR bemeterai 10.000 rupiah, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Tidak Buta Warna bermeterai 10.000 rupiah. Format PDF ukuran Maks 2000 KB dapat di unduh di http://sipencatar.poltekpelsumbar.ac.id.
  • Batas akhir unggah berkas pendaftaran tanggal 30 juni 2022 pukul 23.59 WIB.

Tahapan, Jenis, Dan Biaya Seleksi

  • Setiap tahapan seleksi tidak menggunakan sistem gugur.
  • Biaya seleksi setiap tahapan menjadi tanggungan calon taruna/i.
  • Tata cara pembayaran seleksi melalui kode billing/virtual account setelah dokumen diverifikasi oleh panitia.
  • Pendaftaran dari jalur Polbit yang lulus verifikasi sertifikat kelulusan SKD tidak dibebankan biaya TPA.

Jadwal Seleksi

Catat  Sipencatar Poltekpel Sumatera Barat Jalur Mandiri Gelombang II Tahun 2022 di atas jika kamu ingin menjadi taruna di sekolah kedinasan ini. Jangan lupa untuk segera mendaftar ke laman SIPENCATAR.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Jurusan Akuntansi menjadi salah satu program studi yang populer di rumpun ilmu ekonomi. Hampir semua perguruan tinggi ternama membuka jurusan ini. Yuk, simak di sini daftar kampus yang membuka jurusan ini!

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

ITS merupakan salah satu kampus yang favorit dan ternama di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di ITS, ada 4 jalur masuk yang dibuka. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan pilihan jurusan Soshum yang banyak diambil mahasiswa. Kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Manajemen? Yuk, simak beberapa PTN yang membuka jurusan Manajemen di sini!

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

ITS merupakan salah satu PTN favorit yang ada di kota Surabaya. Program sarjana ITS menyediakan 32 pilihan program studi dari 6 bidang fakultas. Yuk, simak apa saja jurusan favorit ITS di sini!