Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Berbagai Pilihan Prospek Kerja untuk Lulusan Hukum

oleh | Nov 3, 2021 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Hukum – Jurusan Hukum merupakan salah satu pilihan favorit calon mahasiswa ketika ingin mendaftar kuliah. Jurusan yang berada di rumpun Sosial dan Humaniora (Soshum) ini selalu ramai pendaftar. Selain karena memang kuota penerimaan yang banyak, jurusan ini favorit karena melihat prospek kerja lulusannya.

Setiap hidup kita baik di lingkungan tempat tinggal atau di lingkungan kerja, tentunya tidak bisa lepas dari hukum. Di balik penetapan dan implementasi aturan ini, terdapat banyak orang yang terlibat salah satunya tentu lulusan jurusan Hukum. Lulusan jurusan ini dibutuhkan di berbagai bidang sehingga tak heran jika banyak yang memilihnya.

Ada banyak prospek kerja yang bisa dipilih oleh lulusan jurusan Hukum. Apa saja pilihan pekerjaannya? Cari tahu di bawah ini, yuk!

Tentang Jurusan Hukum

Hukum merupakan studi ilmu yang luas karena menyangkut banyak aspek di masyarakat. Mahasiswa jurusan ini tidak hanya menghafal Undang-Undang namun juga mengkaji serta melihat penerapannya di masyarakat. Peraturan yang dipelajari pun sangat beragam mulai dari kehidupan personal sampai kenegaraan.

Di jurusan Hukum, mahasiswa akan belajar banyak hal yang berhubungan dengan bidang ini. Hukum yang dipelajari pun tidak hanya aturan di Indonesia, namun juga dunia internasional jika mengambil mata kuliahnya. Mahasiswa juga bisa memilih mata kuliah pilihan sesuai dengan minat masing-masing.

Baca juga Bagaimana Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat? Cek di Sini!

Prospek Kerja Bagi Lulusan Hukum

prospek kerja hukum

Mahasiswa jurusan Hukum tidak hanya belajar teori dan Undang-Undang. Selama mengikuti perkuliahan, mahasiswa akan dilatih kemampuannya di berbagai bidang. Mahasiswa akan belajar menganalisis, praktik di pengadilan, dan lain-lain. Kemampuan ini tentunya akan sangat berguna ketika lulus.

Kemampuan yang dimiliki oleh lulusan Hukum bisa digunakan di berbagai bidang. Lulusan Hukum memiliki prospek kerja yang luas yaitu seperti berikut.

Pengacara

Profesi paling terkenal bagi lulusan Hukum yaitu menjadi pengacara. Seorang pengacara kadang juga disebut sebagai advokat dan bekerja untuk melayani kliennya dalam bidang hukum. Pengacara dapat bekerja secara mandiri atau mengikuti sebuah lembaga hukum atau law firm.

Hakim

Hakim juga menjadi salah satu prospek kerja yang banyak diminati oleh lulusan Hukum. Seorang hakim memiliki peran penting dalam berjalannya pesidangan. Hakim memiliki tanggung jawab besar dalam sebuah kasus karena bertindak sebagai pembuat keputusan akhir.

Jaksa

Pilihan pekerjaan lainnya bagi lulusan jurusan Hukum yaitu menjadi jaksa. Seorang jaksa memiliki peran untuk menyampaikan dakwaan. Selain itu, seorang jaksa juga bisa menjadi pengacara ketika ada pihak yang tidak mampu membayar pengacara. Di profesi ini, kamu akan bekerja di bawah pemerintah sebagai ASN.

Notaris

Notaris merupakan profesi yang banyak dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Banyak orang yang membutuhkan jasa notaris untuk pengurusan berbagai hal seperti misalnya kepemilikan tanah. Jika kamu tertarik menjadi notaris, kamu perlu mengikuti pendidikan lanjutan yaitu Magister Kenotariatan.

Staf Legal

Setiap perusahaan tentunya membutuhkan staf yang ahli di bidang hukum. Lulusan jurusan Hukum bisa bekerja di bidang ini dengan menjadi staf legal. Staf legal akan berurusan dengan berabagai hal yang menyangkut hukum di suatu perusahaan seperti kontrak kerja, surat perjanjian, aset, dan lain-lain.

Staf HRD

Pilihan lainnya yang bisa diambil oleh lulusan Hukum yaitu bekerja di bagian Human Resource and Development atau HRD. Lulusan jurusan ini dibutuhkan di bagian personalia ini untuk mengurus karyawan terutama yang berhubungan dengan bidang hukum seperti kontrak kerja, evaluasi peraturan, hak-hak pekerja, dan lain-lain.

Akademisi

Bagi kamu yang suka dengan bidang akademik, tentunya bisa memilih untuk menjadi seorang akademisi atau dosen. Supaya bisa bekerja sebagai dosen Hukum, kamu perlu untuk mengikuti pendidikan lanjutan di jenjang S2 untuk memenuhi kualifikasi. Di profesi ini, kamu tidak hanya mengajar mahasiswa namun juga bisa melakukan penelitian.

Terdapat berbagai pilihan prospek kerja untuk lulusan Hukum yang bisa kamu pertimbangkan. Jurusan ini memiliki kesempatan kerja yang luas karena tenaga kerjanya sangat dibutuhkan. Sudah semakin yakin untuk kuliah Hukum?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!