Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Pilih Kuliah atau Masuk Kedinasan? Cari Tahu Perbedaannya di Sini!

oleh | Jan 24, 2022 | Blog, Tips | 0 Komentar

Kedinasan atau Kuliah – Setelah lulus dari sekolah menengah, salah satu pilihan yang bisa diambil yaitu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Di Indonesia, pilihan perguruan tinggi cukup beragam. Lulusan SMA/sederajat bisa memilih untuk lanjut pendidikan ke perguruan tinggi umum atau sekolah kedinasan.

Pemilihan institusi pendidikan di antara perguruan tinggi umum dan kedinasan tentunya perlu dipertimbangkan dengan matang. Keduanya memiliki berbagai perbedaan yang akan berpengaruh langsung terhadap pelaksanaan perkuliahan serta prospek kerja ke depannya. Lalu, lebih pilih masuk kedinasan atau kuliah, ya? Simak penjelasannya berikut ini!

Perbedaan Sekolah Kedinasan dan Kuliah di Perguruan Tinggi

kedinasan atau kuliah

Sekolah kedinasan dengan perguruan tinggi umum merupakan pilihan institusi pendidikan tinggi yang bisa menjadi tujuan lulusan SMA/sederajat. Meskipun sama-sama berdiri sebagai institusi pendidikan tingkat lanjut, keduanya memiliki beberapa perbedaan mendasar. Sebelum memutuskan, ada baiknya calon peserta didik untuk mengetahui perbedaan ini.

Penyelenggara pendidikan

Perbedaan pertama dari sekolah kedinasan dan perguruan tinggi umum yaitu penyelenggara pendidikan. Pendidikan di perguruan tinggi diselenggarakan oleh institusi itu sendiri baik di negeri atau swasta. Sedangkan sekolah kedinasan berada dalam naungan lembaga pemerintah dan pendidikannya dilakukan langsung oleh badan dalam lembaga tersebut.

Proses seleksi peserta didik baru

Seleksi peserta didik baru di sekolah kedinasan dan perguruan tinggi juga berbeda. Seleksi di sekolah kedinasan biasanya akan dilakukan dalam beberapa tahapan mulai dari administrasi, SKD, fisik, kesehatan, dan lain-lain. Sedangkan seleksi di perguruan tinggi tidak dilakukan dalam banyak tahapan, cukup 1 kali tes.

Biaya kuliah

Biaya perkuliahan di perguruan tinggi terbilang tidak murah, terutama di jurusan dengan banyak praktik. Mahasiswa bisa mendapatkan keringanan biaya dengan mengajukannya ke kampus atau mencari beasiswa. Sedangkan di sekolah kedinasan, mahasiswa akan mendapatkan keringanan biaya bahkan gratis.

Jenjang pendidikan

Perbedaan lainnya yang perlu diperhitungkan ketika memilih sekolah kedinasan atau kuliah adalah jenjang pendidikan. Di sekolah kedinasan, pilihan jenjang pendidikan yang ada kebanyakan berada di tingkat Diploma. Sedangkan di perguruan tinggi, pilihan jenjang pendidikannya lebih banyak yaitu Diploma atau Sarjana.

Proses pendidikan

Proses pendidikan di perguruan tinggi dan sekolah kedinasan juga tentunya berbeda. Di perguruan tinggi, mahasiswa akan menjalani perkuliahan sesuai jurusan dengan kombinasi praktik dan teori sesuai jenjang. Sedangkan di sekolah kedinasan, taruna tidak hanya mengikuti kelas, karena ada institusi yang menganut semi militer. Taruna pun akan dilatih di bidang akademik dan juga fisiknya.

Prospek kerja

Prospek kerja juga menjadi perbedaan yang cukup mencolok dari sekolah kedinasan dan perguruan tinggi. Lulusan sekolah kedinasan memiliki prospek kerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), terutama jika mengikuti program ikatan dinas. Sedangkan lulusan perguruan tinggi umum tidak terikat dan bisa bekerja baik di pemerintahan, BUMN, atau swasta.

Baca juga Biaya yang Perlu Disiapkan Jika Ingin Masuk Sekolah Kedinasan.

Apa yang Perlu Dipertimbangkan?

Melihat penjelasan di atas, kamu bisa mengetahui bahwa sekolah kedinasan dan perguruan tinggi umum memiliki berbagai perbedaan. Pendidikan di keduanya tentu berbeda. Lalu, lebih baik pilih mana, sekolah kedinasan atau kuliah? Beberapa pertimbangan yang bisa dilakukan yaitu:

  • Cari tahu dulu keinginan, minat pendidikan, atau jurusan yang diinginkan.
  • Pertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan untuk mengikuti pendidikan.
  • Perjelas gambaran pekerjaan yang diinginkan di masa depan.
  • Mencari tahu proses seleksi yang akan dihadapi.

Itulah penjelasan tentang Pilih Kuliah atau Masuk Kedinasan Cari Tahu Perbedaannya di Sini! Memilih sekolah kedinasan atau perguruan tinggi bisa dilakukan menyesuaikan minat dan keinginan di masa depan. Jika ingin kepastian bisa memilih sekolah kedinasan. Sedangkan jika ingin lebih fleksibel, bisa memilih kuliah di perguruan tinggi. Semoga informasi ini membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…