7 Cara Mencari dan Menentukan Judul Skripsi dengan Cepat

oleh | Nov 27, 2023 | Blog, Tips | 0 Komentar

Cara menentukan judul skripsi – Para pejuang skripsi mari merapat! Apakah kamu salah satu di antara mahasiswa semester akhir yang sedang dilanda kepusingan memikirkan tugas akhir? Seperti namanya, tugas akhir atau skripsi (bagi S1) menjadi langkah terakhir yang harus dilewati mahasiswa untuk bisa lulus dari bangku kuliah. 

Meskipun ini adalah tugas terakhir, skripsi justru dikenal menghantui para mahasiswa tingkat akhir karena dikenal sulit dan butuh waktu lama untuk menyelesaikannya. Penyebabnya pun beragam, mulai dari penelitian yang memakan waktu, kesulitan menghadapi dosen pembimbing, manajemen waktu yang buruk, atau bahkan sulit menentukan topik dan judul skripsi itu sendiri. 

Tidak perlu risau lagi, mari sama-sama kita bedah cara menentukan judul skripsi untuk menghalau kebingunganmu. Yuk, simak dan cermati!

Cara mencari dan menentukan judul skripsi

1. Kenali topik atau bidang yang kamu minati

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menentukan judul skripsi adalah dengan mengenali minatmu. Setelah kuliah beberapa tahun, pastinya kamu punya satu atau beberapa bidang yang menarik perhatianmu. Dengan mengambil topik skripsi yang sesuai minat, perjalanan kamu menyelesaikan skripsi juga akan lebih menyenangkan. 

Bayangkan jika kamu mengambil topik yang tidak kamu sukai atau pahami, tentu kamu akan lebih sulit untuk menyelesaikannya. Untuk mengenali topik atau bidang yang kamu minati, kamu bisa coba melihat mata kuliah dengan nilai bagus yang kamu dapatkan. Dengan begini, kamu akan mengurangi sedikit beban dalam perjalanan skripsimu nantinya.

Baca juga: Apa Itu Tugas Akhir? Ini Perbedaannya dengan Skripsi

2. Perbanyak membaca referensi dan literatur ilmiah

Bagi beberapa mahasiswa, membuat karya tulis ilmiah seperti skripsi adalah pengalaman pertamanya selama kuliah. Sehingga, perlu banyak membaca referensi penelitian lainnya untuk bisa terbiasa dengan alur dan sistematika penulisan karya ilmiah. 

Dengan banyak membaca referensi ilmiah, kamu juga bisa menemukan berbagai inspirasi untuk topik atau judul skripsimu, loh! Kamu bisa menemukan banyak referensi penelitian atau literatur dengan membaca artikel/jurnal ilmiah yang sudah dipublikasikan, contohnya di Google Scholar. 

3. Cari dan baca skripsi terdahulu

Tips lainnya adalah dengan mencari dan membaca naskah skripsi terdahulu dari kakak tingkat yang sudah lulus di kampusmu. Biasanya, naskah tugas akhir akan dipublikasikan di perpustakaan kampus, baik dalam bentuk fisik maupun soft file di laman e-library kampus. 

Naskah skripsi dari para mahasiswa yang sudah lulus ini bisa memberikan kamu gambaran lebih detail mengenai penulisan hingga topik penelitian yang pernah dikerjakan sebelumnya. Bahkan, kamu juga bisa meneruskan penelitian tersebut dengan menentukan beberapa poin yang perlu diperbaiki atau dilanjutkan di penelitian selanjutnya. 

Baca juga: Mengenal Google Scholar atau Google Cendekia, Bisa Bantu Menulis Skripsi!

4. Diskusi dengan teman atau kakak tingkat

Mungkin kamu akan merasa jenuh atau overwhelmed saat membaca banyak literatur tadi, karenanya kamu butuh teman diskusi untuk bertukar pikiran. Teman seperjuangan atau kakak tingkat bisa kamu jadikan teman untuk mendiskusikan kebingunganmu tadi. 

Biasanya, setelah diskusi akan muncul ide-ide atau pertanyaan lebih dalam yang bisa kamu angkat menjadi topik skripsimu nantinya. Selain itu, diskusi dengan kakak tingkat yang sudah berpengalaman menyelesaikan skripsi juga akan membantu kamu untuk mendapat tips dan pencerahan agar lebih lancar dalam menulis. 

5. Diskusi aktif dengan dosen pembimbing

Tidak hanya diskusi dengan teman atau kakak tingkat, kamu juga wajib berdiskusi aktif dengan dosen pembimbing skripsi. Dari sini, kamu bisa menggali peluang yang paling memungkinkan untuk diangkat menjadi topik skripsimu. Dosen pembimbing juga biasanya akan membantumu untuk meluruskan alur berpikir untuk mencari permasalahan, menentukan judul hingga metode penelitian yang akan dilakukan. 

Perlu diingat, dosen pembimbing juga menjadi salah satu kunci kelancaran perjalanan skripsimu nantinya. Hubungan yang baik dengan dosen pembimbingmu akan mempermudah penelitian, penulisan, hingga ujian tugas akhir setiap mahasiswa. Semoga kamu bisa mendapat dosen pembimbing yang suportif, ya!

6. Ikut proyek penelitian dosen

Selain mendapatkan bimbingan langsung, kamu juga bisa loh ikut bergabung pada proyek penelitian yang sedang dilakukan dosen pembimbingmu. Biasanya, dosen juga punya tuntutan untuk menjalankan penelitian setiap tahunnya. Tak jarang, mahasiswa semester akhir juga akan diajak untuk membantu penelitian ini. 

Penelitian yang akan dilakukan juga bisa dijadikan topik skripsi yang akan berkolaborasi dengan mahasiswa lain atau dosen pembimbingmu. Dengan ikut proyek penelitian dosen, kamu juga bisa mendapatkan dana penelitian yang kadang jumlahnya juga tidak sedikit. Sangat membantu untuk mahasiswa tingkat akhir, bukan?

7. Up to date dengan isu terkini

Pada dasarnya, karya ilmiah atau penelitian yang dilakukan bertujuan untuk memberikan kajian atau solusi dari suatu permasalahan yang ada di sekitar. Karenanya, dengan up to date mengikuti isu dan masalah terkini kamu juga bisa menemukan ide untuk topik skripsimu. 

Kamu bisa menggunakan pendekatan ilmu sesuai jurusanmu untuk menjawab berbagai permasalahan yang ada. Berbagai isu dan permasalahan ini bisa kamu temukan di keseharian atau melalui kejadian yang sedang viral di dunia maya. Kemampuan untuk peka dan berempati sangat dibutuhkan untuk bisa kenal dan mengangkat isu-isu terkini ini. 

Dengan beberapa tips di atas, petualangan yang akan kamu lewati di tantangan terakhir kuliah dijamin bisa berjalan lebih mulus. Lulus tepat waktu dengan nilai yang baik pun bisa lebih mudah kamu dapatkan. Tetap semangat pejuang wisuda!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.