Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Sarjana Filsafat Bisa Jadi Apa? Berikut 7 Prospek Kerjanya!

oleh | Jun 10, 2022 | Blog, Jurusan Kuliah, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek kerja filsafat – Filsafat dikenal sebagai induk dari segala ilmu yang dipelajari di dunia. Bagaimana tidak, seseorang yang mendalami ilmu filsafat akan terus dilatih kemampuan berpikirnya dalam menanggapi berbagai hal yang terjadi di dunia dari yang paling mendasar. Mulai dari tujuan hidup manusia hingga hal saintifik dan keagamaan. Tak heran, banyak filsuf yang juga menjadi ahli di berbagai bidang seperti matematika, musik, metafisika, agama, politik, kosmologi dan lainnya. 

Karena memang, filsafat pondasi untuk pemahaman setiap bidang ilmu yang seharusnya tidak hanya dipahami secara pragmatis atau praktis. Dengan bekal kemampuan berpikir kritis dan logis tadi, banyak sekali peluang atau prospek kerja yang terbuka untuk seorang lulusan filsafat. Berikut beberapa di antaranya, yuk simak!

Penulis

Berbekal kemampuan untuk berpikir kritis dan logis, lulusan filsafat memiliki kemampuan untuk menjabarkan pemikirannya salah satunya melalui tulisan. Banyak ide-ide atau topik menulis yang muncul dari proses berpikir mendalam seperti yang biasa dilakukan oleh mahasiswa filsafat. Ide tersebut dapat dituangkan menjadi sebuah buku, novel hingga artikel populer di berbagai media massa.

Profesi penulis tentunya menjadi profesi yang sangat cocok untuk menyalurkan isi pikiran tersebut. Selain penulis buku, banyak juga pilihan lainnya seperti menjadi content writer, script writer, copywriter hingga UX writer yang populer belakangan ini. Sebelum terjun secara profesional, pengalaman menulis ini bisa dikumpulkan sejak menjadi mahasiswa dengan banyak mengeksekusi ide yang muncul menjadi tulisan-tulisan yang nantinya dapat dijadikan portofolio. 

Staf pemasaran/marketing

Bidang pemasaran atau marketing merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk seorang lulusan filsafat. Bidang ini membutuhkan kemampuan berpikir kreatif dan inovatif untuk menganalisa peluang dan nilai jual  dari produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Selain itu, kemampuan berpikir kritis dan logis juga akan sangat membantu dalam hal meriset pasar atau konsumen sebagai target market perusahaan. 

Baca juga: Mengenal Apa Itu Jurusan Filsafat, Ibu Dari Berbagai Ilmu

Konsultan 

Terbiasa menghadapi masalah atau mencari permasalahan? Skill dari seorang lulusan filsafat ini akan dibutuhkan untuk menjadi seorang konsultan. Seorang konsultan dengan latar belakang filsafat diharapkan dapat memberikan saran untuk berbagai masalah dan ide dari berbagai sudut pandang. Konsultasi dapat diberikan mulai dari bidang keuangan, pemasaran hingga rekrutmen pegawai. 

Jurnalis

Menanggapi berbagai isu di sekitar mungkin sudah menjadi hal biasa bagi seorang sarjana filsafat. Oleh karena itu, profesi jurnalis akan sangat cocok untuk ditekuni, nih. Kemampuan ini akan dibutuhkan untuk dapat menggali dan menyajikan informasi yang terjadi di lapangan dari berbagai sudut pandang untuk menjadi sebuah berita yang informatif. Dengan berbagai peristiwa yang akan diamati setiap harinya, menjadi jurnalis akan selalu memberikan bahan bakar bagi seorang yang dekat dengan ilmu filsafat untuk dapat terus mengasah kemampuan berpikirnya. 

Tenaga pendidik

Sebagai pondasi dari semua bidang keilmuan, filsafat juga memberikan kesempatan untuk dapat berkarir sebagai tenaga pendidik seperti guru ataupun dosen. Keilmuan yang dipelajari dapat disalurkan kepada siswa atau mahasiswa dengan pendekatan yang lebih logis dalam memahami suatu ilmu. Kamu yang senang berbagi dan mengajar bisa memilih pilihan ini untuk berkarir ke depannya. 

Tokoh agama

Saat kuliah, mahasiswa filsafat banyak mendapatkan materi kuliah berkaitan dengan filsafat agama. Kajian-kajian mengenai keagamaan dan ketuhanan bisa jadi bekal kamu untuk menjadi tokoh agama. Tentu kamu haruslah senantiasa menyebarkan pesan-pesan kebaikan nantinya. Walaupun mungkin kebanyakan tokoh agama tidak berorientasi pada hal materil, namun profesi ini juga memungkinkan kamu untuk dapat pemasukan nantinya.

Analis kebijakan publik

Kebijakan publik merupakan bidang yang memerlukan kemampuan analisis yang kuat untuk menanggapi berbagai peristiwa dan menghasilkan keputusan atau pengaturan terhadap hal tersebut. Cocok banget untuk lulusan filsafat, bukan? Kemampuan merangkai berbagai sudut pandang dan menganalisis sebab-akibat dari berbagai kebijakan yang dilakukan di pemerintahan sangat dibutuhkan sebagai seorang analis kebijakan publik. 

Masih banyak lagi pilihan dan kesempatan berkarir di berbagai bidang untuk seorang sarjana filsafat. Kemampuan untuk berpikir dengan runut, kritis sekaligus logis ini sebenarnya menjadi kemampuan dasar yang menunjang bidang pekerjaan apapun. So, seorang lulusan filsafat haruslah berbangga dengan keilmuannya yang menuntut untuk meningkatkan kemampuan ini selama kuliah.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!