5 Kampus yang Lulusannya Banyak Dicari Kemenkeu, Ada Kampus Incaranmu?

oleh | Feb 5, 2024 | Blog, Jurusan Kuliah, Kampus, PTN, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Kampus yang Lulusannya Banyak Dicari Kemenkeu – Kementerian Keuangan Republik Indonesia merupakan kementerian negara yang berada di lingkungan Pemerintahan Indonesia. Mereka mengurusi urusan keuangan dan kekayaan negara, yang berkedudukan langsung di bawah presiden dan bertanggung jawab kepada presiden. Posisi ini jadi posisi vital dan penting dalam tata kelola negara. Maka dari itu pastinya banyak yang mengincar posisi di Kemenkeu.

Nah pastinya Kemenkeu juga akan membuka kesempatan untuk lulusan-lulusan baru, dan banyak yang berasal dari kampus ternama di Indonesia. Kira-kira kampus mana saja yang lulusannya banyak dicari Kemenkeu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Daftar Kampus yang Lulusannya Banyak Dicari Kemenkeu

Setidaknya ada 5 kampus ternama yang lulusannya banyak menjadi pegawai di Kementerian Keuangan Indonesia. Berikut rinciannya:

1.    Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN

Di posisi pertama ada STAN yang merupakan sekolah kedinasan yang berfokus pada bidang administrasi negara. Tidak heran lulusannya pasti akan banyak dicari baik di Kemenkeu itu sendiri maupun lembaga pemerintahan lainnya. Berdasarkan data yang berasal dari platform LinkedIn, ada sebanyak 883 alumni STAN yang bekerja di Kementerian Keuangan Indonesia sampai sekarang ini.

Baca juga: Jadi Dokter Butuh Waktu Lama, Ini Tahapan Kuliah Kedokteran

2.    Universitas Indonesia

Menempati posisi kedua terbanyak adalah kampus UI yang merupakan kampus negeri ternama dan terfavorit di Indonesia. Untuk jumlah alumni UI yang menjadi pegawai di Kementerian Keuangan saat ini ada sebanyak 303 orang.

3.    Universitas Terbuka (UT)

Menjadi perguruan tinggi negeri terbesar di Indonesia, UT juga menyumbang sekitar 132 alumninya yang bekerja di Kemenkeu. Hal ini tentu membuat UT tidak bisa diremehkan lagi. Ditambah sekarang ini UT sudah menerapkan sistem belajar jarak jauh yang memudahkan mahasiswanya.

4.    Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM juga pastinya tidak pernah absen menempati posisi teratas dan menyumbang setidaknya 131 orang alumni yang bekerja di Kementerian Keuangan. Selain itu, lulusannya juga banyak dicari di kementerian Republik Indonesia yang lainnya.

5.    Universitas Padjadjaran (Unpad)

Universitas yang terletak di Bandung, Jawa barat ini juga jadi kampus yang alumninya banyak bekerja di Kementerian Keuangan. Sebanyak 70 orang yang berhasil berkontribusi di Kementerian Keuangan Indonesia sampai saat ini.

Nah dari kelima kampus ini, pastinya tidak semua lulusan dari berbagai jurusan bisa masuk Kemenkeu. Kira-kira jurusan apa saja yang besar peluang masuknya di Kemenkeu?

5 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan CPNS Kemenkeu

Ternyata meskipun Kemenkeu ini mengurusi bidang keuangan Indonesia, tidak semuanya juga harus berurusan dengan keuangan. Berikut beberapa jurusan yang banyak dicari Kemenkeu:

1.    Ekonomi atau Ilmu Ekonomi

Tidak hanya didominasi oleh lulusan PKN STAN saja, karena jurusan ini juga sudah tersebar di banyak perguruan tinggi termasuk keempat kampus tadi. Tentunya nanti lulusannya akan menempati posisi yang berhubungan dengan keuangan. Contohnya adalah posisi Analis Kebijakan – Ahli Pertama dan Analis Keuangan.

2.    Akuntansi

Keduan ada jurusan akuntansi yang sudah terlatih untuk mengurusi hal-hal keuangan. Jurusan ini menjadi salah satu target utama yang akan membantu mengelola keuangan negara. Selain Kemenkeu, lulusan akuntansi ini juga tergolong banyak dicari di tempat kerja untuk mengurusi pengelolaan keuangan.

3.    Statistika

Jurusan statistika ini pastinya sudah diajarkan untuk bisa memproses pengolahan data, mulai dari merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan mempresentasikan data. Jabatan yang bisa diduduki lulusan statistika adalah Analis Keuangan.

4.    Teknik Informatika

Posisi Analis Sistem Informasi dalam Kementerian Keuangan membutuhkan lulusan Teknik Informatika dan juga jurusan lain yang relevan seperti manajemen Informatika, Ilmu Komputer dan lainnya.

5.    Hukum

Analis Berkas Sengketa, Analis Kebijakan Dana Alokasi Umum, Analis Hukum dan beberapa formasi lain juga akan membutuhkan lulusan jurusan Hukum. Sekarang ini tercatat 49 CPNS lulusan hukum dibutuhkan untuk jabatan Analis Hukum di Kemenkeu.

Demikianlah informasi mengenai kampus yang lulusannya banyak dicari Kemenkeu dan juga jurusan-jurusan yang paling banyak dibutuhkan Kemenkeu. Jadi kalau kamu tertarik jadi pegawai di Kemenkeu, pastikan untuk mencoba memasuki jurusan dan kampus-kampus ini ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.