Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Ilmu kelautan adalah disiplin ilmu yang menggabungkan studi dari berbagai mata pelajaran untuk memahami lingkungan laut, kehidupan laut, dan interaksinya. Yuk, simak mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Kelautan di sini!

7 Prospek Kerja Bagi Lulusan Jurusan Teknik Kimia

oleh | Nov 13, 2021 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Teknik Kimia – Pekerjaan seseorang di masa depan bisa sangat dipengaruhi oleh jurusan kuliah yang diambil. Berbagai ilmu dan skill yang dipelajari semasa kuliah akan sangat berguna di dunia kerja sehingga bisa menentukan peluang kerja.

Di Indonesia sendiri, ada banyak jurusan kuliah yang memiliki banyak peminat karena lulusannya memiliki kesempatan kerja yang luas. Salah satu rumpun ilmu yang memiliki banyak peminat yaitu teknik. Mahasiswa berada di rumpun ini dianggap memiliki peluang kerja besar seperti jurusan Teknik Kimia.

Jurusan Teknik Kimia cukup populer untuk calon mahasiswa. Banyak orang memilih jurusan Teknik Kimia karena memiliki prospek kerja yang luas. Apa saja pilihan pekerjaan lulusan jurusan ini? Yuk, simak penjelasannya!

Apa Itu Jurusan Teknik Kimia

Teknik Kimia merupakan salah satu jurusan yang berada di rumpun sains dan teknik. Jurusan ini mempelajari banyak hal terkait proses industri seperti pengolahan limbah, pembuatan produk, analisis ekonomi produk, dan lain sebagainya. Pembelajaran ini dilakukan untuk menghasilkan produk yang bernilai ekonomis.

Selama berada di bangku perkuliahan, mahasiswa tidak hanya belajar kimia. Mahasiswa juga akan banyak menggunakan ilmu matematika, fisika, bahkan ekonomi. Beberapa mata kuliah yang diajarkan yaitu seperti Kimia Fisika, Bioproses, Proses Kimia Industri, Teknologi Pengelolaan Limbah, Perpindahan Panas, dan lain-lain.

Sama seperti jurusan kuliah lainnya di jenjang Sarjana, mahasiswa jurusan Teknik Kimia juga akan melaksanakan perkuliahan selama 4 tahun atau 8 semester. Selama waktu itu, mahasiswa akan belajar mengikuti kurikulum setiap perguruan tinggi. Mahasiswa juga dapat memilih peminatan sesuai yang disediakan jurusan.

Baca juga Apa yang Sebenarnya Dipelajari di Jurusan Teknik Kimia?

Prospek Kerja Lulusan Teknik Kimia

prospek kerja teknik kimia

Mahasiswa Teknik Kimia selama berkuliah akan mempelajari banyak ilmu dan juga melaksanakan praktik. Kemampuan dan pengetahuan ini akan banyak dibutuhkan di dunia kerja terutama di bidang industri. Beberapa prospek kerja yang bisa dipilih oleh lulusan Teknik Kimia yaitu sebagai berikut.

Industri Pangan

Lulusan Teknik Kimia akan memiliki kesempatan besar untuk bekerja di industri pangan. Lulusan jurusan ini memiliki kemampuan dan ilmu yang dibutuhkan untuk mengelola bahan mentah menjadi makanan yang siap jual. Di bidang ini, lulusan Teknik Kimia bisa bekerja di berbagai posisi seperti bagian produksi dan rekayasan proses.

Pertambangan dan Perminyakan

Pertambangan dan perminyakan merupakan bidang pekerjaan yang banyak diminati oleh lulusan jurusan teknik, tak terkecuali Teknik Kimia. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di bidang pertambangan dan perminyakan karena kemampuannya memang dibutuhkan. Ilmu seperti termodinamika akan sangat dibutuhkan di bidang ini.

Quality Control

Prospek kerja jurusan Teknik Kimia yang berikutnya yaitu bekerja di bidang quality control. Bidang ini keberadaannya sangat penting untuk sebuah industri. Berbagai produk yang akan dijual ke masyarakat perlu melewati proses kontrol kualitas. Hal ini diperlukan supaya produk tetap sesuai standar.

Research and Development

Lulusan Teknik Kimia juga dapat bekerja sebagai staf di research and development. Bekerja di bidang ini mengharuskan seseorang untuk melakukan berbagai penelitian. Hasil dari penelitian tersebut kemudian akan digunakan untuk mengembangkan produk perusahaan.

Pengelola Limbah

Di dalam sebuah industri, pengelolaan limbah merupakan bidang yang penting. Limbah dari pabrik perlu untuk dikelola dengan baik supaya tidak mencemari lingkungan. Pengelolaan limbah ini merupakan salah satu bidang yang bisa dipilih oleh lulusan Teknik Kimia, terlebih jika kamu tertarik dengan isu lingkungan.

Fast Moving Consumer Goods

Fast moving consumer goods atau FMCG juga bisa menjadi prospek kerja Teknik Kimia yang menjanjikan. Perusahaan di bidang ini memproduksi barang-barang habis pakai yang diperlukan konsumen seperti sabun dan shampo. Lulusan Teknik Kimia tentunya bisa bekerja di sini di berbagai posisi seperti produksi.

Akademisi

Pilihan pekerjaan lain yang bisa kamu pertimbangkan setelah lulus dari Teknik Kimia yaitu menjadi akademisi atau dosen. Kamu akan memberikan pengajaran kepada mahasiswa dan juga melakukan penelitian akademis. Supaya bisa menjalani profesi ini, kamu perlu melanjutkan kuliah ke jenjang lebih tinggi yaitu minimal magister.

Itulah 7 prospek kerja bagi lulusan jurusan Teknik Kimia. Perlu diingat bahwa pilihan pekerjaan untuk lulusan jurusan ini tidak terbatas pada daftar di atas. Kamu bisa memilih pekerjaan yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Geodesi merupakan salah satu cabang keilmuan dengan basis ilmu matematika terapan. Kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan Geodesi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

Dilansir dari laman resmi Webometrics, ada beberapa PTKIN yang masuk dalam kriteria pemeringkatan per Juli 2022. Melalui pemeringkatan Webometrics, kamu bisa mengecek daftar PTKIN terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih sebagai pilihan kampus. Berikut daftarnya!

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

LPDP 2022 menawarkan 3 kategori beasiswa yaitu Beasiswa Umum, Beasiswa Targeted, dan Beasiswa Afirmasi. Di kategori Beasiswa Umum terbagi menjadi 3 beasiswa, apa saja? Yuk, simak di sini info lebih lengkapnya!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!