Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Selain Guru

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Selain Guru

Kamu lulusan jurusan pendidikan dan masih bingung ingin bekerja menjadi apa? Selain guru, ternyata ada banyak peluang kerja untuk lulusan jurusan pendidikan, lho. Apa saja prospek kerja untuk lulusan jurusan pendidikan selain guru? Yuk, simak di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

oleh | Nov 23, 2022 | Blog | 0 Komentar

Beasiswa Merdeka Pendidikan – Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Pendaftar program ini boleh mengajukan diri sendiri atau orang lain yang memang membutuhkan bantuan.

Program beasiswa ini berlangsung dari bulan Agustus sampai Desember 2022 dan terbagi menjadi 5 tahap pemberian bantuan. Proses pemberian bantuan beasiswa dilakukan setiap akhir bulan. Tim Kitabisa yang akan menyeleksi pendaftar dan memilih peserta yang berhak mendapatkan bantuan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Dokumen untuk Pendaftaran

Dokumen Wajib:

  • Kartu Tanda Penduduk
  • Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa
  • Kartu Keluarga

Dokumen Pelengkap:

  • Sertifikat Pendidikan (contoh sertifikat penghargaan, sertifikat kegiatan volunteer)
  • Sertifikat keterampilan
  • Foto medali/piala
  • Hasil karya

*Semua dokumen dijadikan satu dalam format PDF dengan maksimal size 10 MB.

Bentuk Bantuan

Bentuk bantuan yang diberikan berupa biaya tambahan pendidikan yang dapat digunakan untuk membayar uang SPP (untuk pelajar) dan UKT (untuk mahasiswa) atau kebutuhan penunjang pendidikan lainnya (buku, seragam sekolah, kuota internet, pelatihan keterampilan dari Kuncie dan kebutuhan relevan lainnya).

Nominal bantuan yang diberikan maksimal Rp2.500.000 dengan pembagian bantuan tunai Rp2.000.000 untuk biaya pendidikan dan Rp500.000 untuk biaya/barang penunjang pendidikan. Bantuan pendidikan ini diberikan hanya sekali dalam satu periode program. Bantuan akan dikirim/ditransfer ke penerima bantuan maksimal 2 minggu setelah pengumuman penerima beasiswa.

Baca juga Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Unggulan 2022

Skema Program

Berikut alur proses seleksi penerima hingga pengiriman bantuan:

  • Pencarian

Pencarian penerima manfaat lewat kanal Kitabisa. Calon pendaftar diminta mengisi formulir berisi data diri, dokumen pendukung, dan skill yang ingin dikembangkan

  • Kurasi

Proses kurasi penerima manfaat sesuai S&K, kelayakan dokumen, alasan mendapatkan bantuan oleh tim Kitabisa

  • Verifikasi

Proses pengecekan kembali data diri dan dokumen lampiran bagi peserta terpilih

  • Distribusi

Proses pengiriman biaya pendidikan dan peralatan pendukung pembelajaran kepada penerima manfaat

  • Monitoring & Reporting

Proses pelaporan oleh tim Kitabisa

Kriteria untuk Memilih Penerima Bantuan

Terdapat beberapa kriteria yang digunakan, antara lain:

  • Mengisi form keikutsertaan di laman https://ktbs.in/daftarsekarang
  • Download aplikasi Kitabisa
  • Melakukan donasi minimal satu kali lewat aplikasi Kitabisa pada periode program, untuk https://ktbs.in/gerakanbrandbaik atau galang dana yang sesuai preferensi peserta
  • Mampu menjelaskan secara lengkap cerita dan alasan kenapa peserta berhak mendapatkan beasiswa Merdeka Pendidikan
  • Hal yang perlu diketahui bahwasanya terdapat kuota penerima bantuan sehingga Tim Kitabisa berhak memilih dan menentukan penerima bantuan berdasarkan 4 poin di atas

Pengumuman penerima bantuan akan diinformasikan tanggal 26 setiap bulannya, di akun Instagram @kitabisacom juga bisa melalui Whatsapp resmi Kitabisa. Khusus untuk di bulan November, pengumuman akan diinformasikan tanggal 28.

Semoga artikel mengenai Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan di atas bermanfaat bagi kamu yang ingin ikut mendaftar beasiswa ini. Informasi lebih lengkapnya bisa diakses melalui laman https://blog.kitabisa.com/beasiswa-merdeka-pendidikan/.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!