Kenalan dengan Jurusan dan Prospek Kerja Fisioterapi

oleh | Des 6, 2023 | Blog, Jurusan Kuliah, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Fisioterapi – Dalam bidang kesehatan, mungkin yang paling familiar di telinga adalah dokter, perawat, dan juga bidan. Tapi pernah tidak kamu berpikiran, ketika ada pasien yang mengalami cedera sampai tidak bisa jalan dan hampir lumpuh lalu mereka bisa kembali normal kira-kira siapa yang berperan?

Kalau kesembuhan itu dikarenakan pemulihan, memang benar. Tapi kalau hanya diam menunggu pemulihan, bisa jadi tubuh malah terasa semakin kaku dan memungkinkan adanya kelumpuhan. Nah, dalam hal ini peran fisioterapi sangat dibutuhkan. Bagaimana, sudah pernah dengar mengenai fisioterapi ini?

Mengenal Apa Itu Fisioterapi

Dari gambaran tadi, pasti sudah terbayang bagaimana peran fisioterapi ini, kan? Jadi, apa sih fisioterapi itu? Sebenarnya fisioterapi ini merupakan cabang dari ilmu kedokteran itu sendiri. Namun, kalau dalam menangani pasien, dokter akan memeriksa, mendiagnosa, mencegah, melakukan penanganan medis, dan akhirnya akan melakukan perawatan dengan meresepkan obat, fisioterapi akan melakukan perawatan dengan terapi berupa exercises dan electrotherapy.

Baca juga: 10 Daftar Nama Ospek Kampus Favorit di Indonesia, Mana Kampusmu?

Cabang ilmu fisioterapi terdiri dari banyak hal, mulai dari:

  • Neuromuscular (Sistem Saraf)
  • Musculoskeletal (Sendi dan Penyusunnya)
  • Cardiopumonal dan Cardiovaskuler (Sistem Pernapasan dan Peredaran Darah)
  • Pediatri (Anak-anak)
  • Geriatri (Lansia)
  • Sport and Wellness (Olahraga dan Kebugaran)
  • Women’s Health (Kesehatan Wanita), dan banyak lagi lainnya.

Hebatnya ketika seorang fisioterapi bisa menguasai hal-hal ini, mereka bisa langsung memprediksi bagian tubuh pasien yang mengalami gangguan/cedera hanya dengan melihat gerakannya.

Lulusannya akan mendapatkan gelar sebagai lulusan fisioterapi. Gelar (A.Md.Ft) (Ahli Madya Fisioterapi) diperoleh untuk yang menyelesaikan program D3 Fisioterapi. Sementara gelar (S.Tr.Ft) diberikan kepada lulusan D4 atau sarjana terapan Fisioterapi, dan yang menyelesaikan program S1 Fisioterapi akan memperoleh gelar (S.Ft).

Untuk pendidikan lanjutan dengan tujuan menjadi seorang Physio (Ftr) bisa menyelesaikan pendidikan profesi Fisioterapi selama 3 semester. Inilah yang jadi syarat penting kalau kamu mau membuka praktik fisioterapi secara mandiri nantinya.

Prospek Kerja Fisioterapi

Jumlah tenaga fisioterapi di Indonesia saat ini masih jauh dari kata ideal. Kabarnya negara kita butuh 25ribu tenaga fisioterapi untuk bisa dikatakan ideal, membandingkan dengan jumlah penduduk di Indonesia itu sendiri. Apa artinya? Ini berarti peluang kerja fisioterapi masih sangat terbuka lebar. Tapi kira-kira fisioterapi punya kesempatan menempati posisi apa saja?

1.    Fisioterapi

Pasti banyak yang bertujuan supaya bisa berkarir di bidang posisi fisioterapi itu sendiri, kan? Banyak kesempatan dan tempat yang membutuhkan posisi fisioterapi. Contohnya di rumah sakit umum/swasta, klinik, rumah sakit khusus/pendidikan, tim nasional olahraga sepak bola Indonesia, pusat medik rumah sakit pemerintah, terapis di pusat kesehatan, SPA, dan juga rumah sakit luar negeri.

2.    Pegawai Negeri Sipil (PNS)

PNS masih menjadi posisi karir yang diidam-idamkan banyak orang di negara kita. Mungkin kamu salah satunya? Kalau iya, kamu bisa kok jadi PNS dengan latar belakang fisioterapi. Penempatannya bisa juga di Kementerian Kesehatan, atau di rumah sakit/puskesmas.

3.    Mendirikan Klinik atau Praktik Fisioterapi Sendiri

Kalau kamu punya mental bisnis dan berkeinginan memiliki usaha sampingan, kamu bisa juga mendirikan klinik fisioterapi sendiri. Pastinya dalam hal ini kamu harus memiliki surat izin praktik.

4.    Menjadi Tenaga Pendidik

Tidak hanya jadi tenaga kesehatan, kamu juga bisa menjadi tenaga pendidik untuk mengajar ilmu-ilmu fisioterapi yang kamu miliki. Apalagi kalau kamu lebih condong dan menyukai kegiatan belajar mengajar. Kamu bisa menjadi dosen atau pengajar di lembaga pendidikan.

5.    Menjadi Peneliti

Kalau kamu suka bereksperimen dan punya rasa ingin tahu yang tinggi di bidang-bidang ilmiah kesehatan, kamu juga bisa melakukan penelitian yang nantinya sangat berguna untuk jadi bahan referensi mahasiswa atau peneliti lainnya.

Jadi sudah kenal kan dengan jurusan dan prospek kerja fisioterapi ini. Demikian informasinya, apakah kamu berminat untuk mendalami dunia fisioterapi ini?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.