Simak, Berikut 5 Perbedaan S1 dan D4 yang Perlu Kamu Tahu!

by | Oct 9, 2023 | Blog, Jurusan Kuliah, Prospek Kerja, Tips | 0 comments

Perbedaan S1 dan D4 – Setelah menjalani masa sekolah wajib selama 12 tahun mulai dari SD, SMP, hingga SMA, sekarang kamu mungkin dihadapkan dengan pilihan untuk melanjutkan pendidikan di tingkat yang lebih tinggi. Kali ini, ada beberapa jenjang pendidikan yang bisa kamu pilih. Pilihan ini juga akan menentukan berapa lama kamu akan menempuh pendidikan tersebut. Ada pendidikan diploma atau vokasi dengan berbagai jenjang mulai dari  D1, D2, D3, atau D4. Ada pula jenjang sarjana (S1) yang bisa ditempuh selama 4 tahun. 

Meskipun memiliki jangka waktu pendidikan yang sama selama 4 tahun, jenjang pendidikan S1 dan D4 ternyata punya banyak perbedaan mulai dari materi perkuliahan hingga peluang kerjanya. Tentunya, hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana (S1) ataupun Sarjana Terapan (D4). Tenang saja, artikel bisa jadi panduan untuk kamu yang dilanda kebingungan dalam memilih kedua jenjang pendidikan ini. 

Yuk, simak informasi selengkapnya mengenai perbedaan antara pendidikan S1 dan D4 di bawah ini!

1. Kurikulum dan materi pembelajaran

Hal pertama yang membedakan jenjang Sarjana (S1) dan Sarjana Terapan (D4) terletak pada pembelajarannya. Mahasiswa S1 akan lebih banyak mendapatkan pembelajaran melalui teori, sementara mahasiswa D4 akan banyak mengikuti praktik langsung selama belajar. Oleh karena itu, jenjang pendidikan D4 juga dikenal sebagai Sarjana Terapan karena merupakan versi lebih praktikal dari jenjang S1. 

Jika mahasiswa D4 akan menerima 60% praktik dan 40% teori pada kurikulumnya, maka mahasiswa S1 mendapatkan persentase sebaliknya pada kurikulum pembelajarannya. Metode pembelajaran ini bisa kamu jadikan pertimbangan untuk menentukan jenjang pendidikan yang sesuai dengan gaya belajarmu, loh! Jadi, kamu lebih senang belajar dengan mengkaji banyak teori atau praktik langsung ke lapangan, nih?

2. Pilihan kampus dan program studi

Serupa dengan jenjang pendidikan, pilihan kampus atau perguruan tinggi pun juga terdiri dari beberapa pilihan. Jika kamu ingin mengikuti pendidikan S1, kamu bisa memilih untuk berkuliah di universitas dibandingkan dengan politeknik atau akademi. Di Universitas, kamu akan menjumpai lebih banyak pilihan program sarjana. Namun, beberapa universitas juga saat ini sudah membuka pilihan program vokasi yang membuka pendidikan D3 atau D4 dengan program studi yang juga berbeda. 

Berbeda dengan universitas, di politeknik atau akademi kamu akan menemukan pilihan pendidikan tingkat diploma mulai dari D1 hingga D4. Selain itu, umumnya politeknik atau akademi merupakan institusi perguruan tinggi yang membuka pilihan jurusan dari satu rumpun keilmuan yang linier yang Beberapa contohnya yaitu Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan), Politeknik Kesehatan (Poltekkes), hingga Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). 

Baca juga: Jenis Perguruan Tinggi: Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Akademi

3. Gelar akademik

Dengan jenjang pendidikan yang berbeda, lulusan dari jenjang pendidikan D4 juga akan mendapatkan gelar akademik yang berbeda dengan lulusan S1. Mahasiswa yang lulus program S1 akan mendapatkan gelar Sarjana sesuai dengan keilmuan yang diambil. Contohnya, S.Ked. (Sarjana Kedokteran) bagi mahasiswa jurusan kedokteran, S.Ak. (Sarjana Akuntansi) bagi mahasiswa jurusan akuntansi, atau S.Hum. (Sarjana Humaniora) bagi mahasiswa dari rumpun sosial humaniora. 

Tak jauh berbeda, mahasiswa dari jenjang pendidikan D4 akan mendapatkan gelar yang mirip yaitu Sarjana Terapan (S.Tr.) setelah lulus nantinya. Gelar ini juga akan disesuaikan dengan jurusan atau bidang ilmu yang ditekuni selama kuliah. Beberapa contohnya yaitu S.Tr.Sos. untuk Sarjana Terapan Sosial, S.Tr.Han. untuk Sarjana Terapan Pertahanan, hingga S.Tr.Kep. untuk Sarjana Terapan Keperawatan. 

4. Peluang karir

Selanjutnya, setelah lulus, alumni S1 dan D4 juga memiliki peluang karir yang cukup berbeda. Karena mendapatkan pembelajaran lebih praktikal, biasanya banyak lowongan pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus akan mengutamakan lulusan Sarjana Terapan atau D4. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bagi lulusan sarjana jika memiliki keilmuan atau pengalaman kerja yang sesuai, loh!

Meskipun begitu, peluang karir bagi lulusan sarjana juga tak kalah melimpah untuk berbagai posisi pekerjaan. Pada dasarnya, jenjang pendidikan hanya menjadi tahap seleksi awal yang nantinya dapat dinilai lebih lanjut melalui rangkaian proses rekrutmen lainnya.

Baca juga: Perbedaan Mendasar Kuliah Jenjang D1, D2, D3, D4, dan S1

5. Pendidikan Lanjutan

Apakah kamu memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi seperti S2 atau S3? Kamu bisa langsung melanjutkan pendidikan magister atau S2 setelah lulus dari jenjang S1 maupun D4, loh! Bedanya, di beberapa kampus, lulusan D4 diharuskan untuk mengikuti program matrikulasi terlebih dahulu pada awal perkuliahan. 

Program matrikulasi ditujukan untuk menjembatani perbedaan pembelajaran pada jenjang atau keilmuan yang berbeda. Hal ini tidak lain agar mahasiswa memiliki pemahaman dan kompetensi yang seragam sejak awal perkuliahan sehingga bisa mengikuti pembelajaran dengan baik nantinya. Jadi, lulusan diploma pun juga memiliki kesempatan yang sama untuk mendalami ilmunya ke jenjang yang lebih tinggi. 

Setelah menyimak berbagai perbedaan antara jenjang pendidikan S1 dan D4 di atas, kamu memutuskan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang apa, nih? Apapun pilihannya, ilmu dan pengalaman yang akan kamu dapatkan selama perkuliahan pastinya akan bermanfaat bagi masa depan kamu.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Yang Lainnya…

Raih Impian Masuk Kampus Pilihanmu Bersama Indonesia College. Tersedia Bimbingan Khusus PTN dan Sekolah Kedinasan