Prospek Kerjanya Luas, Apa Itu Jurusan Agribisnis?

oleh | Nov 24, 2023 | Blog, Jurusan Kuliah, Mata Kuliah, Prospek Kerja | 0 Komentar

Apa Itu Jurusan Agribisnis – Kalau kamu cermati, nama jurusan ini pasti tidak terdengar asing. Agribisnis mirip dengan agraris, yang merupakan nama julukan dari negara Indonesia. Agraris diberikan karena negara kita memiliki lahan pertanian yang luas, subur dan curah hujannya yang tinggi. Nah, jurusan agribisnis ini juga merupakan bidang ilmu yang berfokus pada sektor pertanian.

Selain disebut jurusan agribisnis, jurusan ini juga dikenal sebagai jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Indonesia memiliki hasil pertanian yang melimpah namun masih banyak juga mengimpor beras dari negara lain. Ini bisa dinilai juga bahwa sumber daya alam di Indonesia kurang dikelola dengan baik. Maka dari itu dengan adanya lulusan sosial ekonomi pertanian ini diharapkan bisa memaksimalkan keuntungan dari produk pertanian di Indonesia.

Apa Itu Jurusan Agribisnis?

Jurusan ini adalah jurusan yang berfokus pada bidang pertanian dan juga bidang pendukung lainnya, seperti peternakan, perkebunan, dan perhutanan. Jurusan ini juga akan memadukan dengan ilmu bisnis, yang mana selain kamu akan mempelajari tentang pengelolaan pertanian, kamu juga akan belajar pengolahan hasilnya, manajemen usaha, sampai dengan memasarkan produk nantinya.

Kamu akan bisa memahami fungsi manajerial di sektor agribisnis, untuk pengelolaan pertanian modern dan industri makanan untuk pengelolaan skala UMKM sampai dengan perusahaan, baik lokal maupun internasional.

Baca juga: Macam-Macam Jurusan Teknik yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Banyak perguruan tinggi yang menyediakan program studi ini. Lulusannya nanti akan mendapatkan gelar Sarjana Pertanian (S.P). beberapa contoh perguruan tinggi yang ada jurusan ini adalah:

  • IPB University
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Padjajaran
  • Universitas Sebelas Maret

Alasan Jurusan Agribisnis Cocok dan Prospeknya Bagus

Tidak sedikit orang yang bertanya-tanya, mengapa harus memilih jurusan agribisnis ini? Tidak jarang juga dari mereka yang beranggapan bahwa lulusan dari jurusan pertanian hanya akan menjadi petani. Padahal tidak begitu. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang sangat bagus, dan berikut beberapa alasan mengapa kamu harus memilih jurusan agribisnis:

1.    Indonesia adalah Negara Agraris

Alasan pertama, kamu tidak akan kesulitan menemui lahan pertanian di negara kita ini. Pertanian juga tidak selalu berarti tanaman padi, ada juga perkebunan sayur dan buah-buahan, kopi, kelapa sawit, dan masih banyak lagi.

Dengan julukan negara agraris tadi juga membuktikan bahwa sektor pertanian memiliki peluang yang besar. Hanya saja mungkin kurang dimaksimalkan, oleh karena itu kamu bisa jadi penggerak untuk memajukan pertanian negara kita.

2.    Prospek Karir Luas

Tidak Cuma jadi petani, kok! Banyak perusahaan dan peluang yang membutuhkan lulusan agribisnis juga, lho. Beberapa prospek kerja berikut bisa membuktikan bahwa setelah lulus nanti peluang kerja lulusan agribisnis sangatlah luas.

Prospek Kerja

  • Pegawai Negeri Sipil
  • Ahli Bioteknologi
  • Dosen
  • Konsultan Pertanian (Penyuluh Pertanian)
  • Quality Assurance (QA)
  • Quality Control (QC)
  • System Analyst
  • Peneliti
  • Agricultural Manager
  • Agricultural Policy Specialist

3.    Mempelajari Ilmu Bisnis yang Penting

Selain mempelajari ilmu pertanian, seperti namanya, agribisnis juga akan mengajarkan kamu ilmu bisnis yang tentunya juga bernilai luas penerapannya di dunia kerja nanti. Contoh mata kuliah yang akan kamu dapatkan nanti seperti: Makroekonomi, Kewirausahaan Agribisnis, Sistem dan Usaha Agribisnis, Resiko Agribisnis, Usahatani, Bisnis Internasional, dan lainnya.

Kamu juga bisa menguasai keuangan bisnis, pemasaran, pemasaran pertanian, manajemen pertanian dan peternakan, pertanian internasional, sampai dengan pembangunan pedesaan. Dengan bekal ilmu-ilmu ini tentunya karir kamu ke depannya juga terjamin.

Tentunya sebagai lulusan agribisnis nanti kamu bisa juga mengabdi kepada masyarakat supaya bisa lebih baik dalam mengelola pertanian dan memaksimalkan pengolahannya menjadi produk yang bernilai jual tinggi. Jadi sudah paham kan apa itu jurusan agribisnis?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.