7 Pilihan Jurusan Kuliah untuk yang Suka Bahasa

oleh | Feb 13, 2024 | Blog, Jurusan Kuliah, Tips | 0 Komentar

Jurusan Kuliah untuk yang Suka Bahasa – Setiap orang memiliki hal-hal yang disuka dan menjadi semacam kemampuan yang bisa mereka kuasai. Contohnya orang-orang yang suka menggambar, menari, bermusik dan lainnya. Nah kali ini kita akan membahas kegemaran dalam mendalami bahasa, yang tentunya tidak sedikit yang menyukainya.

Mempelajari bahasa juga tidak sekadar mendalami bahasa asing, lho. Mendalami bahasa juga bisa ditujukan untuk mengasah kemampuan tata kalimat, penyampaian pesan, penulisan, dan banyak lagi lainnya yang akan kita bahas disini.

Pilihan Jurusan Kuliah untuk yang Suka Bahasa

Mempelajari bahasa ternyata memiliki banyak cabang yang bisa kamu pilih sesuai dengan bidang-bidang lain yang kamu suka. Beberapa pilihan jurusan yang bisa kamu coba antara lain:

1.    Psikologi

Psikologi menjadi ilmu yang akan mempelajari mengenai pikiran, kebiasaan dan juga interaksi, termasuk segala aspek pengalaman manusia. Psikologi ini menjadi pilihan jurusan yang akan mendalami penggunaan bahasa yang tepat untuk berhadapan dengan client. Mahasiswa psikologi juga akan diajarkan bagaimana menjadi pendengar di samping harus bisa memberikan masukan yang baik.

Baca juga: 3 Fakta Fakultas Kedokteran UNAIR yang Bikin Makin Menggiurkan

2.    Ilmu Komunikasi

Kedua ada ilmu komunikasi yang pastinya akan mempelajari cara berkomunikasi. Tapi tidak berhenti disitu saja, karena kamu akan diajarkan bagaimana memproses penyampaian pesan supaya bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Jurusan ilmu komunikasi ini juga akan berkaitan erat dengan pemanfaatan teknologi. Untuk menguasai kemampuan berkomunikasi yang efektif, tentunya kamu tidak luput dari pembelajaran bahasa.

3.    Jurnalistik

Kamu pasti sudah tidak asing dengan jurusan ini, jurusan yang akan cenderung terjun dalam dunia penyiaran dan media. Nah, dalam konteks kebahasaannya, mahasiswanya akan mempelajari teknik mencari berita, menulis, menyunting berita sampai dengan mendistribusikannya melalui berbagai media.

Nantinya prospek kerja lulusan jurnalistik ini juga cukup luas, dan berpeluang bekerja di stasiun TV, radio, surat kabar dan berbagai media lainnya. Kamu bisa mendalami keterampilan dalam dokumentasi atau juga mengumpulkan data akurat, supaya bisa menyusun laporan jurnalisme yang informatif.

4.    Sosiologi

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari masalah sosial dan akan membuat kamu terlibat langsung dalam masyarakat di berbagai wilayah. Selama perkuliahan, kamu akan mempelajari mengenai masyarakat dan lingkungan. Konteks bahasa akan dipelajari karena akan membentuk interaksi sosial. Dan interaksi sosial akan membentuk bahasa, maka dari itu keduanya berhubungan.

5.    Antropologi

Antropologi merupakan bidang studi yang menyelidiki segala aspek budaya yang muncul dalam kehidupan manusia. Sehingga, tidak hanya mahasiswa dari disiplin ilmu sosial yang dapat mengejar gelar ini, tetapi juga mereka yang memiliki latar belakang dalam bahasa. Orang-orang yang lulus dari program ini banyak diminati di pasar kerja.

6.    Seni

Mempelajari bahasa juga berarti mempelajari cara menyampaikan pesan. Seni adalah salah satu bidang yang menggunakan media dalam penyampaian pesannya, dan menjadikannya terlihat lebih indah dan menarik. Nah kalau kamu suka bahasa dan seni, kamu bisa mencoba mengambil jurusan seperti Seni Tari, Seni Musik, Seni Rupa (Creative Arts), Seni Rupa Murni (Fine Arts), dan berbagai bidang seni lainnya.

7.    Sastra Asing

Kalau kamu mau berfokus dalam mempelajari bahasa, apalagi kalau kamu suka mempelajari bahasa asing, kamu bisa memilih jurusan ini. Ada banyak sekali pilihan mulai dari bahasa Inggris, Jerman, Arab, Korea, Jepang dan bahasa asing lainnya. Menguasai bahasa asing juga menjadi nilai plus dalam dunia kerja nantinya, lho!

Jadi dari 7 pilihan jurusan kuliah untuk yang suka bahasa ini, kamu lebih condong yang mana? Pastikan untuk mempertimbangkannya matang-matang, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.