Apa Itu PKM Mahasiswa? Begini Pengertian, Tujuan, Syarat dan Bentuknya

oleh | Feb 1, 2024 | Blog, PTN, PTS, Tips | 0 Komentar

Apa Itu PKM Mahasiswa – Saat berada di bangku perkuliahan, mahasiswa tidak hanya akan dibekali pengetahuan secara akademik melainkan keterampilan yang bisa digunakan di kehidupan bersosial maupun dunia kerja nantinya. Direktorat Kemahasiswaan dan Studi di bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) membentuk Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM untuk memaksimalkan upaya tersebut.

Apa Itu PKM Mahasiswa?

Program Kreativitas Mahasiswa merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperluas cakupan mahasiswa untuk berkreasi dan memiliki kemampuan praktikal yang nyata. Jadi mahasiswa bisa menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, serta budaya.

Nantinya mahasiswa akan difasilitasi untuk belajar dan berkembang dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah dipelajari selama dalam perkuliahan di masyarakat luas. Tujuan dari dibentuknya PKM ini juga agar bisa meningkatkan kreativitas, kemampuan menulis dan menyampaikan gagasan, sampai dengan membentuk relasi yang lebih luas.

Baca juga: Daftar Jurusan di Universitas Muhammadiyah Malang Beserta Akreditasinya

Dampaknya saat lulus, mahasiswa bisa memiliki kemampuan yang unggul di bidang yang lebih spesifik, berdaya saing, adaptif, fleksibel dan produktif serta bisa membangun Indonesia dengan melalui ide-ide kreatifnya.

Nantinya mahasiswa bisa membuat suatu proyek dengan topik yang tidak dibatasi dari kampus, namun sebisa mungkin tetap bisa menyelesaikan permasalahan yang ada sekarang. Mahasiswa yang tidak memiliki ide kreatif juga bisa membuat proyek dengan metode ATM (amati, tiru dan modifikasi).

Kamu tidak perlu membuat topik yang rumit, cukup yang sederhana namun tetap sesuai dengan isu global yang ada supaya bisa bermanfaat bagi masyarakat luas dan mengedepankan kearifan lokal. Setiap tim akan diharuskan membuat proposal, dengan judul yang tidak lebih dari 20 kata dan sebaiknya tidak menggunakan singkatan yang tidak baku.

Untuk tahapannya sendiri nanti kamu dan tim bisa mengajukan proposal ke pihak perguruan tinggi, baru ketika lolos bisa diteruskan ke Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). Jika lolos, baru mahasiswa akan mendapatkan dana untuk mengerjakan proyek yang sudah disusun sebelumnya.

Syarat-syarat PKM

Terdapat beberapa persyaratan yang diterapkan dan harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa untuk bisa mengikuti program PKM ini, antara lain:

  • Mahasiswa aktif program Diploma maupun Sarjana.
  • Setiap mahasiswa dapat bergabung pada lebih dari 2 tim pengusul proposal PKM 5 Bidang tetapi hanya dapat terlibat dalam 2 judul proposal yang didanai (sebagai ketua dan anggota, atau keduanya sebagai anggota). Ketentuan ini juga berlaku pada PKM-KT.
  • Dosen pendamping bisa mendampingi lebih dari 10 tim pengusul proposal. Namun nantinya hanya bisa mendampingi maksimal 10 tim yang sudah disetujui/didanai di semua jenis PKM (PKM 5 bidang dan PKM-KT).
  • Tim berisi maksimal 3-5 orang (PKM K,T, dan M) dan maksimal 3 orang (PKM P, KC dan KT) yang sudah termasuk ketua.
  • Ketua tim hanya bisa memimpin satu judul proposal dalam tim untuk satu periode PKM.

Bentuk Kegiatan PKM

PKM dikelompokkan menjadi 3 bagian jika dilihat dari jenisnya, yakni:

  • PKM 5 Bidang: PKM-R, PKM-K, PKM-PM, PKM-PI, dan PKM-KC
  • PKM – Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK)
  • PKM-AI dan PKM-GT

Berikut untuk penjelasannya:

1.    PKM-R

PKM-R ini merupakan PKM yang berfokus pada Riset dan bertujuan untuk mengungkap hubungan sebab-akibat, aksi-reaksi, rancang bangun, perilaku sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan, atau budaya baik dalam aspek eksperimen maupun deskriptif.

PKM-R ini terbagi menjadi PKM-Riset Eksakta (PKM-RE) dan PKM Sosial Humaniora (PKM-RSH). PKM-RE akan mencakup penelitian yang mengungkap hubungan sebab-akibat, aksi-reaksi, rancang bangun, eksplorasi, materi alternatif, desain produk atraktif, blue print, dan sejenisnya.

PKM-RSH sendiri akan meliputi penelitian yang mengungkap hubungan sebab-akibat, penelitian deskriptif mengenai perilaku sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan, atau budaya masyarakat baik terikat dengan kearifan lokal maupun perilaku kontemporer.

2.    PKM-K

PKM-K merupakan PMK yang berfokus pada bidang kewirausahaan. Bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa untuk menghasilkan komoditas unik serta merintis kewirausahaan yang berorientasi pada profit.

3.    PKM-PM

PKM ini memiliki tujuan menumbuhkan empati pada persoalan yang dihadapi masyarakat dengan penerapan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) kampus, sehingga nantinya bisa menjadi solusi tepat yang menjawab persoalan atau kebutuhan masyarakat yang tidak berorientasi pada profit.

4.    PKM-PI

Kemudian ada PKM-PI yang ditujukan untuk membuka wawasan iptek bagi mahasiswa terhadap persoalan yang dihadapi dunia usaha, mulai dari usaha mikro kecil, menengah, sampai perusahaan besar.

5.    PKM-KC

PKM-KC atau PKM Karya Cipta bertujuan untuk membentuk kemampuan mahasiswa dalam mengkreasikan sesuatu yang baru dan fungsional atas dasar karya dan nalarnya.

6.    PKM-GFK

Untuk PKM yang satu ini akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa menghasilkan karya tulis ilmiah yang baik.

7.    PKM-GT

PKM-GT ini bertujuan meningkatkan imajinasi bagi mahasiswa untuk merespon tantangan zaman, berupa konsep perubahan ataupun pengembangan dari berbagai aspek berbangsa, yang bersifat futuristik, jangka panjang, namun tetap berpotensi untuk direalisasikan.

Demikian penjelasan mengenai apa itu PKM mahasiswa, mulai dari pengertian, tujuan, persyaratan dan bentuk-bentuknya. Nah rencananya kamu mau ikut PKM bidang apa?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.