Jurusan Geologi Punya Prospek Karir yang Menjanjikan

oleh | Mar 15, 2022 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Geologi – Jurusan Geologi memiliki prospek kerja dan jenjang karir yang beragam. Pilihan utama karir untuk lulusan Geologi berada di sektor minyak dan gas. Terlebih, kedua sektor tersebut menawarkan gaji yang cukup besar.

Lulusan Geologi sangat dibutuhkan perannya di sektor pertambangan dan perminyakan. Peran lulusan ini berupaya untuk menyelesaikan masalah sumber daya dan energi yang terus berkurang di bumi. Selain itu, lulusan Geologi juga bisa bekerja di sektor pemerintah maupun swasta.

Namun, ternyata prospek kerja jurusan ini beragam, tidak hanya di sektor tambang dan minyak saja. Apa saja prospek kerja bagi lulusan Geologi? Yuk, simak daftarnya berikut ini.

Apa Itu Jurusan Geologi?

Program studi Geologi merupakan studi yang fokus pada kajian yang berhubungan dengan kebumian. Jurusan Geologi mempelajari berbagai hal tentang isi bumi seperti lempengan, batuan, dan morfologi bumi. Sebagai mahasiswa Geologi, kamu harus memiliki pemahaman Matematika, Fisika, dan Biologi yang baik.

Di jurusan Geologi, kamu akan mempelajari mengenai perubahan bumi dari waktu ke waktu. Selain itu, kamu juga akan belajar bagaimana menemukan dan mengatur SDA yang terkandung di bumi. Jadi, jurusan Geologi sangat cocok untuk kamu yang peduli dengan bumi.

Baca juga Ini Dia 7 Prospek Kerja untuk Lulusan Ilmu Kelautan

Prospek Kerja Geologi

Jurusan Geologi termasuk bidang yang memiliki prospek kerja yang luas. Lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan kemampuan dan ilmunya di dunia kerja. Berikut daftar prospek kerja untuk lulusan Geologi.

Bekerja di Perusahaan Minyak

Lulusan Geologi sering diincar oleh perusahaan minyak di Indonesia maupun di luar negeri. Peran tenaga ahli di bidang Geologi sangat dibutuhkan di perusahaan minyak. Terlebih, kerja di pertambangan minyak menawarkan gaji yang sangat besar.

Bekerja di Perusahaan Tambang

Tidak hanya di perusahaan minyak, lulusan Geologi juga diincar oleh perusahaan pertambangan. Lulusan Geologi bisa menjadi tenaga ahli di perusahaan pertambangan. Perusahaan tambang membutuhkan berbagai perhitungan pada bidang bumi dan ilmu geologi.

Teknisi Tambang dan Minyak

Prospek kerja lulusan Geologi berikutnya yaitu Teknisi Tambang dan Minyak. Profesi ini berperan dalam upaya pengolahan minyak bumi dan gas alam. Skill yang kamu dapatkan selama perkuliahan dalam melakukan analisis dan meneliti dibutuhkan dalam pekerjaan ini.

Dosen

Peluang untuk menjadi dosen Geologi sangat luas, baik itu di universitas negeri maupun swasta. Dosen berperan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan. Jika berminat sebagai dosen, kamu bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan mendapat gelar master.

Kontraktor

Lulusan Geologi cocok bekerja di bidang konstruksi sebagai kontraktor. Terlebih, kontraktor mempunyai peran yang cukup penting dalam pembangunan infrastruktur. Selain itu, bekerja sebagai kontraktor mendapat gaji yang cukup besar.

Konsultan Lingkungan

Prospek kerja lulusan Geologi selanjutnya adalah Konsultan Lingkungan. Profesi ini bertugas dalam menangani berbagai isu lingkungan. Klien utama Konsultan Lingkungan adalah lembaga pemerintah atau organisasi yang berhubungan dengan sektor minyak atau gas.

Bekerja di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Sebagai lulusan Geologi, kamu bisa menjadi tenaga ahli di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Untuk bisa bekerja di kementerian ini, kamu harus mendaftar sebagai salah satu Pegawai Negeri Sipil. Terlebih bekerja sebagai PNS, kamu akan mendapat berbagai tunjangan menarik.

Itulah Jurusan Geologi Punya Prospek Karir yang Menjanjikan. Kesempatan pekerjaan untuk lulusan Geologi ternyata cukup banyak dan menjanjikan. Apakah kamu semakin yakin untuk kuliah di jurusan ini?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…