Bagaimana Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat? Cek di Sini!

oleh | Sep 4, 2021 | Blog, Tips | 0 Komentar

Cara Memilih Jurusan Kuliah – Proses memilih jurusan kuliah tidak boleh disepelekan. Sudah terlalu banyak cerita mahasiswa yang baru sadar bahwa mereka salah jurusan saat mereka berada di semester 3, 4, bahkan 5. Maka, sebelum memilih jurusan harus dipertimbangkan dengan bijak.

Jika kamu mampu memilih jurusan yang tepat, kamu pun bakal enjoy dalam menjalani perkuliahan. Meskipun ada kesulitan, kamu malah semakin merasa tertantang. Kamu paham bahwa jurusan yang tepat akan membuat cita-citamu semakin dekat.

Lalu, bagaimana, sih, cara memilih jurusan kuliah yang tepat?

Kenali Potensi Diri

cara memilih jurusan kuliah

Cara pertama untuk memilih jurusan kuliah yang tepat tentu saja dengan mengenali dirimu sendiri.

Apa yang ingin kamu capai dalam hidup? Apa cita-cita terbesarmu? BIdang apa yang menarik minatmu hingga kamu curi-curi waktu untuk menguliknya? Bidang apa yang paling kamu kuasai?

Tak perlu buru-buru dalam menjawab beberapa pertanyaan di atas. Santai saja.

Coba selami diri kamu lebih dalam. Nilai akademikmu, kegiatan ekstrakurikulermu, lomba-lomba yang pernah kamu ikuti, hobimu, buku-buku bacaanmu,atau bahkan riwayat pencarian google dan youtubemu.

Lalu, jawab pertanyaan di atas dengan baik. Setelah itu, lihat daftar jurusan di kampus yang ingin kamu tuju. Sesuaikan dengan apa yang menjadi potensi dirimu.

Komunikasikan dengan Orang Tua

Kebanyakan orang tua berusaha untuk mengarahkan agar putra-putrinya masuk ke jurusan tertentu yang menurut mereka adalah ‘lahan basah’ atau memiliki prospek kerja yang cerah.

Jika jurusan yang disarankan oleh orang tuamu merupakan jurusan yang ingin kamu tuju juga karena potensi dan minatmu sesuai, maka beruntunglah kamu.

Jika tidak, kamu perlu mengkomunikasikannya dengan baik ke orang tuamu. Jelaskan apa yang menjadi potensi dirimu, apa yang kamu sukai, apa yang menantangmu, dan apa yang menjadi cita-citamu.

Karena ketika kamu memilih sebuah jurusan dan diterima, kamu juga yang akan menjalaninya. Susah senangnya menjadi konsekuensimu, bukan orang tuamu. Lagipula, orang tuamu pasti juga menginginkan yang terbaik bagi anaknya.

Baca juga Merasa Salah Pilih Jurusan Kuliah? Coba Ikuti Tips Ini!

Petakan Jurusan yang Kamu Incar

cara memilih jurusan kuliah

Setelah kamu mengenali potensi diri dan bernegosiasi dengan orang tuamu, kerucutkan pilihan jurusan menjadi beberapa saja. Setelah itu, pertimbangkan kampus mana saja yang membuka jurusan tersebut. Lokasi kampus, fasilitas kampus, jumlah saingan, hingga harga UKT. Pilih yang kira-kira sesuai denganmu.

Cari Informasi Sebanyak Mungkin Tentang Jurusan

Setelah mengerucut lagi, cara untuk memilih jurusan kuliah yang tepat berikutnya yaitu dengan baca informasi sebanyak mungkin tentang suatu jurusan. Cari silabusnya, apa saja yang bakal dipelajari, apa saja jenis peminatan di jurusan tersebut, apa saja prospek kerjanya, dan lain-lain.

Jangan lupa juga baca tentang pengalaman orang lain yang masuk jurusan tersebut. Apa suka dukanya, apa saja yang mereka peroleh selama ini, dan informasi lain yang berguna.

Siapa Tokoh Idolamu?

cara memilih jurusan kuliah

Cara memilih jurusan kuliah yang satu ini cukup tricky. Jika kamu sudah tau apa cita-citamu, lalu siapa tokoh idolamu di bidang tersebut?

Misalnya, kamu bercita-cita menjadi penulis di media, kamu pasti memiliki referensi tokoh yang bisa kamu jadikan panutan. Nah, coba baca biografinya, dengarkan podcastnya, atau lihat youtubenya, biasanya mereka membagikan pengalaman mereka saat di bangku perkuliahan.

Seorang penulis di media biasanya berkuliah di jurusan ilmu komunikasi, sastra indonesia, ataupun jurusan soshum yang lain. Jika menurutmu relevan, kamu bisa ambil sebagai jurusan kuliahmu.

Jika ia tidak kuliah, cari tokoh yang lain. Jika ia berkuliah di jurusan yang menurutmu tidak relevan dan dia mengakui bahwa dirinya salah jurusan, maka hindari jurusan tersebut.

Begitu kurang lebih Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat. Semoga setelah membaca ini, kamu tidak merasa salah jurusan ya saat kuliah!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah Kedinasan, Bimbel Kedokteran, Bimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.

Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Ilmu kelautan adalah disiplin ilmu yang menggabungkan studi dari berbagai mata pelajaran untuk memahami lingkungan laut, kehidupan laut, dan interaksinya. Yuk, simak mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Kelautan di sini!