Ospek Kuliah Seperti Apa? Ini 3 Jenis Ospek dan Tips Menghadapinya

oleh | Jan 6, 2024 | Blog, PTN, PTS, Tips | 0 Komentar

Ospek Kuliah Seperti Apa – Ospek jadi kegiatan pertama yang akan dihadapi oleh mahasiswa baru setelah seleksi masuk. Karena jadi fase pergantian, pastinya rata-rata mahasiswa baru merasakan takut sekaligus penasaran. Dalam bayangannya, mungkin akan terlintas kakak tingkat yang galak-galak. Tapi sebenarnya ospek kuliah itu seperti apa sih? Yuk kita bahas lebih lanjut!

Apa Itu Ospek dan Apa saja Pembagiannya?

Rasanya sepertinya rata-rata sudah tau apa itu ospek secara general. Tapi ayo kita bedah apa itu ospek. Ospek merupakan kependekan dari Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus. Jadi kegiatan ini menjadi pengenalan bagi para mahasiswa yang wajib diikuti di awal perkuliahan.

Kegiatan ini juga selain mengenalkan wilayah kampus, fakultas dan jurusan, serta organisasinya, juga sekaligus mengenalkan pada mahasiswa baru yang baru saja keluar dari fase ‘anak sekolah’ untuk mulai mengenal budaya anak kuliah. Nah, ospek ini terbagi menjadi 3 jenis kegiatan, yakni:

Baca juga: 5 Jenis Sertifikat Pendukung SNBP untuk Memaksimalkan Peluang Lolos

1.    Ospek Universitas

Kegiatan ini akan mengenalkan jajaran rektorat, profil kampus, visi misi universitas, sampai dengan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di kampus. Hampir sama seperti MOS semasa sekolah kemarin, tapi pasti akan ada banyak hal baru yang dipelajari oleh setiap maba.

Nah rangkaian kegiatannya macam-macam, dan akan dibuka dengan upacara resmi serta ditutup dengan kegiatan yang seru. Salah satunya adalah paper mob yang merupakan atrakti koreografis yang akan dilakukan langsung oleh semua mahasiswa baru dengan memainkan kertas untuk membentuk gambar atau tulisan seputar kampus/ospek.

2.    Ospek Fakultas

Kedua, ospek fakultas ini menjadi kegiatan pengenalan bagi mahasiswa baru mengenai fakultasnya. Jadi dalam pengenalan ini, maba akan diberikan gambaran umum mengenai fakultas yang mencakup jurusan yang dipilih, dikenalkan dengan dosen-dosennya, dan juga UKM khusus yang ada di masing-masing fakultasnya.

3.    Ospek Jurusan

Terakhir adalah ospek yang menjurus dengan pilihan program studi atau jurusan masing-masing mahasiswanya. Pelaksananya adalah dari HIMA (Himpunan Mahasiswa) dan dibantu oleh panitia ospek.

Untuk kegiatan ini akan ada pengenalan HIMA, BEM Fakultas, peminatan jurusan, pengenalan fasilitas jurusan seperti lab, organisasi jurusan dan games yang bisa lebih mengakrabkan setiap mahasiswa satu jurusan.

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Selama Ospek

Dalam menjalani kegiatan ospek ini, maba juga diharuskan untuk mempersiapkan berbagai macam hal demi kelancaran kegiatan orientasi. Antara lain:

1.    Persiapkan Mental

Selama kegiatan ospek ini, kamu mungkin akan mendapati kakak tingkat yang bersikap tegas untuk mendisiplinkan para mahasiswa baru. Beberapa akan bersuara lantang jika ada maba yang melanggar peraturan. Nah saat inilah kamu harus memiliki kesiapan mental, namun sikap ini tentunya hanya akan berlangsung selama kegiatan ospek saja

2.    Bangun Pagi

Ingat kalau ini adalah kegiatan pertama kamu selama memasuki kampus. Kamu harus bersikap excited karena akan berkenalan dengan dunia kampus dan teman-teman baru. Maka dari itu usahakan untuk bangun pagi supaya tidak terlambat dan tidak mengacaukan kegiatan ospek karena biasanya juga akan ada hukuman.

3.    Siapkan Dresscode atau Seragam Ospek

Selama kegiatan ospek, maba akan mendapatkan banyak peraturan baru salah satunya harus menggunakan dresscode tertentu. Maka pastikan kamu bisa menyesuaikan itu setiap harinya. Karena kalau salah, kamu pasti akan menjadi pusat perhatian karena berbeda sendiri.

4.    Bawa Alat Tulis

Jangan lupa untuk membawa alat tulis, karena pasti akan ada banyak hal yang harus kamu catat. Contohnya tugas-tugas dari kakak tingkat untuk hari selanjutnya. Bisa jadi kamu juga akan disuruh untuk mengerjakan beberapa tugas untuk dikumpulkan langsung hari itu.

5.    Sarapan dan Bawa Botol Air Minum

Alasan kamu harus bangun pagi lainnya adalah bahwa kamu harus sarapan, karena kegiatan mahasiswa baru akan sangat padat sampai sore. Tugas ospek pun akan terus berdatangan. Jadi pastikan kamu memiliki tenaga cukup, maka dari itu sarapan jadi hal wajib.

Membawa botol air minum juga sangat wajib karena kamu biasanya akan dibatasi untuk keluar dan hanya bisa beristirahat di waktu-waktu yang sudah ditentukan. Jadi jangan sampai kamu dehidrasi.

6.    Jaga Sikap

Karena akan ada banyak sekali aturan, dan kakak tingkat yang akan menjadi panitia ospek juga pasti akan bersikap tegas, maka kamu sebaiknya menjaga sikap supaya tidak membuat masalah. Gunakan kata-kata yang sopan kepada kakak tingkat maupun dosen yang sedang memberikan materi.

7.    Cari Banyak Teman

Semasa ospek kamu akan mendapatkan lingkungan baru, dengan orang-orang baru yang pasti jumlahnya tidak sedikit. Nah untuk meminimalisir ketegangan, akan sangat lebih baik kalau kamu punya teman yang akrab untuk berbagi keluh kesah dan juga saling mengingatkan.

Jadi sudah ada gambaran kan ospek kuliah seperti apa? Jadi supaya ospek kamu bisa memberi kesan yang seru, kamu bisa menerapkan persiapan-persiapan tadi. Semoga sukses.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.