3 Fakta Fakultas Kedokteran UNAIR yang Bikin Makin Menggiurkan

oleh | Feb 12, 2024 | Blog, Jurusan Kuliah, Kampus, Kedokteran, PTN | 0 Komentar

Fakta Fakultas Kedokteran UNAIR – Universitas Airlangga yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur ini sudah berdiri hampir 70 tahun. Salah satu fakultas favorit di sana ada Fakultas Kedokteran, yang ternyata memiliki beberapa fakta menarik yang bisa kita kulik.

Tentu saja calon mahasiswa kedokteran akan memilih perguruan tinggi dengan jurusan kedokteran yang sudah jelas berkualitas. Nah, ada 3 alasan berdasarkan fakta yang bisa membuat kamu memilih melanjutkan di FK UNAIR. Simak selengkapnya dalam penjelasan berikut!

Fakta Fakultas Kedokteran UNAIR

Fakultas kedokteran di UNAIR saat ini memiliki 55 program studi mulai dari S1 sampai dengan Spesialis, serta memiliki 25 departemen. Tanpa berlama-lama, berikut 3 fakta FK Unair:

1.    Fakultas Kedokteran Tertua ke-2 di Indonesia

Surabaya menjadi lokasi pusat pengembangan wilayah timur pada waktu itu. Dan pada 10 November 1954, Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno meresmikan berdirinya Universitas Airlangga yang merupakan gabungan dari Fakultas Kedokteran dan Lembaga Kedokteran Gigi cabang dari Universiteit van Indonesia cabang Surabaya yang didirikan negara federal, serta Fakultas Hukum cabang Universitas Gadjah Mada yang didirikan oleh pemerintah Republik.

Baca juga: Boring Belajar di Kelas? Ini Rekomendasi Jurusan untuk yang Suka Jalan-Jalan

Namun pada saat itu sampai dengan tahun 1955, perkuliahan dan ujian Universitas Airlangga masih bergantung pada Universitas Indonesia dan juga Universitas Gadjah Mada. UNAIR ini sendiri adalah perguruan tinggi pertama yang didirikan setelah Republik Indonesia Serikat (RIS) bubar.

FK Unair menempati posisi ke-2 sebagai FK tertua di Indonesia. Sedangkan untuk Fakultas kedokteran tertua di urutan pertama adalah FK Universitas Gadjah Mada. Menariknya, sebelum diresmikan dengan nama Universitas Airlangga, lembaga pendidikan ini sudah dimulai dengan sekolah kedokteran sejak 1851 dengan nama Sekolah Dokter Jawa (Dokter Djawa School).

2.    Menyandang Banyak Prestasi

Pada tahun 2023 lalu, FK UNAIR memiliki lebih dari 10 prestasi yang bisa dibanggakan, di antaranya:

  • TOP 2 Indonesia & Peringkat 301-350 dunia
  • Mengkukuhkan Guru Besar sebanyak 23 orang dalam setahun
  • 30 Mahasiswa Doktor yang Dipromosikan
  • Menandatangani Lebih dari 15 Memorandum Perjanjian Internasional
  • 11 Adjunct Professor yang dikukuhkan (dari universitas terbaik di dunia)
  • 982 Artikel Ilmiah yang Diterbitkan Secara Internasional
  • 2 Perolehan Baru Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI):
    • Melaksanakan Kegiatan Pengembangan Masyarakat di 38 wilayah Indonesia
    • Menyelenggarakan Webinar dengan Jumlah Pembicara terbanyak di satu hari
  • Mahasiswa Kedokteran raih penghargaan Grand Champion Indonesia Medical Olympiad (IMO)
  • Memiliki Sekitar 159 Mitra Akademik

3.    Memiliki 2 Mitra Rumah Sakit

Rumah Sakit utama yang dikelola Unair adalah Rumah Sakit Universitas Airlangga yang diposisikan oleh pemerintah untuk menjadi rumah sakit pendidikan percontohan di Indonesia. Nah, RS UNAIR melakukan kerjasama dalam bidang pelayanan, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

Tujuan kerjasama ini antara lain untuk:

  • Menjamin terselenggaranya pelayanan kesehatan yang bermutu dan bisa berguna untuk pendidikan dan penelitian bidang kedokteran dan kesehatan lain namun tetap mengutamakan kepentingan dan keselamatan pasien;  
  • Memberikan perlindungan dan kepastian hukum pasien, pemberi pelayanan, mahasiswa, dosen, subjek penelitian bidang kedokteran dan kesehatan lain, peneliti, penyelenggara Rumah Sakit Pendidikan, serta Institusi Pendidikan;
  • Meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi: pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat khususnya dalam bidang pelayanan kesehatan;
  • Meningkatkan mutu penyelenggaraan Program Pendidikan Dokter Tahap Profesi;
  • Mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya yang dimiliki secara terencana, terpadu, sistematis, efektif dan efisien.

Bagaimana, sudah cukup tergiur dengan fakta fakultas kedokteran UNAIR ini? Yuk persiapkan diri supaya bisa berpeluang lolos lebih besar!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.