Calon Maba Wajib Tau! Ini Jurusan Kuliah Berdasarkan Rumpun Keilmuan

oleh | Feb 6, 2024 | Blog, Jurusan Kuliah, Materi, PTN | 0 Komentar

Rumpun Keilmuan – Jurusan kuliah di setiap perguruan tinggi ada banyak sekali pilihan yang terkadang membuat calon mahasiswa baru kebingungan memilihnya. Mungkin kamu salah satunya yang masih kebingungan memilih jurusan? Perlu diketahui bahwa jurusan kuliah bisa dibagi dalam 6 rumpun keilmuan yang akan kita bahas disini. Pembagian ini akan memudahkan kamu nantinya untuk lebih berfokus mempersiapkan diri untuk seleksi maupun perkuliahannya nanti.

Jurusan Kuliah Berdasarkan Rumpun Keilmuan

Bersumber pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 124/2014, Rumpun Ilmu Pengetahuan dan teknologi dalam perguruan tinggi ada 6, yakni:

  • Rumpun Ilmu Agama;
  • Rumpun Ilmu Humaniora;
  • Rumpun Ilmu Sosial;
  • Rumpun Ilmu Alam;
  • Rumpun Ilmu Formal;
  • Rumpun Ilmu Terapan;

Untuk rinciannya beserta dengan contoh-contoh jurusan di setiap rumpunnya antara lain sebagai berikut:

1.    Rumpun Ilmu Agama

Ilmu agama mempelajari kajian tentang keyakinan atas ketuhanan atau ketauhidan, sekaligus dengan teks-teks suci agama. Di Indonesia sendiri terdapat enam agama yang diakui, yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Baca juga: 5 Kampus yang Lulusannya Banyak Dicari Kemenkeu, Ada Kampus Incaranmu?

Namun kebanyakan perguruan tinggi lebih banyak mempelajari agama Islam, beberapa di antaranya yaitu:

  • Dirasat Islamiyah
  • Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir
  • Ilmu Hadist
  • Aqidah dan Filsafat Islam
  • Ilmu Tasawuf
  • Perbandingan Agama.

Untuk agama lain jurusannya meliputi Ilmu Teologi, Teologi Kependetaan, dan Pendidikan Agama Hindu.

2.    Rumpun Ilmu Humaniora

Humaniora merupakan ilmu yang akan mendalami nilai kemanusiaan dan pemikiran manusia, termasuk ilmu filsafat, linguistik, sejarah, seni, dan sastra. Di bidang sastra, beberapa pilihan jurusannya antara lain: jurusan Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Cina, Sastra Belanda, Sastra Jerman, Sastra Prancis, Sastra Jawa, dan Sastra Nusantara.

Untuk jurusan di bidang seni meliputi Seni Rupa, Seni Murni, Seni Tari, Seni Musik, Seni Teater, Seni Karawitan, dan Seni Pedalangan. Lalu jurusan lain yang masih berada dalam rumpun ilmu humaniora adalah Ilmu Sejarah, Ilmu Linguistik, Filsafat, dan juga Kajian Budaya.

3.    Rumpun Ilmu Sosial

Rumpun ilmu sosial merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji dan mendalami hubungan antar manusia dan berbagai fenomena di masyarakat. Jurusan yang termasuk dalam rumpun ilmu ini antara lain: Antropologi, Arkeologi, Sosiologi, Psikologi, Ilmu Politik, Ilmu Pemerintahan, dan Ilmu Ekonomi.

4.    Rumpun Ilmu Alam

Rumpun ilmu alam adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji dan mendalami alam semesta yang bukan tentang manusia. Contoh jurusannya antara lain Kimia, Fisika, Biologi, Geografi, Kelautan, Ilmu Tanah, dan Geofisika.

5.    Rumpun Ilmu Formal

Ilmu formal merupakan rumpun pengetahuan yang mengkaji serta memahami sistem formal teoritis yang terkait dengan logika dan metodologi. Jurusan yang termasuk ke dalam rumpun ilmu ini antara lain Matematika, Statistika, Ilmu Komputer.

6.    Rumpun Ilmu Terapan

Sesuai namanya, rumpun ilmu terapan rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang mengkaji dan mendalami aplikasi ilmu yang berguna bagi kehidupan manusia. Pembagiannya pun ada banyak, contohnya ilmu sosial, pendidikan, teknik, pertanian, kesehatan, sampai dengan desain dan kreatif.

Untuk ilmu sosial, jurusan pilihannya seperti Akuntansi, Administrasi, Bisnis, Manajemen, Hubungan Internasional, Ilmu Hukum, Ilmu Perpustakaan, dan Kesejahteraan Sosial. Lalu untuk pendidikan, ada Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Olahraga dan banyak lagi lainnya.

Di bidang teknik, ada banyak lagi pilihannya mulai dari Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Lingkungan, serta Teknik Perkapalan.

Lalu bidang pertanian, tersedia jurusan Agribisnis, Agroteknologi, Agronomi dan Hortikultura, Bioteknologi, Proteksi Tanaman, Manajemen Sumber Daya Lahan, serta Teknologi Pertanian. Di bidang kesehatan, ada Pendidikan Dokter, Keperawatan, Pendidikan Dokter Gigi, Kedokteran Hewan, Kebidanan, Gizi, Kesehatan Masyarakat, dan Kesehatan Lingkungan.

Terakhir bidang desain dan kreatif, pilihan jurusannya meliputi Desain Komunikasi Visual, Animasi, Desain Produk, Desain Interior, Desain Grafis, Fotografi, Pariwisata, Culinary, Jasa Perjalanan Wisata, dan Perhotelan.

Jadi sudah paham kan mengenai pembagian rumpun keilmuan dan jurusan kuliahnya. Apakah kamu sudah menentukan pilihan jurusan untuk masuk perkuliahan nanti?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.