Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Ilmu kelautan adalah disiplin ilmu yang menggabungkan studi dari berbagai mata pelajaran untuk memahami lingkungan laut, kehidupan laut, dan interaksinya. Yuk, simak mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Kelautan di sini!

8 Prospek Kerja untuk Jurusan Hubungan Internasional

oleh | Okt 20, 2021 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Hubungan Internasional – Bisa bekerja di dunia internasional merupakan impian banyak orang. Bekerja di bidang ini memungkinkan kamu untuk bisa bertemu banyak orang dan bahkan berkunjung ke berbagai negara.

Tentunya, tidak semua orang bisa bekerja di bidang ini. Kamu perlu memenuhi kualifikasi tertentu serta memiliki kemampuan yang mumpuni. Salah satu cara supaya kamu bisa bekerja di bidang ini adalah dengan berkuliah di jurusan yang sesuai yaitu Hubungan Internasional.

Hubungan Internasional merupakan jurusan yang tepat jika kamu tertarik dengan dunia internasional. Lulusan jurusan ini akan dibekali dengan ilmu dan kemampuan yang dibutuhkan untuk bisa bekerja di lingkungan internasional. Lalu, apa saja prospek kerja yang menanti lulusan Hubungan Internasional? Yuk, cari tahu!

Tentang Jurusan Hubungan Internasional

Hubungan Internasional adalah jurusan yang fokus mempelajari ilmu tentang dunia internasional. Mahasiswa akan belajar tentang hubungan antar negara, peran negara, organisasi antar pemerintah, organisasi non pemerintah internasional, perusahaan multinasional, dan lain sebagainya.

Jurusan ini termasuk dalam ilmu multidisipliner karena mempelajari berbagai disiplin ilmu. Di dalam sebuah hubungan kenegaraan, tentunya terdapat berbagai aspek yang perlu dipahami. Hal-hal seperti ekonomi, sejarah, hukum, geografi, sosiologi, antropologi, ilmu budaya, psikologi, dan lainnya perlu untuk dipelajari oleh mahasiswa Hubungan Internasional.

Baca juga Perbedaan Saintek dan Soshum Saat Memilih Jurusan Kuliah.

Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

prospek kerja hubungan internasional

Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional memiliki ilmu dan kemampuan yang bermacam-macam. Ada banyak prospek kerja yang menunggu mahasiswa Hubungan Internasional ini. Berikut beberapa pekerjaan untuk lulusan Hubungan Internasional.

Diplomat

Diplomat merupakan pekerjaan yang banyak diincar oleh mahasiswa Hubungan Internasional. Seorang diplomat akan bekerja di Kementerian Luar Negeri dan menjadi representasi negara di berbagai negara tujuan. Diplomat akan bekerja di Kantor Kedutaan Besar RI atau bisa juga di kantor Kemenlu.

Staf Kedutaan

Masih di ranah pekerjaan yang sama, lulusan Hubungan Internasional juga bisa bekerja sebagai staf kedutaan. Pekerjaan yang dilakukan yaitu membantu tugas duta besar sesuai dengan spesialisasi masing-masing. Misalnya, kamu lebih ahli di bidang ekonomi, maka akan membantu dalam analisis ekonomi seperti perdagangan dan pajak.

Government Relation Officer

Lulusan Hubungan Internasional tidak selalu bekerja di pemerintahan. Lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di perusahaan swasta. Salah satu posisi yang bisa kamu ambil yaitu government relation officer. Kamu akan menjadi penghubung antara perusahaan dengan pemerintah seperti misalnya terkait kebijakan.

Jurnalis

Prospek kerja lainnya yang bisa dilakukan oleh lulusan Hubungan Internasional yaitu menjadi jurnalis. Sebagai lulusan Hubungan Internasional, kamu akan dibekali kemampuan menganalisis peristiwa internasional. Hal ini akan berguna jika kamu bekerja sebagai jurnalis sehingga bisa menyajikan berita dengan lebih baik.

International Officer

Pekerjaan lainnya untuk lulusan Hubungan Internasional yaitu sebagai international officer. Kamu bisa bekerja sebagai international officer untuk pemerintah ataupun organisasi non pemerintah atau NGO internasional. Pekerjaan ini cocok untuk lulusan Hubungan Internasional karena membutuhkan kemampuan dan ilmu yang telah dipelajari.

Negosiator

Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional akan dibekali ilmu yang sangat bermanfaat di dunia kerja yaitu negosiasi. Kemampuan ini dapat kamu manfaatkan untuk bisa menjadi seorang negosiator profesional. Proses negosiasi ini sangatlah penting baik itu untuk urusan pemerintah, bisnis, atau bahkan keamanan.

Konsultan Internasional

Konsultan internasioanl memiliki tugas utama untuk menganalisa berbagai hal terkait hubungan antar negara. Kamu akan bekerja untuk menyediakan berbagai data tentang suatu negara. Data ini kemudian akan digunakan untuk keperluan perusahaan seperti misalnya terkait pemasaran.

Politikus

Menjadi politikus juga merupakan prospek kerja yang cocok untuk lulusan Hubungan Internasional. Kamu akan memiliki pemahaman yang cukup terkait dunia politik terutama yang berkaitan dengan dunia internasional. Hal ini merupakan bekal yang pas untuk bisa menjadi seorang politikus.

Itulah 8 prospek kerja untuk jurusan Hubungan Internasional. Lulusan jurusan ini memiliki kemampuan dan ilmu yang luas sehingga masih banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dan tidak terbatas pada pilihan di atas saja.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Geodesi merupakan salah satu cabang keilmuan dengan basis ilmu matematika terapan. Kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan Geodesi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

Dilansir dari laman resmi Webometrics, ada beberapa PTKIN yang masuk dalam kriteria pemeringkatan per Juli 2022. Melalui pemeringkatan Webometrics, kamu bisa mengecek daftar PTKIN terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih sebagai pilihan kampus. Berikut daftarnya!

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

LPDP 2022 menawarkan 3 kategori beasiswa yaitu Beasiswa Umum, Beasiswa Targeted, dan Beasiswa Afirmasi. Di kategori Beasiswa Umum terbagi menjadi 3 beasiswa, apa saja? Yuk, simak di sini info lebih lengkapnya!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!