Yuk, Cari Tahu! Tahapan Seleksi Mahasiswa Baru PKN STAN

oleh | Jul 13, 2021 | Blog, PKN STAN | 0 Komentar

Tahapan Seleksi PKN STAN – Politeknik Keuangan Negara atau PKN STAN merupakan salah satu sekolah kedinasan yang paling banyak diincar oleh masyarakat Indonesia. Perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan ini selalu ramai diserbu pelamar setiap kali membuka pendaftaran.

Pada penerimaan tahun 2021 sendiri, PKN STAN berhasil mendapat pendaftar terbanyak di antara semua sekolah kedinasan yang membuka seleksi. Sebanyak 41.982 pelamar memilih perguruan tinggi ini untuk melanjutkan pendidikannya.

Apakah kamu tertarik untuk menjadi mahasiswa di PKN STAN? Apabila lolos seleksi, kamu akan menjadi mahasiswa ikatan dinas dan akan diangkat menjadi calon Aparatur Sipil Negara. Sebelum memutuskan untuk mendaftar, kamu perlu mengetahui tahapan seleksi PKN STAN terlebih dahulu. Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Seleksi Administrasi

Saat mendaftarkan diri, kamu akan diminta untuk mengunggah beberapa berkas. Dokumen tersebut merupakan syarat administrasi yang harus dipenuhi oleh peserta. Apabila kamu tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka akan dinyatakan gugur.

Berkas administrasi tersebut digunakan sebagai bukti bahwa peserta memenuhi persyaratan yang diajukan. Beberapa dokumen yang harus diunggah untuk mengikuti seleksi PKN STAN yaitu seperti Ijazah, Identitas, Akta Kelahiran, Skor UTBK, dan lain-lain.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Setelah seleksi administrasi, tahapan seleksi berikutnya yang harus diikuti oleh pelamar PKN STAN adalah Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD. Peserta yang bisa mengikuti tahapan ini merupakan pelamar yang lolos seleksi administrasi dan telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran.

Tahapan SKD dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test atau CAT. Pelaksanaannya sendiri dilakukan bersama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Ada tiga materi yang akan diujikan dalam tahapan ini yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Peserta bisa dinyatakan lolos SKD jika memenuhi nilai batas minimal atau passing grade yang telah ditentukan. Selain itu, peserta juga harus berada pada peringkat yang sesuai dengan jumlah peserta untuk Seleksi Lanjutan I. Jumlahnya sendiri ditentukan oleh panitia.

Baca juga Berapa Jumlah Soal SKD Kedinasan di Seleksi Tahun 2021?

Seleksi Lanjutan I

Bagi peserta yang dinyatakan lolos SKD, maka akan melanjutkan ke tahapan selanjutnya yaitu Seleksi Lanjutan I. Ada beberapa tes yang dilakukan pada tahapan ini yaitu sebagai berikut.

Tes Kesehatan

Tes pertama yang harus dihadapi peserta dalam Seleksi Lanjutan I adalah tes kesehatan. Pada tahapan ini, peserta akan diperiksa kesehatannya oleh tim seleksi atau panitia. Pemeriksaannya sendiri meliputi tinggi badan, berat badan, tekanan darah, visus mata, dan lainnya.

Tes Kebugaran

Setelah mengikuti tes kesehatan, peserta diharuskan untuk mengikuti tes kebugaran. Meskipun PKN STAN bukan sebuah sekolah kedinasan semi militer, tes kebugaran tetap dilakukan dan harus diikuti oleh semua peserta. Beberapa tes yang harus dilakukan yaitu shuttle run, pull up/chinning, push up, sit up, dan lain-lain.

Tes Psikologi

Tes terakhir dalam rangkaian Seleksi Lanjutan I yaitu Tes Psikologi. Tes ini dilakukan untuk melihat kondisi psikologis peserta. Pelaksanaannya sendiri dilakukan dengan menggunakan Computer Based Test.

Seleksi Lanjutan II

Peserta yang dinyatakan lolos Seleksi Lanjutan I, akan melanjutkan ke tahapan seleksi PKN STAN berikutnya yaitu Seleksi Lanjutan II. Tes ini merupakan tahapan final yang akan menentukan kelolosan peserta. Tes yang dilakukan yaitu wawancara.

Tes Wawancara

Pada tahun 2021, wawancara calon peserta didik PKN STAN dilakukan dengan semi online. Peserta diharuskan untuk melakukan wawancara di tempat yang telah ditentukan oleh panitia. Lalu, pelaksanaan wawancaranya sendiri akan dilakukan secara online dengan menggunakan video conference.

Peserta yang lolos semua tahapan seleksi mahasiswa baru PKN STAN ditentukan berdasarkan nilai yang diperoleh dan juga kuota penerimaan. Bagi kamu yang ingin menjadi mahasiswa PKN STAN, jangan lupa untuk mulai mempersiapkan diri dari sekarang karena seleksi sekolah kedinasan cukup ketat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Jurusan PGSD!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Jurusan PGSD!

Jurusan PGSD – Ada banyak jurusan kuliah yang tersedia di Indonesia dengan fokus pendidikan yang berbeda-beda. Fokus yang bermacam-macam ini disesuaikan dengan kebutuhan lulusannya sebagai tenaga ahli. Salah satu fokus ilmu yang ada di dunia perkuliahan yaitu...

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...