Yuk Kenalan! Jurusan Antropologi Belajar Apa?

oleh | Des 2, 2023 | Blog, Jurusan Kuliah, Mata Kuliah, Prospek Kerja | 2 Komentar

Jurusan Antropologi Belajar Apa – Sudah pernahkah kamu mendengar jurusan ini? Jurusan antropologi, merupakan jurusan yang akan mempelajari mengenai ilmu manusia. Ruang lingkupnya sendiri sangat luas, contoh yang akan dipelajari adalah seputar budaya, agama, bahasa, keluarga, bahkan sampai dengan politiknya. Para ahli antropologi akan mempelajari ciri khas dan juga kesamaan manusia yang ada dari suatu tempat.

Kenalan dengan Jurusan Antropologi di Perkuliahan

Jurusan antropologi ini menjadi ilmu yang akan mengulik mengenai perubahan manusia baik secara perilaku ataupun lainnya sesuai dengan perkembangan zaman. Kalau kamu ingat, sejak zaman purba dulu, manusia sudah hidup dengan berbagai cara, seperti dengan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Karena hal inilah budaya manusia di setiap daerahnya pun berbeda-beda.

Di Indonesia, ilmu antropologis sendiri dikenalkan dan dikembangkan oleh Prof. Dr. Koentjaraningrat yang menjadi Bapak Antropologi Indonesia. Menurut beliau, antropologi bisa berupa bahasa, pengetahuan, organisasi sosial, peralatan hidup dan teknologi, ekonomi, religi sampai dengan keseniannya.

Baca juga: Jurusan Komputerisasi Akuntansi: Jurusan Level-Up dari Akuntansi

Mata kuliah dalam jurusan antropologi ini tentunya juga banyak turunan yang tentunya relevan dalam ilmu antropologinya. Beberapa mata kuliahnya seperti: Arkeologi, Antropolgo Kesenian, Antropologi Hukum, Antropologi Maritim, Antropologi Psikologi, Antropologi Ekologi, Antropologi Agama, Antropologi Kesehatan, Antropologi Ekonomi, dan masih banyak lagi lainnya.

Kenapa Harus Mengambil Jurusan Ini?

Meskipun jurusan ini terkesan tidak banyak dikenal, namun ada beberapa alasan kenapa kamu perlu mencoba untuk mempertimbangkan jurusan ini saat mau masuk kuliah.

1.    Cakupannya Luas

Cakupan Antropolog sangat luas, selama bidang masih berkaitan dengan manusia dan kebudayaan maka lulusan antropolog bisa menjejaki karir di sana. Antropolog akan selalu menjelajahi tempat baru, dan mengetahui alasan mengapa setiap wilayah atau negara bisa memiliki budaya yang berbeda. Begitu juga dengan banyak negara yang memiliki kebudayaan yang mirip.

2.    Terbiasa Melakukan Penelitian

Jurusan antropologi akan sering melakukan penelitian, seperti observasi dan analisis, yang menjadikan mereka memiliki kemampuan penelitian yang mumpuni. Dengan begitu, nantinya setelah lulus mereka bisa mendapatkan peluang lebih dalam dunia kerja yang luar, terutama yang selalu melakukan penelitian. Contohnya dalam instansi pemerintah, lembaga penelitian maupun perusahaan-perusahaan asing.

3.    Bisa Memberikan Rekomendasi Penyelesaian Masalah

Karena dalam perkuliahan antropologi ini mahasiswa akan dituntut untuk mempelajari banyak aspek tentang manusia, seperti dalam sosial-kulturnya, maka ketika kamu terjun dalam dunia kerja yang berfokus pada aspek sosial maka bisa memberikan masukan untuk penyelesaian masalah tersebut. Tidak mustahil juga kamu mendapat posisi yang bagus karena kemampuan berpikir kritis kamu, lho.

Prospek Kerja Lulusan Antropologi

Setelah mengetahui sedikit-banyak mengenai jurusan antropologis, tentu kamu juga akan bertanya-tanya mengenai karir apa saja yang bisa dilakukan oleh lulusannya nanti. Ternyata lulusannya memiliki peluang karir yang cukup menjanjikan, seperti:

  • Jurnalis
  • Pustakawan
  • Peneliti
  • Antropolog
  • Dosen

Universitas yang Menyediakan Jurusan Antropologi

Kalau kamu suka menganalisis, dan suka mengulik-ngulik perbedaan yang ada pada umat manusia, kamu bisa memanfaatkan rasa kepo kamu dengan memperdalam pengetahuan antropologi kamu disini. Ada beberapa universitas yang menyediakan jurusan antropologi ini, di antaranya:

  • Universitas Airlangga (Jurusan Antropologi)
  • Universitas Halu Oleo (Jurusan Antropologi)
  • Universitas Hasanuddin (Jurusan Antropologi)
  • Universitas Padjadjaran (Jurusan Antropologi)
  • Universitas Indonesia (Jurusan Antropologi Sosial)
  • Universitas Sumatera Utara (Jurusan Antropologi Sosial)
  • Universitas Andalas (Jurusan Antropologi Sosial)
  • Universitas Khairun (Jurusan Antropologi Sosial)
  • Universitas Gadjah Mada (Jurusan Antropologi Budaya)
  • Universitas Udayana (Jurusan Antropologi Budaya)

Nah, itu dia penjelasan mengenai jurusan antropologi belajar apa saja selama perkuliahannya. Bagaimana, tertarik untuk mempelajari ilmu mengenai manusia ini?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

2 Komentar

  1. Afifatu Haibah

    Halo! Terima kasih banyak untuk artikel ini. Saya sangat tertarik dengan jurusan antropologi dan artikel ini memberikan wawasan yang sangat berguna tentang apa yang bisa dipelajari dalam jurusan tersebut. Informasinya sangat bermanfaat dan membuat saya semakin tertarik untuk mengeksplorasi bidang ini. Terima kasih banyak atas artikelnya!

    Balas
    • Nofa Chasanah

      Halo, terima kasih kembali sudah membaca tulisan kami 🙂
      Semoga bisa bermanfaat, sukses selalu!

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.