Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Informasi Lengkap Mengenai Kedokteran Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT)

oleh | Mei 28, 2022 | Blog, Kedokteran, PTN | 0 Komentar

Kedokteran UNSRAT – Bagi kamu putra-putri Indonesia bagian timur, jika ingin melanjutkan studi di bidang kedokteran tidak perlu jauh-jauh merantau ke pulau Jawa. Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) dapat kamu jadikan pilihan untuk berkuliah dengan kualitas yang tidak diragukan lagi dalam melahirkan dokter-dokter muda. 

Fakultas Kedokteran (FK) UNSRAT berada di Kota Manado, Sulawesi Utara dan telah berdiri sejak tahun 1959. Kamu tertarik ingin melanjutkan studi di Program Studi Kedokteran UNSRAT? Ada beberapa jalur masuk yang bisa kamu ikuti untuk menjadi mahasiswa baru di universitas ini.

Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini! 

Sejarah

Gagasan pendirian Fakultas Kedokteran (FK) di Manado muncul sejak akhir dekade lima puluhan karena di wilayah utara kawasan Indonesia timur masih kekurangan dokter. Selain itu, banyak pula lulusan menengah atas yang ingin melanjutkan studi di bidang medis. Akhirnya gagasan ini diwujudkan dengan mendirikan Fakultas Kedokteran di bawah naungan Univeristas Sulawesi Utara (UNSUT, cikal bakal Universitas Sam Ratulangi).

Saat itu, UNSUT masih akan diakreditasi dengan syarat akreditasi harus memiliki minimal dua fakultas eksakta. Fakultas Kedokteran UNSUT akhirnya didirikan di Manado pada tanggal 28 Mei 1959 yang selanjutnya pada tanggal 26 Desember 1961 diakui sebagai Fakultas Kedokteran Negeri. Nama Universitas yang menaungi Fakultas Kedokteran ini dalam perkembangannya sempat berganti nama beberapa kali. 

Mulanya bernama Universitas Sulawesi Utara (UNSUT) lalu menjadi Universitas Sulawesi Utara Tengah (UNISUT), kemudian UNSULUTENG kemudian yang terakhir menjadi Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT). Penamaan ini sebagai penghargaan kepada jasa pejuang dan tokoh Nasional asal Sulawesi Utara yaitu Dr. G.S.S.J. Ratulangi. 

Sebanyak 65 mahasiswa diterima saat pertama kali beroperasi dengan kuliah pertama pada 8 Juni 1959. Perkuliahan pada masa itu masih berpindah-pindah dengan fasilitas serba pinjaman mulai dari di gedung-gedung bioskop, aula RSU Gunung Wenang, rumah-rumah dokter dan lain-lain. Hingga saat ini, Fakultas Kedokteran Unsrat telah memiliki 15 program studi mulai dari Program Studi Pendidikan Dokter, Program Studi Keperawatan, Program Studi Pendidikan Dokter Gigi hingga berbagai Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis.

Visi

Membangun Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi menuju fakultas yang unggul (Excellent Faculty) dan menjunjung tinggi budaya lokal bidang kedokteran dan kesehatan tahun 2030.

Misi

  1. Menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, kedokteran gigi dan keperawatan, mampu berperan dalam meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup bangsa serta mampu bersaing secara global.
  2. Meningkatkan kualitas manajemen fakultas agar mempunyai tata kelola optimal untuk menunjang kegiatan pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkelanjutan.
  3. Mendorong hasil pendidikan dan penelitian yang dapat digunakan untuk pengabdian yang mendukung daya saing bangsa.
  4. Membangun kerjasama dengan institusi kedokteran dan kesehatan yang efisien serta membangun sistem kesehatan akademik (academic health system).
  5. Meningkatkan kesejahteraan segenap civitas akademika yang bercirikan profesionalitas.

Akreditasi

Program Studi Pendidikan Dokter UNSRAT telah mendapatkan akreditasi Unggul atau setara A oleh LAM-PTKes yang diperbarui tahun 2022 melalui SK nomor 0305/LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2022.

Baca juga: Daftar Lengkap Akreditasi Program Kedokteran di Indonesia

Kurikulum

Program Studi Pendidikan Dokter UNSRAT ditempuh dalam 7 semester dengan total 147 SKS. Pelaksanaan pembelajaran dimulai dari mata kuliah dasar, masing-masing sistem organ dan gangguannya hingga keterampilan klinik dasar sebanyak 18 SKS untuk meningkatkan skills lab mahasiswa. 

Jalur Masuk 

Penerimaan mahasiswa baru di Program Studi Pendidikan Dokter dapat melalui beberapa jalur yaitu:

  • SNMPTN
  • SBMPTN
  • Jalur Mandiri Tumou Tou (T2)

Jalur mandiri Tumou Tou (T2) dilaksanakan melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer Tumou Tou (UTBK T2) dengan kelompok ujian Saintek dan Soshum. Khusus Program Studi di Fakultas Kedokteran, calon mahasiswa yang diperbolehkan mendaftar hanya dari siswa SMA/MA dengan jurusan IPA dan berasal dari Sulawesi Utara. 

Berikut jadwal penerimaan Jalur Mandiri Tumou Tou (T2):

  • Pendaftaran: 10 Mei – 30 Juni 2022
  • Pencetakan Kartu Tanda Peserta: 10 Mei – 1 Juli 2022
  • Ujian Tulis Berbasis Komputer Tumou Tou (UTBK T2): 4 s.d. 16 Juli 2022
  • Pengumuman Hasil Seleksi T2: 19 Juli 2022
  • Verifikasi berkas dan validasi oleh Biro Akademik: 20 s.d. 26 Juli 2022
  • Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT): 20 s.d. 29 Juli 2022

Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi laman Pengumuman Penerimaan Jalur Mandiri Tumou Tou (T2).

Biaya Kuliah

Pembiayaan kuliah di Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) mengadopsi sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dalam 8 kelompok sesuai penghasilan orang tua. Tidak ada perbedaan UKT dan tambahan uang pangkal/uang gedung untuk jalur masuk SNMPTN, SBMPTN maupun Jalur Mandiri Tumou Tou (T2).

Itulah Informasi Lengkap Mengenai Kedokteran Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT), semoga dapat membantu, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!