Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Selain Guru

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Selain Guru

Kamu lulusan jurusan pendidikan dan masih bingung ingin bekerja menjadi apa? Selain guru, ternyata ada banyak peluang kerja untuk lulusan jurusan pendidikan, lho. Apa saja prospek kerja untuk lulusan jurusan pendidikan selain guru? Yuk, simak di sini!

Informasi Lengkap Terkait Pendaftaran Beasiswa Perintis

oleh | Nov 25, 2022 | Blog | 0 Komentar

Beasiswa Perintis – Beasiswa Perintis merupakan beasiswa bimbingan persiapan masuk ITB dan PTN lainnya bagi siswa kelas 12 SMA sederajat di Indonesia. Beasiswa ini mendukung biaya kuliah dan biaya hidup selama 4 tahun dalam rangka membina calon Leading Figure masa depan.

Program ini diselenggarakan oleh Lembaga Amil Zakat kota Bandung, Rumah Amal Salman. Beasiswa Perintis berjalan pada tahun 2018 sampai sekarang dan mulai dibuka pertama kali untuk cakupan wilayah Jawa Barat. Hingga hari ini, Beasiswa Perintis terus berinovasi hingga cakupannya seluruh Indonesia.

Pendaftaran Beasiswa Perintis kembali membuka pendaftaran dan sudah dibuka dari tanggal 24 Oktober sampai 30 November 2022. Beasiswa Perintis 2023 dibuka untuk siswa SMA/MA/SMK kelas 12 atau alumni lulusan tahun 2022 atau 2023. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini bagi kamu yang ingin mendaftar.

Sejarah

Pada tahun 2010, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Masjid Salman ITB untuk mengadakan program Beasiswa Pelopor. Beasiswa Pelopor merupakan beasiswa pendampingan untuk masuk ke ITB yang merupakan beasiswa biaya kuliah serta biaya hidup yang diberikan kepada siswa SMA yang unggul secara akademik namun terkendala secara ekonomi di Provinsi Jawa Barat.

Program Beasiswa Pelopor hanya berlangsung pada tahun 2010. Kemudian, pada tahun 2011-2017 Lembaga Pengembangan dan Pendidikan Salman ITB melanjutkan program ini dengan nama Beasiswa Perintis. Sejak saat ini, Beasiswa Perintis dikelola oleh Rumah Amal Salman yang merupakan Lembaga Amil Zakat di Bandung.

Baca juga Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Tujuan Beasiswa Perintis

  • Menjemput dan menyeleksi siswa yang berprestasi namun memiliki keterbatasan ekonomi dibina sehingga siap mengikuti seleksi masuk PTN.
  • Memberi bantuan biaya kuliah dan biaya hidup untuk peserta terpilih hingga lulus kuliah tepat waktu.
  • Memberikan pembinaan dan penguatan soft skill kepada penerima Beasiswa Perintis, sehingga dapat mewujudkan Leading Figure masa depan dan siap membangun daerah dan peradaban.
  • Menjadi bagian pemutus rantai kemiskinan dari keluarganya.

Program

Dalam programnya terbagi menjadi 2 yaitu persiapan masuk ITB/PTN lainnya dan pembinaan saat berkuliah. Program persiapan masuk ITB berupa Learning Camp atau bimbingan belajar secara intensif selama 1 bulan dalam menghadapi persiapan UTBK.

Program kedua adalah pembinaan saat berkuliah, pembinaan ini terbagi lagi menjadi 2 yaitu pembinaan di tingkat pertama dan pembinaan tingkat 2 sampai tingkat 4. Kegiatan Learning Camp terdiri dari kegiatan belajar materi UTBK di ruang kelas bersama pengajar profesional, kegiatan motivasi, kegiatan outbond, kegiatan spiritual, kegiatan untuk menentukan minat dan bakat, dan lain-lain. Kegiatan Learning Camp berlangsung selama kurang lebih 1 bulan.

Manfaat yang akan diterima apabila mengikuti Beasiswa Perintis

  • Bimbingan belajar intensif
  • Try out berkala
  • Training motivasi
  • Konsultasi pemilihan jurusan
  • Relasi dengan sesama peserta se-Indonesia
  • Pemberian biaya kuota dan fasilitas selama pembinaan
  • Pemberian biaya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)
  • Beasiswa biaya kuliah dan biaya hidup selama masa kuliah 4 tahun (bagi yang terpilih sampai akhir proses seleksi)
  • Pembinaan intensif selama kuliah (bagi yang terpilih sampai akhir proses seleksi)

Itulah Informasi Lengkap Terkait Pendaftaran Beasiswa Perintis. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi kamu yang ingin mendaftar!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!