5 Jenis Sertifikat Pendukung SNBP untuk Memaksimalkan Peluang Lolos

oleh | Jan 4, 2024 | Blog, Jalur Masuk PTN, PTN | 0 Komentar

Sertifikat Pendukung SNBP – Pendaftaran SNBP sebentar lagi hampir dibuka. Ini menjadi seleksi pertama memasuki PTN favorit dan jadi tahap yang banyak diharapkan para peserta SNBP karena hanya menggunakan nilai rapor tanpa melakukan tes. Namun untuk kuotanya tidak sebanyak SNBT dan mandiri, maka dari itu untuk memperbesar peluang lolos kamu bisa melampirkan sertifikat pendukung. Kira-kira ada sertifikat pendukung apa saja yang bisa dilampirkan?

Daftar Sertifikat Pendukung SNBP yang Boleh Dilampirkan

Karena SNBP merupakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri resmi yang dilakukan serentak secara nasional, pastinya ada persyaratan ketat yang berlaku. Begitu juga dengan sertifikat pendukung yang boleh dilampirkan.

1.    Sertifikat Bidang Seni

Pertama ada sertifikat kejuaraan dalam bidang seni. Kalau kamu memiliki kemampuan dalam bidang seni yang unggul dan pernah menjadi juara, baik di seni tari, seni rupa/lukis, seni drama/sastra maupun seni musik/suara bisa menyertakan sertifikatnya untuk SNBP nanti. Contoh sertifikat di bidang seni yaitu FLS2N.

2.    Sertifikat Olimpiade

Kedua ada sertifikat olimpiade seperti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Ekonomi, dan sebagainya. Kamu yang mendapatkan kejuaraan dalam lomba ini bisa menyertakan sertifikatnya untuk menjadi pendukung dalam seleksi. Contoh Sertifikat olimpiade adalah seperti OSN, O2SN, dan lain sebagainya.

Baca juga: 10 Daftar Kampus di Bogor yang Recommended!

3.    Sertifikat Bidang Olahraga

Giliran untuk para atlet yang memiliki kemampuan unggul di bidang olahraga seperti Atletik, Senam, Bulu Tangkis, Renang, Karate, Pencak Silat, dan sebagainya. Contoh sertifikat bidang Olahraga seperti O2SN.

4.    Sertifikat Karya Tulis Ilmiah dan Debat

Selanjutnya kamu yang pernah menjuarai perlombaan di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan, Ilmu Pengetahuan Hayati, lomba debat, cerdas cermat, dan sebagainya juga bisa melampirkan sertifikatnya.

5.    Sertifikat Pengurus Organisasi

Jangan khawatir, untuk kamu yang sudah aktif dalam organisasi semasa sekolah SMA dan sederajatnya, kamu juga bisa melampirkan sertifikat pengurus ini untuk menjadi pendukung seleksi yang menunjukkan jiwa leadership kamu. Contohnya seperti OSIS, MPK, dan Ekstrakurikuler semacamnya.

Sertifikat yang Ternyata Tidak Bisa Dilampirkan

Setelah memahami sertifikat yang bisa dilampirkan untuk SNBP nanti, kamu juga perlu tau sertifikat-sertifikat yang tidak bisa dilampirkan dalam seleksi nanti. Jadi kamu tidak bisa sembarangan dalam melampirkan.

1.    Sertifikat Bahasa

Walau sering dibutuhkan dalam pendaftaran pendidikan, ternyata sertifikat bahasa seperti TOEFL, TOEIC, dan juga IELTS tidak bisa dilampirkan untuk pendaftaran SNBP nanti meskipun kamu mendapatkan skor tinggi.

2.    Sertifikat Juara Saat SD dan SMP

Sertifikat kejuaraan memang bisa menjadi sebuah prestasi unggulan untuk setiap seleksi masuk lembaga pendidikan. Namun sertifikat kejuaraan ini selain ada klasifikasinya juga memiliki batas waktu yakni maksimal 2 tahun terakhir. Jadi kalau kamu pernah juara 1 sekalipun kalau sudah lewat 2 tahun, maka tidak bisa berlaku.

3.    Sertifikat Juara Kelas

Sertifikat juara kelas juga tidak bisa dilampirkan, ya. Walaupun berturut-turut dari kelas X s/d XII kamu peringkat 1, sertifikat tersebut tidak dianggap resmi untuk pendaftaran SNBP nanti.

4.    Sertifikat Peserta (kecuali OSN, O2SN, FLS2N)

Semua sertifikat penting jika kamu hanya berkontribusi sebagai peserta dan tidak lolos dalam kejuaraan, maka sertifikatnya tidak bisa dilampirkan dalam pendaftaran SNBP. Terkecuali untuk sertifikat OSN, O2SN dan juga FLS2N.

5.    Sertifikat Webinar/Seminar

Terakhir adalah sertifikat webinar (online) dan juga seminar. Meskipun itu adalah seminar nasional/internasional, sertifikatnya tidak bisa menjadi pendukung saat seleksi masuk PTN nanti.

Jadi sebelum pendaftaran kamu harus mempersiapkan semuanya dengan matang termasuk mengetahui mana saja sertifikat pendukung SNBP yang boleh dilampirkan. Jangan sampai salah ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.