5 Rekomendasi Jurusan Teknik untuk Anak IPS

oleh | Jan 22, 2024 | Blog, Jurusan Kuliah, Prospek Kerja | 0 Komentar

Jurusan Teknik untuk Anak IPS – Lulusan jurusan IPS dari Sekolah Menengah Atas seringkali merasa terbatas saat akan melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Bahkan rata-rata sekolah kedinasan tidak menerima lulusan jurusan IPS. Begitu juga dengan jurusan-jurusan tertentu di PTN maupun PTS.

Tapi masih banyak juga jurusan yang menerima lulusan jurusan IPS, salah satunya di rumpun jurusan teknik. Jurusan teknik bisa dibilang lebih unggul karena memiliki prospek karir yang luas dan berpotensi dapat gaji yang besar. Kira-kira jurusan teknik apa saja yang cocok untuk anak IPS?

Rekomendasi Jurusan Teknik untuk Anak IPS

Jurusan IPS akan cenderung mempelajari seputar ilmu sosial dan ekonomi. Maka dari itu kami berikan rekomendasi jurusan kuliah yang masih relevan serta memiliki prospek kerja yang bagus setelah lulus nanti.

1.    Teknik Sipil

Teknik Sipil merupakan jurusan yang mengajarkan mahasiswanya untuk merancang, membangun dan merenovasi bangunan dan infrastruktur lainnya. Teknik sipil ini akan merealisasikan rancangan dari arsitektur yang sudah menyusun desain dan memperkirakan anggaran. Beberapa mata kuliah di teknik sipil juga masih dalam lingkup IPS seperti ilmu lingkungan, ekonomi teknik, sampai dengan mekanika tanah.

Baca juga: Ini 6 Manfaat Jadi Pengurus Osis, Bisa Masuk PTN Tanpa Tes!

2.    Teknik Industri

Mata pelajaran seperti Matematika, Sosiologi, Ekonomi, dan Akuntansi diajarkan dalam kurikulum Teknik Industri, dan anak-anak lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan latar belakang jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki dasar yang cukup untuk mengikuti perkuliahan di bidang ini asalkan memiliki pemahaman dasar dalam matematika dan ilmu sosial.

Lulusannya nanti  bisa bekerja di bidang pertambangan, perbankan, periklanan, otomotif bahkan di bidang kesehatan. Jadi masih akan relevan serta memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

3.    Perencanaan Wilayah dan Kota

Jurusan perencanaan wilayah dan kota ini akan mencakup ilmu geografi, sosiologi, matematika dan ekonomi yang pasti sangat relevan dengan kamu yang berjurusan IPS. Kamu akan diajarkan untuk menentukan tata letak kota dan memprediksi dampak sosial.

Prospek kerja lulusan perencanaan wilayah dan kota bisa dibilang cukup bagus, bahkan berpotensi untuk menjadi ASN dan bekerja di pemerintahan. Untuk potensi gajinya juga bisa dapat di angka yang cukup tinggi, lho!

4.    Teknik Informatika

Meskipun lulusan jurusan IPS cenderung tidak ada relevansi di bidang teknologi, tapi kamu yang berasal dari jurusan IPS masih sangat berpeluang masuk jurusan TI. Banyak yang sudah berhasil lolos dan berhasil survive dengan mempelajari programming yang memang membutuhkan latihan. Jadi dalam menjalani perkuliannya, baik dari jurusan IPA maupun IPS cenderung akan memulai lagi dari awal.

5.    Arsitektur

Latar belakang IPS yang pasti mempelajari matematika dan geografi bisa menjadi bekal karena jurusan arsitektur akan sering dihadapkan dengan perhitungan dan juga mempelajari seni bangunan dari berbagai zaman. Maka dari itu secara kognitif tidak akan terlalu bertolak belakang.

Hanya saja pasti kamu akan menemukan banyak kendala karena ini merupakan cabang ilmu baru yang kamu pelajari. Namun lambat laun pasti akan terlewati. Prospek kerja seorang arsitektur ini sangat menjanjikan, lho. Bahkan tidak jarang yang bisa dapat proyek di luar negeri. Tentu bayarannya juga tidak usah diragukan lagi.

Jadi untuk kamu yang berasal dari jurusan IPS, jangan takut untuk memilih jurusan teknik yang rata-rata memiliki prospek kerja yang bagus nantinya. Kamu bisa memilih 5 jurusan di atas, dan silahkan pilih yang paling sesuai dengan keinginan kamu. Semoga sukses!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.