6 Solusi Beda Pilihan Jurusan Kuliah dengan Orang Tua

oleh | Jan 30, 2024 | Blog, Jurusan Kuliah, PTN, PTS, Tips | 0 Komentar

Beda Pilihan Jurusan Kuliah – Dalam memilih jurusan kuliah, tidak sedikit orang tua yang memutuskan menentukan pilihan jurusan kuliah untuk anaknya tanpa memberikan kesempatan anak untuk memilih apa yang mereka mau. Padahal ini bisa beresiko buruk karena biasanya anak akan kesulitan untuk menerima ilmunya karena tidak sesuai dengan yang mereka mau/kuasai.

Maka dari itu penting sekali untuk mengedukasi diri dengan mulai menentukan pilihan sejak sebelum kelulusan. Kamu juga bisa mencoba mengenali diri untuk menentukan apa yang kamu mau karena kamu pasti bisa lebih semangat untuk menjalaninya. Nah, bagaimana kira-kira solusinya kalau orang tua kamu berbeda pilihan denganmu?

Solusi Beda Pilihan Jurusan Kuliah

Beberapa orang tua merasa memiliki kendali atas hidup anak-anaknya. Maka dari itu mereka tidak memberikan kesempatan untuk anaknya memilih pilihannya sendiri. Bagaimana solusinya?

1.    Dengarkan dan Pertimbangkan Terlebih Dahulu

Langkah pertama, cobalah untuk mendengarkan dulu apa yang mereka mau. Dengarkan alasan mereka, karena pastinya mereka sudah memiliki pandangan yang jauh untuk kebaikan kamu nantinya. Setelah itu jangan kamu tolak mentah-mentah. Kamu bisa mempertimbangkan terlebih dahulu, apakah kira-kira kamu mampu? Apakah prospeknya bagus? Cobalah juga untuk membandingkan dengan pilihanmu, kira-kira mana yang lebih baik?

Baca juga: Mengenal Sejarah Singkat dan Daftar Prodi Universitas Sriwijaya

2.    Cari Referensi Sebanyak-banyaknya

Kalau kamu tetap kekeh ingin mempertahankan jurusan kuliah pilihan kamu, kamu bisa cari referensi sebanyak-banyaknya baik dari internet maupun para mahasiswa/alumni jurusan pilihan kamu. Cari argumen yang bisa memperkuat alasan kamu mau mempertahankan. Contoh biasanya yang paling dipertimbangkan orang tua adalah masa depan karir.

Namun pastikan kamu tetap mengontrol nada bicaramu supaya tidak mempericuh keadaan. Jadi bukan debat yang menggunakan amarah. Dengan begitu orang tua kamu lebih bisa mempertimbangkan pendapatmu.

3.    Cari Waktu yang Tepat untuk Mengungkapkan

Saat mau mengungkapkan apa yang sebenarnya kamu mau, cobalah untuk melihat-lihat kondisi. Pastikan orang tuamu juga sedang dalam kondisi santai dan tidak sedang memikirkan banyak masalah. Dengan begitu kamu bisa bertukar pikiran dengan kondisi kepala dingin.

4.    Beri Pengertian

Dengan nada bicara yang tenang, kamu bisa mencoba memberikan pengertian. Karena perkuliahan ini nantinya juga kamu yang akan menjalani, dan setidaknya kamu harus sudah bisa mengukur kemampuan kamu. Jadi cobalah untuk komunikasikan dengan orang tua, bahwa kalau tetap dipaksa menjalani apa yang tidak disukai/diminati bisa jadi malah kamu akan kesusahan untuk mengikuti perkuliahannya nanti.

Resiko ini akan membuat kamu stuck atau susah berkembang dan tidak memahami materi dengan baik, lho. Alhasil perkuliahan yang dilakukan juga akan percuma. Resikonya nilai kamu tidak akan maksimal, bahkan ada resiko merusak mental.

5.    Buktikan Kamu Mampu Bertanggung Jawab Atas Pilihanmu

Terkadang orang tua tidak merestui pilihan kamu karena alasan-alasan tertentu. Contohnya kamu yang ingin masuk kepolisian, tapi orang tuamu lebih menyarankan kamu masuk Perguruan Tinggi Negeri saja. Pastinya orang tua punya alasan, dan yang paling sering biasanya karena orang tua tidak ingin anaknya kenapa-kenapa nanti.

Mereka memiliki pandangan ketika dalam berkarir nanti karena Polisi akan berhadapan langsung dengan resiko-resiko yang berat, jadi mereka khawatir. Ini juga berlaku untuk pilihan jurusan lain. Jadi cobalah untuk mengetahui alasan mereka terlebih dahulu, kemudian kamu bisa jelaskan bahwa kamu akan mampu melewati segala resiko dengan baik.

6.    Coba Win Win Solution (Jalan Tengah)

Kalau orang tua kamu tetap tidak mau memberi kesempatan kamu memilih jurusan yang kamu mau, kamu bisa sedikit menurunkan ego kamu. Tapi bukan berarti kamu juga mengalah pada pilihan kamu, melainkan memberikan solusi jalan tengah dengan mencoba peruntungan 50:50.

Karena biasanya saat mendaftar di PTN, kamu akan diberikan opsi beberapa jurusan pilihan. Kamu bisa tetap menuliskan jurusan pilihan kamu, dan jurusan pilihan orang tuamu di opsi kedua atau sebaliknya. Dengan begitu, biarkan akademika kampus yang menentukan kamu lebiih layak masuk ke jurusan mana.

Kamu bisa coba 6 solusi ini untuk mendiskusikan pilihan kamu dengan orang tua. Pastikan untuk tetap berhati-hati dalam mengolah kata, supaya orang tuamu tidak tersinggung. Demikianlah informasi seputar solusi beda pilihan jurusan kuliah dengan orang tua. Semoga sukses!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.