Catat! Ini Prospek Kerja Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

by | Jan 15, 2024 | Blog, Jurusan Kuliah, Mata Kuliah, Prospek Kerja | 0 comments

Prospek Kerja Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota – Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota ini berada di fakultas Teknik Planologi. Tujuan dari diadakannya jurusan ini adalah untuk menciptakan lingkungan hidup yang efisien dan nyaman bagi masyarakat.

Mahasiswanya akan diajarkan cara menyusun rencana tata ruang wilayah dan kota, menyusun usulan kebijakan dari rencana yang dibuat, merealisasikan dan juga mengevaluasi suatu program pengembangan pembangunan dengan memperhatikan aspek sosial, ekonomi, lingkungan dan juga tata kelola yang berkelanjutan ke depannya. Yuk ketahui lebih lanjut mengenai jurusan ini beserta prospek kerjanya.

Apa yang Dipelajari Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota?

Dalam pembelajarannya, mahasiswa jurusannya akan mempelajari bidang konstruksi, pemetaan sampai dengan rancang bangun yang banyak dibutuhkan di dunia kerja nanti. Lulusannya akan berkesempatan berkarir di instansi pemerintah mulai dari KP3EI, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal sampai dengan Bappenas.

Beberapa mata kuliahnya antara lain:

  • Geologi Lingkungan
  • Kependudukan
  • Interpretasi Ruang
  • Proses Perencanaan
  • Analisis Lokasi dan Pola Ruang
  • Prasarana Wilayah dan Kota
  • Morfologi Kota
  • Perencanaan Kota
  • Perencanaan Tapak
  • Perencanaan Kota
  • Perancangan Kota
  • Pengembangan Lahan
  • Perumahan dan Pemukiman
  • Pembiayaan Pembangunan
  • Sistem Informasi Geografis
  • Studio Perencanaan
  • Perencanaan Transportasi
  • Hukum dan Administrasi Perencanaan
  • Perencanaan Transportasi, dan lainnya.

Fokus kajian untuk yang bisa diambil untuk tugas akhir nanti, kamu bisa mengambil: Perancangan Kota, Penataan Ruang, Perencanaan Pengembangan Wilayah, Sistem Informasi Perencanaan dan Pembangunan, Manajemen Prasarana Perkotaan. Gelar yang akan didapatkan nanti adalah Sarjana Teknik.

Baca juga: Mau Masuk Kuliah? Ini 5 Culture Shock Mahasiswa Baru yang Wajib Dicatat!

Prospek Kerja Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Lulusan ini akan memiliki prospek kerja di bidang pembangunan. Beberapa profesi yang direkomendasikan antara lain:

1.    Perencana Wilayah dan Kota

Pertama tentunya akan sejalur dan sesuai dengan jurusannya. Perencana wilayah kota ini biasanya akan bekerja dengan melakukan berbagai survey, kunjungan, dan penelitian dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Tujuannya untuk membuat perencanaan layout untuk mempersiapkan pembangunan.

Biasanya seorang perencana wilayah dan kota, akan sering menangani pembuatan layout apartemen, rumah dan juga ruko. Pihak-pihak yang memerlukan jasa ini juga beragam, mulai dari lembaga pemerintahan, swasta, masyarakat dan developer.

2.    Konsultan

Kamu juga bisa menjadi konsultan yang tugasnya memberikan arahan, gambaran, sampai dengan ide desain untuk membuat bangunan lengkap dengan estimasi biaya yang perlu dikeluarkan dari awal sampai selesai. Seorang konsultan memiliki tanggung jawab yang besar dengan mengemban segala resiko dalam pembangunan.  Maka dari itu gajinya terbilang cukup besar.

3.    Sekretariat Internasional

Selain berkemungkinan berkarir di pemerintahan, lulusan perencanaan wilayah dan kota juga bisa bekerja di kancah internasional dengan posisi sebagai sekretariat. Tugasnya juga tentunya berada di bidang pembangunan namun lingkupnya lebih besar.

4.    Pengembang properti

Pengembang properti merupakan pihak yang akan membangun suatu kawasan hunian seperti perumahan maupun apartemen. Bisa berupa perorangan maupun perusahaan. Tugasnya sendiri biasanya mencari lahan yang kosong untuk mendirikan properti dengan kepentingan komersial untuk dibangun gedung perkantoran, rumah, ruko, sampai dnegan pusat perbelanjaan.

Tugas lainnya juga biasanya kamu harus menjual properti dengan menjelaskan detail dan keunggulan bangunan supaya konsumen bisa tertarik dan membelinya. Untuk gaji profesi ini terbilang cukup besar, lho!

5.    Pegawai Negeri Sipil

Status PNS saat ini masih gencar diperebutkan masyarakat karena terbilang menjamin sampai masa tua nanti. Nah, kalau kamu mengincar untuk menjadi PNS, kamu juga memiliki kesempatan besar dan bisa ditempatkan di kantor kementerian nantinya. Beberapa penempatan yang biasanya membutuhkan lulusan perencanaan wilayah dan kota antara lain Kementerian LHK, PUPR, perhubungan dan BPPT.

6.    Dosen

Kalau kamu memiliki ketertarikan dan kemampuan untuk mengajar, kamu bisa melanjutkan studi dan berkarir menjadi dosen. Kamu bisa membagikan pengetahuan kamu dengan profesi tenaga pengajar ini kepada mahasiswa yang mengambil jurusan yang sama maupun yang relevan.

Jadi dari penjelasan prospek kerja jurusan perencanaan wilayah dan kota tadi, apakah kamu semakin mantap mengambil jurusan ini?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Yang Lainnya…

Raih Impian Masuk Kampus Pilihanmu Bersama Indonesia College. Tersedia Bimbingan Khusus PTN dan Sekolah Kedinasan