Jadi Dokter Butuh Waktu Lama, Ini Tahapan Kuliah Kedokteran

oleh | Feb 3, 2024 | Blog, Jurusan Kuliah, Kedokteran, Magang, PTN, PTS | 0 Komentar

Tahapan Kuliah Kedokteran – Kuliah kedokteran memiliki tahapan yang sangat panjang dan memerlukan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan pendidikan bidang lain. Ini dikarenakan dokter akan menghadapi hal-hal vital yang menyangkut keselamatan pasien. Maka dari itu kemampuan yang dibutuhkan juga harus maksimal. Yuk ketahui bagaimana tahapan-tahapan kuliah kedokteran.

Tahapan Kuliah Kedokteran

Kuliah kedokteran sedikit berbeda dengan kuliah jurusan lainnya. Kamu nantinya tidak akan menganut sistem kredit semester (SKS), tapi sistem blok. Setiap satu blok kamu akan mempelajari satu sistem organ secara menyeluruh mulai dari fungsi, penyakit, obat, cara pemeriksaan sampai dengan interpretasi hasil laboratorium.

Untuk ujiannya kamu juga tidak ada Ujian Akhir Semester layaknya kuliah pada umumnya. Namun akan ada 3 jenis ujian yang akan kamu hadapi nantinya, yakni:

  • Ujian Teori Tertulis (tiap akhir blok) terdiri dari soal pilihan ganda dengan jumlah soal mencapai 500 butir.
  • Ujian OSCE (tiap akhir blok/semester): merupakan ujian keterampilan yang mengharuskan kamu mendiagnosa pasien manekin di depan dokter penguji.
  • Ujian SOCA (tiap akhir 2 semester): ujian lisan dimana kamu harus menjelaskan jawaban dari soal kasus, mulai dari konsep, tindakan, alasan, ekspektasi sampai dengan treatment yang akan kamu lakukan.

Baca juga: Sering Digunakan, Ini Pengertian dan Kegunaan TOEFL yang Perlu Kamu Ketahui

Setelah mengetahui gambaran sistem pembelajarannya, langsung saja kita bahas tahapan-tahapannya:

1.     Pendidikan Kedokteran Umum

Tahapan pertama, tentunya kamu harus menempuh pendidikan kedokteran umum di perguruan tinggi pilihan kamu. Masa pendidikannya rata-rata berjalan 4 tahun, namun kamu  masih belum resmi menjadi dokter setelah lulus nanti karena masih harus menjalani proses berikutnya.

2.     Kuliah Profesi

Setelah pendidikan sarjana kedokteran, kamu harus melanjutkan kuliah profesi atau disebut juga koas yang dilakukan di rumah sakit guna bisa mendapatkan gelar dokter. Koas ini memiliki arti lain magang atau co-assistant atau asisten dokter.

Jadi kamu akan belajar langsung di bawah tanggung jawab dokter profesional untuk bisa menjadi dokter resmi nantinya. Dalam program Koas ini kamu masih harus membayar biaya kuliah selama kurnag lebih 2 tahun atau lebih dari 14 state.

3.     Ujian Sertifikasi

Setelah selesai koas, kamu bisa mengikuti ujian sertifikasi bernama Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPDD) dengan tahapan: ujian CBT (computer based test) dan OSCE (Objective-structured clinical examination). Ujian ini akan dilakukan secara nasional dan jika lolos nantinya kamu bisa wisuda dan melakukan sumpah dokter. Setelah itu kamu baru resmi menyandang gelar dokter.

4.     Internship

Tahapan selanjutnya sebelum menjadi dokter umum, kamu wajib menjalani magang di bawah naungan dan pengawasan dokter senior. Tujuannya setelah dapat gelar, kamu juga masih harus memiliki STR atau Surat Tanda Registrasi yang dikeluarkan oleh Konsili Kedokteran Indonesia. Tenang saja, selama menjalani magang ini kamu akan diberikan upah oleh pemerintah. Setelah 1 tahun magang, kamu bisa dapat STR paten yang bisa digunakan untuk praktik sebagai dokter umum.

5.     Praktik Mandiri

Setelah mendapatkan STR Paten tadi, kamu bisa memulai praktik mandiri ataupun bekerja sebagai dokter umum di fasilitas kesehatan. Namun ketika kamu akan memutuskan melanjutkan pendidikan dokter spesialis, STR Paten yang sebelumnya kamu dapat menjadi tidak paten dan akan didapatkan kembali setelah selesai pendidikan spesialis.

6.     Lanjut Pendidikan Spesialis

Pendidikan spesialis akan mendalami satu bidang yang lebih spesifik, dan hanya menangani satu bidang penyakit saja. Jadi nanti dokter spesialis akan menangani pasien yang merupakan rujukan dari bidang-bidang lain. Ada banyak jenis spesialisasi dokter, dan rata-rata masa pendidikannya berlangsung 4-5 tahun.

Jadi demikianlah tahapan kuliah kedokteran. Bagaimana, apakah menurut kamu kuliah kedokteran tahapannya terlalu panjang?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.