7 Prospek Kerja untuk Lulusan Bimbingan dan Konseling

oleh | Nov 10, 2021 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Bimbingan Konseling – Saat memilih jurusan kuliah, ada berbagai faktor yang perlu diperhatikan seperti prospek kerja. Pemilihan jurusan tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena bisa menentukan kesempatan kerja seseorang di masa depan.

Setiap jurusan tentunya memiliki kesempatan bekerja yang berbeda-beda. Prospek kerja ini ditentukan oleh ilmu dan kemampuan yang telah dipelajari selama berkuliah. Kemampuan ini akan berguna dan digunakan di dunia kerja.

Ada banyak jurusan yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Jurusan bisa dipilih sesuai dengan minat dan juga pilihan pekerjaan yang diinginkan. Salah satu jurusan yang ditawarkan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia yaitu bimbingan dan konseling. Apa prospek kerja yang bisa dipilih oleh lulusan bimbingan dan konseling? Simak penjelasannya, yuk!

Apa Itu Jurusan Bimbingan dan Konseling?

Sebelum masuk ke pilihan pekerjaan untuk lulusan bimbingan dan konseling, ada baiknya untuk memahami jurusan ini terlebih dahulu. Jurusan bimbingan dan konseling merupakan turunan dari ilmu psikologi. Ilmu ini digabungkan dengan ilmu pendidikan yang khusus untuk membimbing dan memberi konseling.

Di jurusan ini, mahasiswa tentunya akan belajar banyak hal supaya bisa menjadi lulusan bimbingan dan konseling yang berkualitas. Mahasiswa akan belajar ilmu pendidikan dan juga ilmu psikologi. Selain itu, mahasiswa juga akan melaksanakan banyak praktik terkait kasus-kasus konseling di masyarakat untuk mengasah kemampuannya.

Bimbingan dan konseling merupakan jurusan kuliah yang sangat dibutuhkan di masyarakat. Di sekolah misalnya, lulusan jurusan ini dibutuhkan untuk membimbing siswa. Peran seorang lulusan bimbingan dan konseling sangat penting karena bisa berpengaruh terhadap pendidikan seseorang.

Baca juga Kuliah Jurusan Psikologi, Belajar Apa Saja, Ya?

Prospek Kerja Bimbingan dan Konseling

prospek kerja bimbingan konseling

Lulusan bimbingan dan konseling memiliki peran yang penting di masyarakat. Ada banyak pilihan prospek kerja untuk lulusan bimbingan dan konseling. Berikut ini beberapa profesi yang bisa dipilih.

Guru BK

Pekerjaan yang banyak dipilih oleh lulusan bimbingan dan konseling yaitu menjadi guru BK. Guru BK dibutuhkan di sekolah berbagai jenjang baik dasar, menengah, atau atas. Guru BK akan bertugas untuk memberikan pendidikan karakter dan kenakalan remaja. Selain itu, guru BK di SMA akan bertugas membimbing siswa memilih jurusan kuliah yang sesuai.

Staf HRD

Lulusan bimbingan dan konseling juga bisa bekerja di perusahaan dengan menjadi staf HRD atau human resources and development. Staf HRD memiliki berbagai tugas terkait pengelolaan karyawan mulai dari rekrutmen sampai pengembangan skill. Kemampuan lulusan bimbingan dan konseling akan sangat berguna di bagian HRD ini.

Konsultan Pendidikan

Prospek kerja lainnya yang bisa dipilih oleh lulusan bimbingan dan konseling yaitu konsultan pendidikan. Seorang konsultan pendidikan memiliki tanggung jawab untuk memberikan konsultasi terkait rencana pendidikan siswa ke depannya. Konselor akan membimbing siswa untuk bisa mendapatkan pendidikan terbaik yang sesuai dengan kemampuannya.

Lembaga Kesehatan Masyarakat

Bekerja di bidang ini merupakan kesempatan yang cukup menjanjikan untuk lulusan bimbingan dan konseling. Jika bekerja di bidang ini, konselor akan bertanggung jawab untuk membantu orang-orang yang mengalami permasalahan mental. Selain itu, konselor juga bisa memberikan bimbingan bagi orang-orang tersebut terkait permasalahannya.

Pusat Rehabilitasi

Menjalani pekerjaan di pusat rehabilitasi juga bisa menjadi prospek kerja pilihan mahasiswa bimbingan dan konseling. Di pusat rehabilitasi, konselor akan bekerja untuk memberi konsultasi dan membimbing masyarakat yang memiliki permasalahan. Berbagai pekerjaan yang bisa dihadapi yaitu seperti konseling, pelatihan, mediasi, dan lain-lain.

Pekerja Sosial

Pilihan pekerjaan lainnya yang dapat dipilih yaitu di bidang sosial. Lulusan bimbingan dan konseling bisa bekerja di berbagai tempat bimbingan dinas sosial seperti panti. Di sini, lulusan jurusan bimbingan dan konseling bertugas untuk membimbing individu baik di bidang psikologis atau pendidikannya.

Jasa Tes Psikologi

Lulusan bimbingan dan konseling juga bisa membuka jasa tes psikologi untuk masyarakat umum. Jasa tes ini sangat penting dan dibutuhkan oleh banyak orang baik itu personal atau dalam jumlah besar seperti tes masuk perusahaan. Pekerjaan ini bisa dilakukan setelah melanjutkan pendidikan di jenjang S2.  

Jika tertarik masuk jurusan ini, kamu bisa memilih pekerjaan dari 7 prospek kerja untuk lulusan bimbingan dan konseling. Meskipun begitu, masih ada banyak pekerjaan lain yang bisa dipilih. Kamu bisa mempertimbangkan pekerjaan yang paling sesuai dengan minat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Ilmu kelautan adalah disiplin ilmu yang menggabungkan studi dari berbagai mata pelajaran untuk memahami lingkungan laut, kehidupan laut, dan interaksinya. Yuk, simak mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Kelautan di sini!