Sering Digunakan, Ini Pengertian dan Kegunaan TOEFL yang Perlu Kamu Ketahui

oleh | Feb 2, 2024 | Blog, Jalur Masuk PTN | 0 Komentar

Kegunaan TOEFL – Dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja, sertifikat TOEFL seringkali menjadi persyaratan yang harus dilampirkan. Tes ini sendiri merupakan tes kebahasaan Inggris yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang. Kegunaannya tentu banyak sekali, dan masing-masing biasanya menerapkan minimal nilai dalam persyaratannya.

Mengenal Lebih Dalam Mengenai TOEFL

TOEFL merupakan kependekan dari Test of English as a Foreign Language, yang sudah terdaftar dari ETS (Educational Testing Service) dan sudah ada dari 1947 di Amerika Serikat. Ada tiga macam tes dalam TOEFL ini, yakni international TOEFL test, institutional TOEFL test dan TOEFL Like-Test. Masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda, dan ada masa berlakunya.

International TOEFL test akan berlaku selama 2 tahun, dan akan menggunakan soal baru setiap tesnya. Sertifikatnya bisa diterima di seluruh universitas di dunia bisa  untuk melamar beasiswa di luar negeri.

Institutional TOEFL test akan menggunakan soal-soal International TOEFL Test tahun sebelumnya. Masa berlakunya hanya 6 bulan dan tidak bisa untuk mendaftar di universitas luar negeri (beberapa masih memperbolehkan).

Baca juga: Apa Itu PKM Mahasiswa? Begini Pengertian, Tujuan, Syarat dan Bentuknya

TOEFL Like-Test soal tesnya juga akan menggunakan soal-soal International TOEFL Test tahun sebelumnya. Tapi sertifikatnya tidak ada batas waktu berlakunya. Kekurangannya, hanya bisa digunakan untuk memenuhi syarat beberapa universitas di Indonesia.

Beragam Kegunaan Melakukan Tes TOEFL

Banyak sekali orang yang merasa kesal karena diharuskan melakukan tes TOEFL. Padahal kamu bisa menggunakan sertifikat TOEFL untuk banyak keperluan, karena kegunaannya banyak.

1.    Persyaratan Masuk Perguruan Tinggi

Pertama, banyak perguruan tinggi yang mengharuskan pendaftarnya melampirkan sertifikat TOEFL karena memang seleksinya juga ketat. Rata-rata perguruan tinggi negeri di Indonesia akan menerapkan skor TOEFL minimal 450, sedangkan untuk perguruan tinggi di luar negeri minimal adalah 600.

2.    Sertifikat yang Diterima Secara Luas

TOEFL juga menjadi tes kebahasaan yang sudah diakui secara luar bahkan dalam lingkup internasional. Jadi ketika kamu mau mendaftar kuliah atau melamar kerja baik di Indonesia maupun di luar negeri, dengan kemampuan bahasa Inggrismu yang cukup baik itu sudah bisa menjadi penunjang yang sangat dipertimbangkan.

3.    Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris

Mengikuti tes TOEFL selain untuk mempersiapkan diri juga bisa berguna untuk meningkatkan kemampuab bahasa Inggris kamu. Otak kamu bisa lebih terasah karena menghadapi soal-soal bahasa Inggris baik saat mempersiapkan tes maupun saat tesnya. Kamu juga mungkin bisa mendapatkan kosa kata baru yang bisa kamu terapkan sehari-harinya. Mengingat bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa Internasional yang banyak digunakan di banyak negara.

4.    Menambah Kesempatan dalam Berkarir

Memiliki sertifikat TOEFL dengan skor yang unggul juga memperluas kesempatan kamu dalma berkarir di perusahaan-perusahaan besar. Karena seringkali perusahaan ataupun posisi karir menerapkan persyaratan mahir berbahasa Inggris. Jadi kalau kamu memiliki sertifikat TOEFL ini bisa memperbesar kesempatan kamu untuk dilirik oleh atasan saat melamar kerja.

Lebih bagus lagi kalau kamu memiliki kemampuan berbahasa Inggris fasih secara lisan. Kamu mungkin berkesempatan mendapatkan peluang karir di posisi penting. Setelah dipanggil wawancara, kamu bisa memamerkan kemampuan berbahasa Inggris kamu, ya.

5.    Penunjang Lolos Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Memiliki nilai TOEFL yang tinggi juga bisa memberi kesempatan kamu mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, lho. Kamu bisa mendapatkan pengalaman baru di luar negeri, berkenalan dengan budaya baru, dan banyak lagi hal menyenangkan lainnya. Kamu juga akan lebih mudah beradaptasi karena tidak terlalu bermasalah dalam aspek bahasanya.

Itu dia kegunaan TOEFL yang bisa digunakan untuk mendaftar kuliah, kerja bahkan berkeliling dunia. Jadi jangan merasa terbebani untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, ya. Karena banyak sekali manfaatnya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.