Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Selain Guru

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Selain Guru

Kamu lulusan jurusan pendidikan dan masih bingung ingin bekerja menjadi apa? Selain guru, ternyata ada banyak peluang kerja untuk lulusan jurusan pendidikan, lho. Apa saja prospek kerja untuk lulusan jurusan pendidikan selain guru? Yuk, simak di sini!

Berbagai Manfaat Ikut Program Double Degree untuk Mahasiswa

oleh | Nov 24, 2022 | Blog, Tips | 0 Komentar

Manfaat Ikut Double Degree – Kamu ingin kuliah dan memiliki gelar ganda dengan waktu yang cepat? Kamu bisa mengikuti program double degree. Program double degree merupakan program yang mempelajari dua jurusan dalam dua program gelar yang terpisah dalam satu periode sekaligus.

Mahasiswa mendapatkan dua gelar akademis sekaligus dalam satu periode studi. Dua gelar tersebut bisa didapatkan dari kampus dalam negeri maupun kampus luar negeri yang menjadi universitas mitra. Di Indonesia, ada beberapa perguruan tinggi yang menyelenggarakan program double degree dan bekerja sama dengan universitas mitra di luar negeri.

Melalui program double degree, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Mendapatkan dua gelar

Mahasiswa yang mengikuti program double degree akan mendapatkan dua gelar. Setelah mahasiswa lulus akan mendapatkan dua gelar yang disandang dalam waktu sekaligus. Jika kamu ikut program ini di luar negeri, kamu bisa mendapatkan gelar lulusan dalam negeri dan luar negeri sekaligus.

Menjadi nilai tambah saat melamar pekerjaan

Salah satu keuntungan ikut program double degree adalah memberi nilai tambah saat melamar kerja. Pengalaman studi di dua jurusan sekaligus akan memberikan penilaian positif bagi karier kamu kedepannya. HR akan menganggap kamu memiliki disiplin kerja dan motivasi yang lebih baik.

Memperluas relasi

Belajar di dua jurusan sekaligus, tidak hanya akan memperluas ilmu tetapi juga memperluas relasi dan jaringan. Program double degree tidak hanya dapat dilakukan di kampus dalam negeri namun juga di kampus di luar negeri. Hal ini dapat memperluas relasi dan pertemanan yang akan berguna untuk mengembangkan karier kamu di masa depan.

Baca juga 9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Fasih dalam bahasa asing

Program double degree tidak hanya dilakukan di antar kampus dalam negeri tapi kamu juga bisa memilih kampus di luar negeri. Melalui program ini, kamu dituntut untuk belajar bahasa asing untuk kelancaran proses belajar. Kemampuan berbahasa asing juga dapat menjadi nilai tambah saat melamar kerja.

Beberapa perusahaan besar memasukkan kemampuan bahasa asing sebagai kualifikasi utama dalam perekrutan. Dengan memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik, peluang kamu untuk bisa bekerja di perusahaan ternama akan semakin terbuka lebar. Memiliki kemampuan bahasa asing yang baik juga akan membuatmu memiliki relasi yang lebih luas dan memiliki nilai lebih di mata orang lain.

Menghemat waktu

Kamu akan menghemat waktu dengan menyelesaikan dua gelar dalam satu periode studi. Kamu bisa mendapatkan dua gelar dalam rentang waktu yang singkat. Jika mengambil dua jurusan terpisah memerlukan waktu sekitar 8 tahun, dengan mengikuti program double degree kamu hanya perlu sekitar 4-5 tahun.

Mengasah keterampilan manajemen yang baik

Mahasiswa yang mengambil dua gelar sekaligus tentu memiliki aktivitas dan jadwal yang lebih padat dibanding mahasiswa lain pada umumnya. Hal ini menuntut mahasiswa untuk memiliki keterampilan manajemen yang baik, terutama dalam membagi waktu belajarnya.

Mengambil program double degree bukanlah hal yang mudah. Selain membutuhkan biaya kuliah dua kali lipat, kamu juga dituntut untuk belajar lebih giat dari mahasiswa lain pada umumnya. Namun, semua akan terbayar ketika kamu lulus. Lulusan program dua jurusan tersebut memiliki nilai lebih sehingga bisa mudah bersaing di masa depan.

Memiliki pengetahuan dan kemampuan yang luas

Mahasiswa yang mengikuti program double degree memiliki pengetahuan dan skill yang lebih luas dan mendalam. Hal ini membuat potensimu untuk mendapatkan kesempatan diterima di kerja perusahaan cukup besar.

Merasakan sistem pendidikan di luar negeri

Bagi kamu yang mengikuti program double degree di luar negeri, bisa merasakan dan mengetahui sistem pendidikan di luar negeri. Di sinilah kamu berkesempatan dan memiliki pengalaman untuk merasakan kualitas pendidikan di luar negeri.

Itulah Berbagai Manfaat Ikut Program Double Degree untuk Mahasiswa. Setelah membaca artikel di atas, apakah kamu berminat untuk mengikuti program double degree?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!